Potensi Budidaya Ikan Air Tawar Di Asahan

  • Bagikan
Potensi Budidaya Ikan Air Tawar Di Asahan
Penyerahan Pembiayaan Kegiatan Usaha Produktif Sektor Perikanan Air Tawar dari PT. Inti Palm Sumatra (PT. IPS) kepada Pokdakan Mekar Jaya dan Cahaya Kuala Asahan di Aula Dinas Perikanan Kabupaten Asahan. Waspada/Ist

KISARAN (Waspada): Potensi budidaya ikan air tawar di Kab Asahan sangat berpeluang, sehingga dibutuhkan pengembangan dalam peningkatan usaha produktif bagi masyarakat dalam meningkatkan perekonomian dalam bidang perikanan.

Untuk meningkatkan potensi itu, PT Inti Palm Sumatra (PT. IPS), perusahaan di bidang perkebunan swasta di Kab Asahan mendorong agar potensi ini dimanfaatkan masyarakat sebagai sektor usaha produktif dalam menambah pendapatan.

“Sektor perikanan air tawar ini akan kita jadikan sebagai Kegiatan Usaha Produktif,” ungkap Perwakilan PT IPS Riduan, saat penyerahan secara simbolis Pembiayaan Kegiatan Usaha Produktif Sektor Air Tawar di Dinas Perikanan Kabupaten Asahan, Selasa (20/2) yang turut dihadiri oleh Perwakilan Dinas Pertanian Kabupaten Asahan beserta Forkopincam Buntu Pane dan Simpang Empat.

Menurut Riduan Pembiayaan Kegiatan Usaha Produktif Sektor Air Tawar tersebut merupakan bentuk komitmen perusahaan dalam mewujudkan Fasilitasi Pembangunan Kebun Masyarakat (FPKM) PT. Inti Palm Sumatra Fase 1. Saat ini pihaknya menyalurkan pembiayaan usaha produktif di bidang perikanan air tawar untuk pertama kali kepada Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Mekar Jaya di Desa Sei Silau Timur dan Pokdakan Cahaya Kuala Asahan di Desa Sei Dua Hulu.

“Kami berharap pembiayaan yang diberikan dapat digunakan dengan baik dalam membantu pengembangan usaha,” jelas Riduan didampingi Penasehat Hukum Sumantri, S.H., M.H. dan Legal J. Bancin.

Suparman selaku penerima manfaat dari program PT. IPS mengucapkan terimakasih dan akan memanfaatkan pembiayaan tersebut dalam melakukan pengembangan budidaya ikan air tawar.

“Terima kasih, dengan program ini tentunya kami akan lebih fokus lagi untuk pengembangan sektor perikanan air tawar,” jelasnya.

Sedangkan Kadis Perikanan Kab Asahan Umar Simangunsong memberikan apresiasi kepada PT. IPS, dan berharap langkah yang diambil oleh perusahaan perkebunan itu bisa diikuti oleh perusahaan lain yang ada di Kab Asahan sebagai bentuk kewajiban perusahaan melalui Program FPKM.

“Kami berharap kegiatan ini bisa diikuti oleh perusahaan-perusahaan perkebunan yang ada di Kabupaten Asahan,” kata Simangunsong. (a02/a19/a20)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *