Pj Wali Kota P.Sidimpuan Minta Kades Tidak Ikut Politik Praktis

  • Bagikan
Pj.Wali Kota Padangsidimpuan Dr. Letnan Dalimunthe sematkan tanda pangkat dan jabatan kepada salah satu Kades yang dilantik, Selasa (5/12). Waspada/ist
Pj.Wali Kota Padangsidimpuan Dr. Letnan Dalimunthe sematkan tanda pangkat dan jabatan kepada salah satu Kades yang dilantik, Selasa (5/12). Waspada/ist

P.SIDIMPUAN (Waspada) : Pj.Wali Kota Padangsidimpuan Dr. H. Letnan Dalimunthe, M.Kes meminta seluruh Kepala Desa (Kades) di wilayah Kota Padangsidimpuan untuk netral dan tidak terlibat politik praktis dalam Pemilu serentak tahun 2024

“Pada kesempatan ini saya tegaskan kepada seluruh kepala desa terpilih agar tidak terlibat dalam politik praktis” kata Pj.Wali Kota Padangsidimpuan Dr. H. Letnan Dalimunthe, M.Kes dalam pelantikan 42 Kepala Desa se Kota Padangsidimpuan di Gedung Adam Malik, Jl. Serma Lion Kosong, Padangsidimpuan, Selasa (5/12).

42 Kades Periode 2023-2029 yang dilantik tersebut merupakan hasil Pilkades Serentak Tahun 2023 yang digelar tanggal 24 Agustus 2023 di 42 desa yang tersebar di 42 desa pada empat kecamatan. Padangsidimpuan sendiri memiliki 6 kecamatan, namun dua kecamatan tidak memiliki desa, tapi hanya kelurahan.

Pelantikan Kades tersebut ditandai dengan penyematan tanda jabatan dan tanda pangkat kepada Kades Pudun Jae, Kades Huta Padang, Kades Salambue dan Kades Batu Layan yang disematkan oleh Pj. Wali Kota yang disaksikan unsur Forkopimda.

Letnan menegaskan bahwa larangan bagi Kades untuk tidak terlibat politik praktis sesuai dengan undang-undang sebagaimana amanat Pasal 29 huruf (G) disebutkan bahwa kepala desa dilarang menjadi pengurus partai politik dan huruf (J) dilarang untuk ikut serta/atau terlibat dalam kampanye pemilihan umum dan/atau pemilihan kepala desa.

Mengingat tugas sebagai Kades bukanlah hal yang mudah, Letnan berharap seluruh kepala desa yang dilantik tersebut agar terus belajar dan berkoordinasi dengan pihak – pihak terkait agar aturan, prosedur dan tata cara pelaksanaan tugas sebagai pemerintah desa berjalan dengan baik. “Rangkul seluruh komponen masyarakat untuk bersatu membangun desa,” harapnya.

Kajari Padangsidimpuan Dr. Lambok Marisi Jakobus Sidabutar, SH, MH meminta agar seluruh kepala desa menjaga amanah dalam menjalankan tugasnya di masyarakat. “Bekerjalah dengan ikhlas untuk memajukan dan meningkatkan perekonomian masyarakat,” tuturnya.

Usai prosesi pelantikan, Kepala Desa Partihaman Saroha Amran Dalimunthe mengatakan bahwa dirinya berkomitmen akan mengedepankan musyawarah mufakat dalam pengambilan keputusan dan memberdayakan seluruh potensi yang ada dalam masyarakat. (a39).

.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *