Plt Wali Kota Gunungsitoli Harapkan Dukungan Masyarakat

  • Bagikan
Plt. Wali Kota Gunungsitoli, Sowa'a Laoli, SE, M.Si pada acara syukuran tahun baru 2024 Pemko Gunungsitoli, Rabu (31/1). Waspada/Ist
Plt. Wali Kota Gunungsitoli, Sowa'a Laoli, SE, M.Si pada acara syukuran tahun baru 2024 Pemko Gunungsitoli, Rabu (31/1). Waspada/Ist

GUNUNGSITOLI (Waspada): Plt. Wali Kota Gunungsitoli Sowa’a Laoli, SE, M.Si mengungkapkan sejumlah keberhasilan pembangunan dalam berbagai aspek kurun waktu beberapa tahun terakhir. Guna menyempurnakan pelayanan, diapun menharapkan dukungan seluruh elemen masyarakat.

Ungkapan dan harapan itu disampaikan Plt. Walikota Gunungsitoli, Sowa’a Laoli pada acara syukuran tahun baru Pemko Gunungsitoli yang dilaksanakan di pelataran Kantor Walikota Gunungsitoli, Rabu (31/1). Hadir pada acara tersebut unsur Forkopimda, Pengurus FKUB, sejumlah Pimpinan Organisasi Keagamaan dan undangan lainnya.

Sowa’a Laoli menguraikan pelayanan publik di tahun 2023 sesuai penilaian Ombudsman RI dikatakan sangat baik, mencapai angka 80 lebih, sehingga Kota Gunungsitoli mendapat predikat zona hijau.

Plt Wali Kota Gunungsitoli Harapkan Dukungan Masyarakat

Indeks Pembangunan Manusia (IPM) meningkat dari tahun 2022 ke tahun 2023 dengan angka 71,55. Demikian halnya persentase kemiskinan membaik. Angka  kemiskinan menurun. Sowa’a berharap dengan kerjasama yang bersifat kolaboratif, kemiskinan kiranya kembali menurun tahun ini.

“Pembangunan kesehatan secara umum juga terbilang baik dan berhasil. Seluruh Puskesmas di Kota Gunungsitoli memperoleh penilaian paripurna dalam akreditasi yang baru saja berlangsung,” beber Sowa’a Laoli.

Plt Walikota Gunungsitoli kembali memberitahu capaian Pemko Gunungsitoli, secara berturut turut dalam 5 tahun terakhir meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI.

“Masih banyak capaian dan prestasi yang kita peroleh,” jelasnya.

Sowa’a mengatakan agar tidak terlena dan berhenti di titik ini. Pelayanan publik dikatakan harus lebih ditingkatkan. Salah satu faktor yang terus ditingkatkan adalah disiplin waktu sehingga pekerjaan dapat tuntas sesuai target dan membuat warga nyaman.

Diapun memohon dukungan para tokoh dan seluruh masyarakat Kota Gunungsitoli, kiranya ke depan dapat bersama dan berkolaborasi dalam menciptakan Gunungsitoli maju sejahtera dan berdaya saing.

Sowa’a kembali mengatakan, seiring dengan meninggal dunia mantan Walikota, Lakhomizaro Zebua awal Januari lalu, diminta agar masyarakat terus mendoakan. Lakhomizaro yang merupakan pasangannya sebagai pemimpin kota ini kerena almarhum merupakan sosok yang telah banyak berbuat untuk kemajuan Kota Gunungsitoli.

Sebelumnya Sekda Gunungsitoli, Drs Oimonaha Waruwu mengatakan, sejatinya syukuran direncanakan minggu pertama Januari 2024, namun karena masih suasana berkabung atas meninggalnya Walikota Gunungsotoli, kegiatan syukuran tahun baru dilaksanakan saat ini.

Sementara Ir. Agustinus Zega selaku tokoh masyarakat yang didaulat menyampaikan sambutan menyampaikan rasa syukur atas roda pemerintahan di Pemko Gunungsitoli yang berjalan kondusif.

“Kami berharap Pemko terus berinovasi dengan  berbagai terobosan guna menyempurnakan pembangunan kota yang kini semakin baik,” harapnya.

Wakil Ketua DPRD Kota Gunungsitoli, Emanuel Ziliwu, SE pada sambutannya  menyampaikan selamat tahun baru. Dia juga mengatakan, harapan harapan masyarakat akan terus diperjuangkan sesuai aspirasi yang disampaikan.(a26).

  • Bagikan