Polres Humbahas Bagikan Helm Gratis

  • Bagikan
Polres Humbahas Bagikan Helm Gratis
KAPOLRES Humbahas, AKBP Hary Ardianto, SH., SIK., MH memberikan helm kepada pengendara yang tidak tertib lalin. Waspada/Ist

DOLOKSANGGUL (Waspada): Wujud kepedulian terhadap keselamatan pengendara sepeda motor (pemotor), personel Polres Humbang Hasundutan (Humbahas), melalui Satuan Lalulintas bagikan 150 helm SNI secara gratis kepada masyarakat (pengendara motor) dipusatkan di depan Mapolsek Doloksanggul, Jumat (15/9). Pembagian helm gratis ini dirangkai dalam kegiatan menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-68 Lalulintas, 22 September 2023.

Kapolres Humbahas, AKBP Hary Ardianto, SH., SIK., MH kepada Waspada melalui selulernya, Minggu (17/9) mengatakan keselamatan adalah yang utama dalam berlalulintas. “Kita memaksimalkan sosialisasi/edukasi tertib berlalulintas, membuat rambu di spot rawan laka, hingga membagikan helm secara gratis, semua untuk menjaga keselamatan pengendara. Dengan penggunaan helm, dapat mengurangi resiko fatalitas akibat kecelakaan,” ujarnya.

Hary mengakui, memang tidak cukup helm untuk menjaga dari resiko lakalantas namun perlu kesadaran tertib lalulintas bagi setiap pengendara. Mematuhi rambu-rambu lalulintas dan memakai kendaraan sesuai standart. “Artinya jangan menggunakan kendraan yang dimodif dengan mengabaikan standart dan aturan berlalulintas,” ujarnya.

Lanjut Kapolres, dalam pembagian helm tadi, pihaknya juga melakukan sosialisasi tertib berlalulintas kepada para pengendara. Tidak hanya kepada pemotor, sosialisasi dan edukasi tertib berlalulintas juga disampaikan kepada pengendara roda empat serta masyarakat pengguna jalan raya.

“Terciptanya tertib berlalulintas tidak boleh timpang atau tepuk sebelah tangan. Artinya tertib berlalulintas tidak hanya ditujukan kepada pengendara namun juga masyarakat lain/pejalan kaki di jalan raya,” imbuhnya.

Pamen polisi, dua melati emas di pundaknya itu, menciptakan tertib berlalulintas pihaknya akan terus melakukan sosialisasi/edukasi secara preventif dan berkelanjutan dengan melibatkan semua stakeholder para pemangku kepentingan di Wilkum Polres Humbahas.

“Kegiatan sosialisasi tertib berlalulintas akan kita lakukan berkelanjutan dengan memasuki sekolah, komunitas dan lainnya. Harapan kita, out put kegiatan ini, tercipta Kamseltibcarlantas dan teminimalisirnya angka lakalantas,” pungkasnya.

Terpisah, D Simamora, salah satu pengendara sepeda motor yang mendapatkan helm gratis dari kapolres, mengaku senang bercampur malu. Sebab dengan tidak memakai helm, dirinya sudah tidak tertib lalin.

“Awalnya saya kaget, tiba-tiba disuruh berhenti oleh polisi petugas lalulintas karena berboncengan tidak pakai helm. Sudah pasrah akan ditilang, namun Pak Kapolres malah memberi helm seraya berpesan agar tertib berlalulintas,” ujarnya tersimpul malu. (cas)

  • Bagikan