PSU Di Tapsel Kondusif, Prabowo-Gibran Unggul

Partisipasi Pemilih 62,3 ℅

  • Bagikan
PSU Di Tapsel Kondusif, Prabowo-Gibran Unggul
Petugas KPPS sedang melakukan penghitungan suara pada Pemungutan Suara Ulang (PSU) di TPS 4 TPS Desa Huta Pardomuan Kecamatan Sayur Matinggi, Tapsel.l, Sabtu (24/2).(Waspada/Syarif Ali Usman)

TAPSEL (Waspada) : Pemungutan Suara Ulang (PSU) di TPS 4 dan TPS 6 Desa Huta Pardomuan, Kecamatan Sayur Matinggi Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Sabtu (24/2) berjalan kondusif, Paslon Capres dan Cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming unggul telak.

Berdasarkan hasil perhitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 4, perolehan suara untuk Paslon Capres dan Cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebanyak 123 suara. Kemudian paslon Pranowo-Mahfud MD, memperoleh 22. Sedangkan Paslon Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, tidak memperoleh suara.

Di TPS 6, Paslon Capres dan Cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka juga unggul telak dengan memperoleh 102 suara, disusul Paslon Pranowo-Mahfud MD sebanyak 25 suara. Sedangkan Paslon Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar hanya memperoleh 1 suara.

Sesuai dengan keterangan petugas KPPS, Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pada TPS 4, sebanyak 224 dan yang menggunakan hak pilih sebanyak 147 orang pemilik dan yang tidak menggunakan hak pilih sebanyak 77 orang. Kemudian di TPS 6, yang menggunakan hak pilih sebanyak 91 orang dari 222 orang yang terdaftar di DPT.

PSU Di Tapsel Kondusif, Prabowo-Gibran Unggul
Komisioner KPU Tapsel Efendi Rambe (kiri) dan Khoirun Sholih Harahap (2 kiri) memantau proses PSU di TPS 4 Desa Huta Pardomuan Kecamatan Sayur Matinggi, Tapsel, Sabtu (24/2). Waspada/Mohot Lubis

Untuk perolehan suara DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten secara pasti belum diketahui karena proses penghitungan suara untuk legislatif, baik di TPS 4 maupun di TPS 6 tersebut masih berlangsung.

Ketua KPU Tapsel Zulhaji Siregar mengatakan, merujuk data pemilih yang hadir di di TPS partisipasi pemilih yang gunakan hak suara dalam Pemungutan Suara Ulang (PSU) di dua TPS tersebut sekira 62.3 persen.

Menurut Zulhajji, adanya pemilih yang tidak menggunakan hak pilihnya dalam PSU itu bukan karena adanya masalah atau adanya hambatan sebab pemberitahuan sudah disampaikan kepada warga yang terdaftar di DPT baik di TPS 4 maupun TPS 6.

“Undangan untuk memilih atau C pemberitahuan yang dibagikan ke pemilih untuk TPS 4 sebanyak 169 dan Untuk TPS 6 sebanyak 158. Intinya petugas KPPS telah menyampaikan pemberitahuan kepada warga terdaftar di DPT untuk datang ke TPS tanggal 24 Februari 2024,” tuturnya.

Koordinator Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu, KPU Tapsel, Efendi Rambe bersama tiga komisioner KPU Tapsel lainnya (Khoirun Sholih Harahap, Fany Daulad Siregar dan Yassir Husein Pardede) mengatakan pelaksanan PSu di TPS 4 dan TPS 6 Desa Huta Pardomuan berlangsung cukup kondusif.(a39/a31)

  • Bagikan