Putra Padangsidimpuan Wakili Sumut Di Munas DKKI 2023

  • Bagikan
Putra Padangsidimpuan Wakili Sumut Di Munas DKKI 2023

Rony Saputra Siregar, musisi kenamaan dari Kota Padangsidimpuan, terpilih mewakili Sumut ke Munas DKKI 2023 di Jakarta. (Waspada/Ist)

P.SIDIMPUAN (Waspada): Rony Saputra Siregar, musisi kenamaan Tapanuli Bagian Selatan dari Kota Padangsidimpuan, terpilih mewakili Provinsi Sumatera Utara di Musyawarah Nasional (Munas) Dewan Kesenian dan Kebudayaan Indonesia (DKKI) 2023.

Munas ini mengusung tema ‘Transformasi Dewan Kesenian dan Kebudayaan untuk Tata Kelola Kebudayaan’. Digelar selama tiga hari di Jakarta, Minggu (10/12) sampai Selasa (12/12).

Perserta pertemuan tingkat nasional ini adalah para pelaku atau pengampu seni budaya se Indonesia. Berasal dari berbagai lembaga, organisasi, komunitas penggerak dan pengelola seni budaya.

“Saya ditempatkan di Komisi 1 dan Alhamdulillah juga dipercaya sebagai steering commite atau panitia pengarah,” kata Rony Saputra lewat sambungan telepon dari arena Munas DKKI 2023 di Jakarta.

Putra Padangsidimpuan Wakili Sumut Di Munas DKKI 2023

Tokoh Muda Seni Adat dan Budaya Sumatera Utara tahun 2022 ini menjelaskan, Munas DKKI 2023 diikuti para seniman dan budayawan pentolan berbagai daerah se Indonesia.
Bermusyawarah menetapkan program ke depan dan memilih pengurus di tingkat pusat.

Tenaga Ahli Khusus Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan Pemko Padangsidimpuan ini menjelaskan, Dewan Kesenian Kebudayaan adalah organisasi yang lahir dari masyarakat. Disahkan dan dikukuhkan pemerintah sebagai mitra aktif dalam pemajuan seni budaya.

Untuk memajukan kesenian dan kebudayaan terdapat tiga stake holder utama, eksekutif, legistatif dan pelaku seni budaya. Apabila ketiganya telah berkolaborasi dan bersinergi sesuai peran fungsi masing-masing, maka kesenian dan kebudayaan akan jauh lebih maju.

“Kita berharap Munas ini melahirkan program unggulan yang dapat mendorong pelaku seni lebih berkembang. Mampu meregenerasi kualitas SDM seni budaya, khususnya bagi generasi muda,” harap Rony.

Kadis Pendidikan Pemko Padangsidimpuan, Mhd. Luthfi Siregar, didampingi Kabid PTK, Rudi Iswandi, dan Kasi Kebudayaan, Andi Hakim, menyampaikan rasa syukur dan bangga atas terpilihnya Rony mewakili Sumut di Munas DKKI 2023.

“Alhamdulillah, satu putra terbaik kita terpilih mewakili Sumut di kegiatan nasional. Kita sangat bangga dan mensyukurinya. Semoga amanah yang diberikan dapat dijalankan dengan sebaik-baiknya,” kata Kadisdik Lutfhi Siregar. (a05)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *