Personel Samapta dan Satuan Reskrim Polres Tapteng Gelar Pelatihan TPTKP

  • Bagikan
Personel Samapta dan Satuan Reskrim Polres Tapteng Gelar Pelatihan TPTKP
Personel Samapta Polres Tapteng menggelar latihan TPTKP penemuan mayat, di Lapangan Mako Polres Tapanuli Tengah, Jumat (19/1). Waspada/Ist

TAPTENG (Waspada) : Satuan Samapta Polres Tapanuli Tengah (Tapteng) menggelar latihan Tindakan Pertama di Tempat Kejadian Perkara (TPTKP) penemuan mayat di Lapangan Mako Polres Tapanuli Tengah, Jumat (19/1).

Kasat Samapta Polres Tapanuli Tengah, AKP Tohap Sibuea, SE mengatakan latihan TPTKP ini bertujuan meningkatkan kemampuan anggota ketika berada dilokasi terjadinya suatu perkara.

“Latihan ini sangat penting untuk dilakukan, karena ketika anggota Polri pertama kali berada dilokasi suatu perkara diharapkan mampu bertindak cepat dan tepat dalam menangani peristiwa tersebut,” kata Tohap Sibuea, Jumat (19/1).

Ia mengatakan, selain personel dari Satuan Samapta, latihan TPTKP ini juga diikuti oleh personel Satuan Reskrim melalui Unit Identifikasi dengan materi TPTKP penemuan mayat.

Dalam latihan ini, kata Tohap, para anggota dibekali pengetahuan dan keterampilan tentang penanganan penemuan mayat yang tergeletak di sebuah lokasi tertentu, mulai dari cara mengamankan TKP, mengevakuasi korban, hingga proses penyelidikan.

“Latihan TPTKP berjalan dengan lancar dan aman, para anggota terlihat sangat antusias dan bersungguh-sungguh dalam mengikuti latihan,” ujarnya.

Kapolres Tapteng, AKBP Basa Emden Banjarnahor mengapresiasi pelaksanaan latihan tersebut. Ia berharap agar kemampuan anggota dalam penanganan sebuah kasus di TKP dapat semakin meningkat.

“Saya mengapresiasi pelaksanaan latihan ini, semoga kemampuan anggota dalam penanganan sebuah kasus di TKP khususnya penemuan mayat dapat semakin meningkat, sehingga mampu memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat,” ungkap Basa Emdem Bajarnahor.

Personel Samapta dan Satuan Reskrim Polres Tapteng Gelar Pelatihan TPTKP
Polres Tapteng merayakan syukuran HUT ke-43 Satpam tahun 2023 di Aula Prama Satwika Polres Tapanuli Tengah, Jumat (19/1). Waspada/Ist

Rayakan HUT Ke-43 Satpam

Terpisah, Polres Tapteng merayakan syukuran HUT ke-43 Satuan Pengamanan (Satpam) tahun 2023 di Aula Prama Satwika Polres Tapanuli Tengah dengan tema Satpam Tangguh Mendukung Pemilu Aman dan Damai, Jumat (19/1).

Kapolres Tapanuli Tengah, AKBP Basa Emden Banjarnahor, SIK, MH memimpin langsung acara syukuran tersebut. Acara syukuran itu juga dihadiri oleh Pejabat Utama Polres Tapteng, perwakilan perusahaan pengguna Satpam dan dihadiri oleh personel Satpam yang ada di Kabupaten Tapanuli Tengah.

Kapolres Tapanuli Tengah dalam sambutannya mengatakan bahwa Satpam merupakan fungsi kepolisian lingkup kecil dalam membantu Polri menjaga situasi kamtibmas agar tetap aman dan kondusif.

“Jaga kehormatan sebagai insan satuan pengamanan dengan berpegang teguh pada kode etik dan profesi Satpam, tetap siaga diri dan tingkatkan kompetensi diri melalui pendidikan pelatihan serta bangun komunikasi oositif dengan masyarakat, serta kerja sama sinergitas dengan stakeholder lainnya,” kata Kapolres Tapteng.

Kegiatan diakhiri dengan pemotongan nasi tumpeng, pemberian penghargaan kepada personel satpam terbaik. (chp/ril)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *