DOLOKSANGGUL (Waspada): Polisi Resor (Polres) Humbang Hasundutan (Humbahas) kembali meraih penghargaan penilaian kualitas tertinggi, Juara 1 dalam pelayanan publik Tahun 2024 oleh Ombudsman RI. Penyerahan penilaian penghargaan dari Ombudsman itu digelar di Hotel Santika Premiere Dyandra, Medan Senin (16/12).
Hadir pada kesempatan tersebut, Pjs. Kepala Ombudsman Perwakilan Sumut James M. Panggabean, Kapoldasu diwakili Irwasda Polda Sumut Kombes Pol. Nanang Masbudi, serta para Kapolres se-Sumatera Utara.
Kepala Ombudsman Perwakilan Sumut James M. Panggabean menyampaikan, bahwa Polres Humbahas meraih nilai 92,79 (tertinggi) dari keseluruhan polres di wilayah hukum Polda Sumatera Utara. Nilai tertinggi kedua disusul oleh Polres Tapanuli Tengah (91,22), Polres Pelabuhan Belawan (90,01), Polres Sibolga (89,21), Polres Tanah Karo (88,60), dan Polres Labuhan Batu (88,27).
Diuraikan juga bahwa proses penilaian yang dilakukan Ombudsman RI mencakup 29 Polres di Sumatera Utara, dengan hasil akhir enam Polres berada di kategori A (kualitas tertinggi), 17 Polres di kategori B (kualitas tinggi), dan enam Polres di kategori C (kualitas sedang).
“Enam Polres yang masuk dalam kategori A (kualitas tertinggi), mencerminkan dedikasi mereka dalam memenuhi standar pelayanan publik sesuai indikator kepatuhan,” tukasnya.
Apresiasi diberikan oleh ombusmen RI dan penghargaan Pengakuan polres Humbahas sebagai bentuk apresiasi atas komitmen masing-masing polres dalam memberikan pelayanan yang transparan, cepat, dan ramah kepada masyarakat, kata James.
Kapolda Sumatera Utara melalui Irwasda Polda Sumut Kombes Pol. Nanang Masbudi, menyampaikan apresiasi dan rasa bangga atas pencapaian nilai tertinggi dalam pelayanan publik. “Enam Polres di wilayah hukum Polda Sumatera Utara telah menunjukkan komitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat bukan hanya kewajiban, tetapi juga wujud nyata dari profesionalisme kepolisian. Saya berharap penghargaan ini memotivasi seluruh jajaran untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan,” ujarnya.
Pencapaian ini diharapkan menjadi tolok ukur sekaligus pendorong bagi seluruh Polres lainnya untuk terus berbenah dan memberikan pelayanan yang lebih optimal serta terus menghadirkan inovasi pelayanan publik yang lebih baik. (cas)