Rumah Adat Batak Terbakar Di Sianjur Mula-mula 

  • Bagikan
RUMAH dengan ciri khas adat Batak milik Jaroles Sagala saat terbakar. Waspada/Ist
RUMAH dengan ciri khas adat Batak milik Jaroles Sagala saat terbakar. Waspada/Ist

SAMOSIR (Waspada): Satu bangunan berbentuk rumah adat Batak milik Jaroles Sagala, 58, di Dusun II Huta Lobu, Desa Sianjur Mulamula, Kec. Sianjur Mulamula, Kab. Samosir, ludes terbakar, Senin (22/01) sekira pukul 15.00 WIB.

Camat Sianjur Mula-mula, Sihar Limbong saat dikonfirmasi Waspada lewat telepon selulernya, Senin (22/1) membenarkan musibah tersebut. “Benar, sekitar pukul 15.00 WIB sore tadi, telah terjadi musibah kebarakan di Dusun II Huta Lobu,” ujar Sihar.

Dia menjelaskan, pada saat peristiwa kebakaran, pemilik rumah sedang mengikuti acara adat yang jaraknya tidak terlalu jauh dari lokasi kebakaran. “Saat di acara pesta adat, pemilik rumah melihat sudah ada kobaran api dari arah perkampungannya. Lalu dia (Jaroles-red) berlari menuju rumahnya untuk memastikan apa yang terjadi. Kemudian, ia bersama sejumlah warga berupaya untuk memadamkan api dan menyelamatkan sejumlah barang. Namun upaya mereka tidak berhasil dan tidak berapa lama mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi,” tutur Sihar.

Untuk saat ini, lanjutnya, Jaroles Sagala beserta keluarga pindah ke rumah miliknya yang tidak jauh dari lokasi kejadian. “Saat ini mereka pindah ke rumah lain yang juga masih milik Pak Sagala yang berada dekat di sekitar lokasi itu,” imbuh Sihar.

Terpisah, Kasi Humas Polres Samosir, Brigadir Vandu P Marpaung kepada Waspada mengatakan, pihaknya saat ini sudah menangani peristiwa tersebut. Sedangkan total kerugian yang dialami korban ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. “Kita sudah menangani peristiwa tersebut. Kita saat ini sedang melakukan penyelidikan,” katanya.(cvs/a08)

  • Bagikan