Ribuan Warga Hadiri Acara Pembukaan MTQ Ke-49 Kabupaten Simalungun

  • Bagikan
Ribuan Warga Hadiri Acara Pembukaan MTQ Ke-49 Kabupaten Simalungun
Bupati dan Wabup Simalungun memakaikan jubah kepada para dewan hakim yang akan menjadi juri dalam perlombaan MTQ ke 49 Tingkat Kabupaten Simalungun, Rabu (1/3).(Waspada/Hasuna Damanik).

SIMALUNGUN (Waspada): Meski cuaca sedang diguyur hujan dan lokasi tempat acara berlumpur, namun tidak mengurungkan niat ribuan massa untuk menyaksikan acara pembukaan Mushabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-49 Tingkat Kabupaten Simalungun digelar di Lapangan PTPN-IV Kebun Tobasari, Kec. Pamatang Sidamanik, Rabu (01/03/2023).

Secara resmi MTQ ke 49 tahun 2023 itu di buka Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga didampingi Wakil Bupati H Zonny Waldi, Ketua DPRD Timbul Jaya Sibarani dan Forkopimda, ditandai dengan penekanan tobol sirene dan pemukulan Gondrang (gendang).

Kegiatan diawali defile peserta atau kontingen berasal dari 32 kecamatan se Kab. Simalungun dan tor-tor sombah. Dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Alqur’an yang dibawakan Siti Rohimah dan saritilawah disampaikan Tantri Musfira Dimar. Kemudian pengibaran bendera LPTQ dilaksanakan pasukan pengibar bendera berasal dari siswa siswi MTS Al-Ikhlas Sait Buntu, Kec. Pamatang Sidamanik.

Pasukan pengibar bendera LPTQ tidak peduli meski percikan air dan lumpur mengotori pakaian putihnya. Mereka terlihat begitu kompak dan semangat dalam menjalankan tugas mengibarkan bendera tersebut dan mendapat aplaus dari ribuan orang yang menyaksikannya.

Ketiatan juga ditandai dengan pelantikan dewan hakim dilakukan bupati didampingi wakil bupati, dirangkaikan dengan baiat yang dilakukan oleh Kakan Kemenag Simalungun, Dr.H. Ahmad Sopian.

Ketua panitia, Afdoli dalam laporannya menyampaikan MTQ ke 49 tingkat Kabupaten Simalungu itu akan berlangsung mulai 1 s/d 4 Matet 2023 dan diikuti sebanyak 732 peserta dari 30 kecamatan se-Kab. Simalungun. ” MTQ kali ini diikuti 732 peserta berasal dari 30 kecamatan, 2 kecamatan sejauh ini belum afa laporannya,” kata Afdoli.

Cabang di perlombakan yaitu Cabang Mujawwad 4 golongan, Cabang Tahfiz 5 golongan, Cabang Fahmil Qur’an 1 golongan, Cabang Syarhil Qur’an 1 golongan dan Cabang Khottil Qur’an 4 golongan.

Sementara, Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga, menyampaikan, pelaksanaan MTQ ini tidak hanya bermakna peneguhan syiar Islam saja, tetapi diharapkan menjadi barometer untuk mengukur hasil dari pembelajaran Alqur’an di Kab. Simalungun.

Selain itu, media dakwah dan syiar keagamaan yang efektif, pelaksanaan MTQ juga secara nyata sudah terbukti mampu menjadi daya dorong yang kuat untuk memacu program pembangunan sesuai dengan visi misi Bupati dan Wakil Bupati ‘Rakyat Harus Sejahtera’

” Selamat bertanding, selamat mengikuti MTQ, semoga memberikan manfaat dan kemaslahatan dalam upaya kita mengaktualisasikan ajaran Islam di bumi Habonaron Do Bona,” kata bupati.

Kepada dewan juri, Bupati berharap untuk melakukan penilaian MTQ ini sesuai dengan sumpah yang diucapkan, semoga dengan penilaian yang di lakukan akan melahirkan para kafilah mewakili Simalungun dan berjaya di event yang lebih tinggi.(a27)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *