Peranan Pajak Sebagai Sumber Pembiayaan Utama Negara Semakin Besar

  • Bagikan
Peranan Pajak Sebagai Sumber Pembiayaan Utama Negara Semakin Besar
Kepala KPw BI Teuku Munandar (dua kiri) duduk bersama Plt Kakanwil DJP Sumut II Eddi Wahyudi (dua kanan), Kepala KPP Pratama M. Faisal Archan (paling kanan) dan lainnya saat menghadiri kegiatan Pekan Panutan SPT sekaligus pencanangan ZI menuju WBK di aula Boraspati KPP Pratama Kota Pematangsiantar, Jl. Dahlia, Kamis (2/3).(Waspada/Edoard Sinaga)

 PEMATANGSIANTAR (Waspada): Peranan pajak sebagai sumber utama pembiayaan negara dan daerah dalam APBN maupun APBD dari tahun ke tahun semakin besar. Peran perpajakan nasional terhadap APBN tahun 2022 mencapai 69,75 persen.

Plt Kakanwil DJP Sumut II Eddi Wahyudi menyatakan hal itu saat kegiatan Pekan Panutan SPT sekaligus pencanangan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) untuk Kanwil DJP Sumut II dan KPP Pratama Kota Pematangsiantar di aula Boraspati  KPP Pratama, Jl. Dahlia, Kamis (2/3).

Menurut Eddi, salah satu pilar kehidupan bernegara yakni partisipasi tiap warganegara dalam menunjang pembiayaan negara itu sendiri.

“Dalam hal ini perpajakan nasional, karena perpajakan nasional merupakan asset kita bersama dalam membiaya kehidupan bernegara dan pembangunan nasional yang sedang dan terus pelaksanaannya, hingga perkembangannya telah mengalami peningkatan yang signifikan seperti yang terlihat dan merasakannya,” lanjut Eddi.

Eddi berterimakasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh wajib pajak dan pemangku kepentingan di lingkungan Kanwil DJP Sumut II terkhusus di Pematangsiantar dan Kab. Simalungun atas partisipasi dan peran serta dalam mendukung pencapaian penerimaan Kanwil DJP Sumut yang mencapai 100 persen di 2022.

Sementara, Wali Kota Susanti Dewayani melalui Asisten III Pardamean Silaen menyatakan sangat mengapresiasi kegiatan itu dan menjadi acuan untuk ketaatan melaporkan SPT tahunan serta menghimbau seluruh ASN Pemko Pematangsiantar dapat melaporkan SPT tahunan, hingga dapat menjadi contoh bagi masyarakat dalam melaporkan SPT tahunan.

“Pemko sangat mendukung penuh pencanangan ZI menuju WBK, hingga dalam melayani masyarakat, petugas pajak dapat menjalankannya dengan penuh integaritas,” imbuh Wali Kota.

Karena, lanjut Wali Kota, merupakan bagian penting untuk memberikan pelayanan prima. “Dengan demikian, pembangunan daerah dapat bebas dari KKN demi terwujudnya Pematangsiantar sehat, sejahtera dan berkualitas.”

Senada, Staf Ahli Debora Hutasoit mewakili Bupati Simalungun Radiapoh H Sinaga menyatakan pembangunan daerah penentuannya dengan penerimaan pajak dan mengharapkan seluruh ASN dapat melaporkan SPT tahunan tepat waktu.

Sebelumnya, Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama M. Faisal Archan menyebutkan capaian penerimaan pajak KPP Pratama 2022 Rp 1,38 triliun atau 119 persen dari target dengan pertumbuhan 57,3 persen di atas rata-rata nasional. “Alhamdulilah, puji syukur tahun lalu untuk pertama kalinya target KPP tercapai setelah delapan tahun.

“Momentum di awal 2023 masih menunjukkan trend sangat baik sampai akhir Februari 2023, penerimaan KPP telah mencapai Rp 243,6 milyar atau 19,3 persen dari target dengan pertumbuhan 48 persen berbanding tahun lalu. Untuk itu, kami mengapresiasi setinggi-tingginya atas dukungan bapak dan ibu berikan kepada kami,” ucap Faisal.

Namun, menurut Faisal capaian penerimaan pajak yang sangat luar biasa 2022 itu tidak seiring dengan tingkat capaian penyampaian SPT dari wajib pajak (WP). “Tahun lalu, kami hanya mencapai 84,4 persen dari target sekitar 12.000 WP wajib SPT yang masih belum menyampaikan.”

“Berita bagusnya, untuk Januari-Februari 2023 penerimaan SPT total sudah tumbuh 22 persen. Untuk itu, kami membutuhkan dukungan dari bapak dan ibu pimpinan untuk mendorong masyarakat melaksanakan kewajibannya melalui Pekan Panutan SPT hari ini,” harap Faisal.

Sebagai bentuk kolaborasi atas keberhasilan capaian penerimaan pajak KPP Pratama, Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) Sumut memberikan piagam penghargaan kepada instansi terkait serta seluruh Forkopimda Pematangsiantar dan Simalungun, para pimpinan perbankan serta perusahaan, penyampaian SPT serta penandatangan pakta integritas ZI menuju WBK.

Tampak hadir Danrindam I/BB Kolonel Inf Charles Sagala, Kepala KPw BI Teuku Munandar, unsur Forkopimda Pematangsiantar dan Simalungun, pimpinan perbankan, pimpinan perusahaan dan lainnya.(a28)

  • Bagikan