Petani Sawit Deliserdang Dan Batubara Dapat Bantuan PSR Dari Menko Perekonomian Airlangga

  • Bagikan
Menko Bidang Perekonomian RI, Airlangga Hartarto, Bupati Deliserdang HM Ali Yusuf Siregar dan lainnya saat berfoto bersama. (Waspada/Edward Limbong)
Menko Bidang Perekonomian RI, Airlangga Hartarto, Bupati Deliserdang HM Ali Yusuf Siregar dan lainnya saat berfoto bersama. (Waspada/Edward Limbong)

DELISERDANG (Waspada): Petani kebun sawit di Kabupaten Deliserdang dan Batubara mendapat bantuan dana program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) sebesar 7,38 Miliar, yang secara simbolis diserahkan Menteri Kordinator (Menko) Bidang Perekonomian RI, Airlangga Hartarto, Jumat (26/1) di Desa Sialang Kecamatan Bangunpurba Kabupaten Deliserdang.

Sejumlah bantuan program PSR yang diserahkan secara simbolis itu, terhadap 116 petani kebun sawit dengan luas lahan sekira 246,32 hektar yang tergabung kedalam 3 koperasi di Kabupaten Deliserdang dan Batubara.

Ketiga koperasi penerima bantuan adalah, koperasi Pemasaran Rukun Bersama Rp1,39 miliar untuk 33 petani kebun seluas 46,45 hektar, koperasi Produsen Mitra Usaha Mandiri Rambai Jaya sebesar Rp2,31 Miliar untuk 44 petani kebun seluas 76,98 hektar, dan koperasi Semangat Rambai Baru sebesar Rp3,55 miliar untuk 56 petani kebun seluas 118,36 hektar.

Dijelaskan, bahwa Lembaga keuangan yang menyalurkan bantuan dana PSR terhadap 3 koperasi itu adalah BRI (Bank Rakyat Indonesia) Sumut dan Bank Sumut.

Acara temu wicara itu yang didampingi Bupati Deliserdang HM Ali Yusuf Siregar, Menko Perekonomian mendengarkan keluhan para petani kebun sawit terkait kendala yang dihadapi para penerima bantuan PSR, karena realisasi dana program PSR di Indonesia masih rendah.

Disampaikan, realisasi penyaluran dana PSR yang merupakan kumulatif dari Tahun 2017 hingga 23 Januari 2024 di Sumut adalah sebesar Rp752,41 miliar kepada 11.858 petani kebun, dengan luas lahan 26.651 hektar.

Diantara penerima dana PSR, di Deliserdang sebesar Rp50,79 miliar dengan lahan seluas 1.715 hektar terhadap 874 petani kebun, dan Kabupaten Batubara sebesar Rp24,35 miliar dengan lahan seluas 830 hektar terhadap 479 petani kebun.

Pada kesempatan itu, Airlangga Hartarto berharap target penyaluran itu bisa selesai tahun ini, sehingga akan semakin banyak lagi masyarakat bisa mendapatkan fasilitas replanting itu. Selain itu, Pemerintah juga sudah menyiapkan melalui KUR (Kredit Usaha Rakyat) untuk petani.

Sedangkan Bupati Deliserdang HM Ali Yusuf Siregar menyampaikan harapannya dengan adanya bantuan PSR ini akan memberi manfaat yang besar kepada para petani sawit di Deliserdang. “Sehingga perkebunan sawit dapat semakin meningkat hasil produksinya, produktivitas, daya saing dan pendapatan masyarakat,” katanya.

Turut hadir, Wakil Ketua DPR RI, Lodewijk F Paulus, Wakil Gubernur Sumut periode 2018-2023 Musa Rajekshah, serta anggota DPR RI Meutya Hafid dan Ahmad Doli Kurnia Tanjung. (a16).

  • Bagikan