Presiden Jokowi Apresiasi Produk UMKM

  • Bagikan
PRESIDEN RI Joko Widodo saat melakukan silaturahmi dengan pelaku UMKM yang tergabung dalam program Mekar binaan PNM) di lapangan Limapuluh Kota. Waspada/Ist
PRESIDEN RI Joko Widodo saat melakukan silaturahmi dengan pelaku UMKM yang tergabung dalam program Mekar binaan PNM) di lapangan Limapuluh Kota. Waspada/Ist

  LIMAPULUH (Waspada): Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo mengapresiasi produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dari Kabupaten Batubara memiliki kemasan yang bagus dan menarik serta patut dijadikan contoh bagi UMKM lainnya.

  Hal itu diungkapkannya saat melakukan silaturahmi dengan ribuan pelaku UMKM yang tergabung dalam program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekar) binaan Permodalan Nasional Madani (PNM) di lapangan Limapuluh Kota, Kecamatan Limapuluh, Rabu (7/2).

Kehadiran kepala negara di Kabupaten Batubara ini disambut Penjabat (PJ) Bupati Batubara Nizhamul, S.E, M.M bersama unsur Forkopimda dan OPD. Sementara pelaku UMKM yang tergabung dalam Mekar binaan PNM ini tidak hanya berasal dari Kabupaten Batubara, melainkan dari daerah/kota Tebingtinggi dan Serdang Bedagai.

Presiden Jokowi Apresiasi Produk UMKM

  Presiden Joko Widodo juga menyerahkan bantuan berupa kebutuhan pokok dan memberikan sepeda kepada dua pelaku UMKM.

  Joko Widodo mengatakan, produk-produk dengan kemasan yang bagus akan gampang dijual asalkan harganya kompetitif. Yang terpenting, katanya, dalam berwirausaha semangat adalah modal utama. Kemudian kerja keras, serta disiplin.

“Ini mengingatkan saya, saat mulai usaha disekitar tahun 1988. Saat itu saya hanya berjualan di Kota Solo. Di tahun kedua, saya sudah bisa berjualan ke Jakarta. Tahun ketiga, sudah bisa ekspor. Jadi, kalau teman-teman saya kerjanya dari jam 06.00 sampai jam 16.00 WIB, saya dari subuh sampai malam. Itu namanya kerja keras,” terangnya.

  Sebagai pelaku UMKM lanjut Joko Widodo harus memiliki  jiwa entrepreneurship serta sifat jujur dan komitmen serta tepat waktu. Seperti membayar tunggakan harus tepat waktu dan produk yang dihasilkan atau dikirim kepelanggan harus benar-benar sesuai standar yang telah disepakati.

  Presiden Jokowi memberi motivasi agar pelaku KUKM mengikuti perkembangan penjualan sistem online yang memiliki jangkauan luas dan lebih mudah menembus pasar ekspor.

  Kunjungan Presiden Jokowi kali ini bukan hanya menjadi salah satu kegembiraan masyarakat Batubara, namun Pj Bupati Batubara merasa bersyukur atas kehadiran orang nomor satu di Indonesia ke negeri bertuah Batubara.

  Turut hadir dalam kunjungan Presiden Joko Widodo, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Direktur PNM Arief Mulyadi, serta undangan.(a.18)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *