Polres Taput Apel Gelar Pergeseran Pasukan Pam TPS

208 Personel Amankan 1.036 TPS

  • Bagikan
Kapolres Taput, AKBP Ernis Sitinjak memeriksa pasukan Pam TPS saat Apel Gelar Serpas di Terminal Madya Tarutung, Selasa (13/2). Waspada/ist
Kapolres Taput, AKBP Ernis Sitinjak memeriksa pasukan Pam TPS saat Apel Gelar Serpas di Terminal Madya Tarutung, Selasa (13/2). Waspada/ist

TAPUT (Waspada) : Dalama rangka pengamanan (Pam) Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pemilu 2024 yang akan berlangsung besok, Rabu (14/2), Polres Taput melaksanakan Apel Gelar Pergeseran Pasukan (Serpas) di Terminal Madya Tarutung, Selasa (13/2).

Kapolres Tapanuli Utara, AKBP Ernis Sitinjak bertindak sebagai pimpinan Apel Gelar Serpas dan diikuti seluruh Pejabat Utama, Kapolsek sejajaran dan seluruh personel yang terlibat pengamanan TPS.

Apel Gelar Serpas turut dihadiri unsur Forkopimda Taput. Sedangkan peserta apel terdiri dari personel TNI dari Kodim 0210/ TU, Polres Taput, Sat Pol PP dan Dishub Pemkab Taput.

Dalam amanatnya, Kapolres Taput mengatakan, bahwa jumlah personel Polres Taput yang terlibat dalam PAM TPS sebanyak 208 personel. Sedangkan jumlah TPS yang ada di Kabupaten Taput sebanyak 1.036 TPS.

Ernis Sitinjak menegaskan, untuk memastikan berlangsungnya pemilu, pihaknya menerapkan tiga pola pengamanan, yakni, sangat rawan, kurang rawan dan TPS Khusus.

Untuk TPS yang sangat rawan di Kabupaten Taput, kata Ernis, hanya ada 2 TPS. Ke 2 TPS tersebut, yaitu, 1 TPS di Desa Batu Arimo, Kecamatan Parmonangan dan, 1 TPS di Desa Rura Julu Toruan, Kecamatan Sipoholon.

“Sangat rawan dimaksud, bukan karena tingkat kriminalnya yang sangat rawan tapi letak geografisnya yang jauh dari kecamatan,” jelas Ernis Sitinjak.

Dengan letak geografisnya yang jauh, jelas Ernis, transfortasi hanya bisa di lalui oleh kendaraan roda 2, sehingga dikategorikan rawan.

“Untuk pola pengananan diterapkan 2 : 1 : 2, artinya 2 polisi untuk 1 TPS dan 2 Linmas,” katanya.

Untuk TPS Khusus, tambahnya, ada 4 TPS, yaitu tempatnya, 3 TPS di Lapas Kelas IIB Siborongborong dan, 1 TPS di Rutan Kelas IIB Tarutung.

“Pola pengamanan diterapkan 2 : 1: 2. Artinya 2 polisi untuk 1 TPS dan 2 Linmas,” terangnya.

Selainya, tambah Ernis Sitinjak, yaitu sebanyak 1.030 TPS, polanya kurang rawan. Untuk pola kurang rawan, pengamanan diterapkan 2 : 10 : 20. Artinya, 2 Polisi untuk 10 TPS dan 20 Linmas.

“Sehingga total petugas Polri yang dilibatkan untuk pengamanan di TPS sebanyak 208 personel,” tambahnya.

Lebih lanjut Ernis Sitinjak mengatakan, bahwa seluruh personel yang terlibat dalam PAM TPS, hari ini sudah di geser ke TPS masing-masing yang sudah di tentukan.

Disampaikan Ernis, selain personel Polres Taput , juga ada BKO (Bawah Kendali Operasi) dari Polda Sumut sebanyak 27 orang, namun ini khusus stand bye, ditambah 30 personel dari TNI Kodim 0210/TU. Sisa personel Polres yang terlibat dalam PAM TPS 1 Pleton sebagai Pasukan Dalmas.

Kepada seluruh personel yang terlibat dalam PAM TPS, Kapolres Taput berpesan jangan lupa berdoa agar selalu dalam lindungan Tuhan dalam melakukan tugasnya.

“Jaga kesehatan dan kita pastikan agar pemilu berlangsung dengan damai, tentram dan kondusif,” tutupnya.(chp)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *