Pengurus DPC Pemuda Batak Bersatu  Kepulauan Nias Dilantik

  • Bagikan
Pengurus DPC Pemuda Batak Bersatu  Kepulauan Nias Dilantik

GUNUNGSITOLI (Waspada): Penguris Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Pemuda Batak Bersatu (PBB) Kepulauan Nias resmi terbentuk dan dilantik.

Ketua DPD PBB Sumatera Utara, Dr Ronal Gomar Purba melantik pengurus Dewan Pemimpin Cabang (DPC) Pemuda Batak Bersatu (PBB) Kepulauan Nias periode 2022 -2027 bertempat di Taman Yaahowu Kota Gunungsitoli, Sabtu (5/11).

Pengurus DPC PBB Kepulauan Nias yang dilantik terdiri dari  Ketua  Riswan H Gultom, Sekertaris, Dalman Sidabariba dan  Bendahara, Noris Bernard Situmeang. Kepengurusan  juga dilengkapii  sejumlah   kepala divisi dan anggota.

Pada pelantikan itu terlihat hadir para kepala daerah setempat diantaranya,  Walikota Gunungsitoli, Lakhonizaro Zebua, Bupati Nias Barat, Henokhi Waruwu.
Selain itu, hadir  Anggota DPRD Sumut, Penyabar Bakhe, Ketua KNPI Kota Gunungsitoli, GP Anshor, Pemuda Muhammadiyah, dan RAPI serta tamu undangan lainnya.

Riswan H Gultom pada sambutannya menjelaskan pembentukan PBB Kepulauan Nias sebuah kerinduan dari berbagai punguan Batak Toba, Simalungun,  Mandailing, Pakpak yang berdomisili di 4 kabupaten dan kota yakni Kota Gunungsitoli, Kabupaten Nias, Kabupaten Nias Selatan, Kabupaten Nias Utara dan Kabupaten Nias Barat.

PBB akan menciptakan misi dalam menjalankan  aksi sosial guna membantu pemerintah daerah.  Melakukan  pendampingan kepada kaum kaum lemah di Pulau Nias. Selain itu bercita cita menjadi salah satu  elemen yang dapat menginspirasi pemerintah daerah dalam melaksanakan pembangunan.

Pihaknya juga merasa tersanjung atas perlakukan warga Nias kepada warga Batak perantau yang ada  di Kepulauan Nias.

“Walaupun secara bilangan kami kecil namun saudara kami disini tidak melakukan diskriminatif kepada kami. Bahkan memberi peluang dalam mengembangkan kemampuan kami,” ujar Riswan.

Dia juga mengajak  warga Batak ikut serta dalam menjaga kesakralan budaya Nias, serta turut melestarikan dan menaati kearifan lokal.

Bupati Nias Barat, Khenoki Waruwu sangat mengapresiasi pembentukan PBB Kepulauan Nias. Hal ini menurutnya, salah satu cara mempererat tali persaudaraan, silaturahmi terutama warga Batak dan juga masyarakat Kepulauan Nias.

Walikota Gunungsitoli, Lakhomizaro Zebua juga turut mengapresiasi terbentuknya PBB Kepulauan Nias. Karena  ia melihat dan menyaksikan sendiri bahwa sebelum berdirinya Pemuda Batak Bersatu pun mereka sudah bersatu.

“Dengan sudah terbentuknya PBB, dan  sudah ada wadah ini saya yakin bahwa pemudah Batak yang ada di Kepulauan Nias semakin tampak bersatu, memiliki  semangat dan  bersenergi  untuk membantu serta memberikan pemikiran yang positif kepada pemerintah daerah di kepulauan Nias,” harap Lakhomizaro.(a26/B).

FOTO: Usai pelantikan Pengurus DPC Pemuda Batak Bersatu foto bersama dengan para kepala daerah bertempat di Taman Yaahowu, Kota Gunungsitoli, Sabtu (5/11). Waspada/Ist

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *