Pleno KPUD Asahan, Prabowo Menang, Golput 150.696 Jiwa

  • Bagikan
Pleno KPUD Asahan, Prabowo Menang, Golput 150.696 Jiwa
Suasana Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Tingkat Kabupaten Asahan di Hotel Antariksa Kisaran.Waspada/Sapriadi

KISARAN (Waspada): Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Tingkat Kabupaten Asahan Pasangan Capres Prabowo-Gibran menang di Kabupaten Asahan, sedangkan masyarakat yang tidak menyalurkan hak suaranya (Golput) sebanyak 150,696 jiwa.

Rapat pleno yang berlangsung lima hari (28 Februari-3 Maret 2024) di Aula Hotel Antariksa, Kisaran, dengan jumlah pemilih yang berasal dari DPT, DPTb dan DPK sebanyak 419.756 jiwa/suara, suara sah sebanyak 411.683 suara, dan tidak sah sebanyak 8.073 suara. Pasangan Capres No Urut 1 Amin mendapat 150.616 suara, pasangan No Urut 2 Pasangan Prabowo-Gibran mendapat 220.358 suara, dan No Urut 3 Ganjar-Mahfud hanya mendapat 40.709 suara. Sedangkan jumlah DPT untuk Kab Asahan sebanyak 562.482 jiwa dan yang menyalurkan suara yang berasal dari DPT (partisipasi pemilih) sebanyak 411.786 jiwa, dan yang tidak memilih 150.696 jiwa.

Divisi SDM, Sosialisasi, Pendidikan Pemilihan, dan Partisipasi Masyarakat KPU Asahan M Syah, saat dihubungi Waspada, Selasa (5/3), menuturkan bahwa Pemilu di Kab Asahan berjalan sesuai dengan prosedur. Dan sejauh ini angka partisipasi pemilih ada peningkatan dari Pemilu lalu.

“Kita belum 100 persen, namun angka partisipasi pemilih cukup tinggi di Kab Asahan, dan ini kami ucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah menyalurkan hak pilihnya,” jelas M Syah.

M Syah juga mengucapkan terima kasih kepada penyelenggara pemilu, mulai di tingkat KPP, PPS dan PKK, yang telah bekerja keras, dalam menjalankan tugasnya saat Pemilu, sehingga pesta demokrasi ini di Asahan berjalan dengan lancar.

“Alhamdulillah Pemilu di Kab Asahan berjalan dengan lancar tanpa gangguan yang berarti,” jelas M Syah.

Sedangkan Ketua Bawaslu Kab Asahan Paringgonan Siregar, menuturkan bahwa Pemilu di Asahan berjalan dengan kondusif, sehingga dirinya memberikan apresiasi kepada KPU Asahan dan jajarannya dalam menjalankan pesta demokrasi di Asahan.

“Secara umum Pemilu di Asahan berjalan dengan baik,”jelas Paringgonan. (a02/a19/a20)

  • Bagikan