SMA Swasta Nurul ‘Ilmi P.Sidimpuan Dorong Siswa Lahirkan Karya Tulis

  • Bagikan
SMA Swasta Nurul 'Ilmi P.Sidimpuan Dorong Siswa Lahirkan Karya Tulis
Kepala SMA Swasta Nurul 'Ilmi Padangsidimpuan Dr.Rabiyatul Adawiyah Siregar, M.Pd, (kiri) bersama Kasi SMA/PK Cabdis Pendidikan Wilayah XI, Muhammad Akhyar Nasution, S.Pd, MPd dan dosen Unimed Dr.Iis Siti Jahro, M.Si pada pembukaan Seminar Karya Ilmiah yang digelar SMA Swasta Nurul 'Ilmi Padangsidimpuan. Waspada/Ist

P.SIDIMPUAN (Waspada) : SMA Swasta Nurul ‘Ilmi Padangsidimpuan melakukan pembinaan dan edukasi untuk mendorong siswa agar dapat melahirkan karya tulis, baik karya tulis ilmiah maupun karya tulis jurnalistik yang bermutu.

“Dari sekarang kita harus dorong siswa untuk gemar menulis, baik karya ilmiah maupun karya jurnalistik agar nantinya mereka terbiasa melahirkan karya tulis sebagai bekal mereka nantinya memasuki Perguruan Tinggi dan meningkatkan kemampuan literasi peserta didik,” kata Kepala SMA Swasta Nurul ‘Ilmi Padangsidimpuan Dr. Rabiyatul Adawiyah Siregar M.Pd, Rabu (3/1).

Menurutnya, kemampuan melahirkan karya tulis, selain menjadi suatu kebutuhan secara akademik, juga dapat melahirkan prestasi baik secara akademik maupun non akademik karena banyak perlombaan tentang karya tulis yang dapat diikuti siswa dan generasi muda.

Untuk dapat melahirkan karya tulis yang baik dan bermutu, ucap Dr. Rabiyatul, SMA Swasta Nurul ‘Ilmi Padangsidimpuan memberikan ruang dan pembinaan kepada siswa untuk dapat mengembangkan bakat dan minat dalam melahirkan karya tulis baik karya ilmiah maupun karya jurnalistik.

Dalam rangka memberikan edukasi dan pembinaan kepada siswa untuk dapat melahirkan karya tulis, paparnya, SMA Swasta Nurul ‘Ilmi Padangsidimpuan menggelar seminar Karya Tulis Ilmiah dengan menghadirkan dosen Univeritas Negeri Medan Dr. Iis Siti Jahro, M.Si sebagai narasumber.

Seminar Karya Tulis Ilmiah yang digelar tanggal 18 Desember 2023 dan diikuti oleh 55 orang siswa dihadiri Kacabdis Pendidikan wilayah XI Padangsidimpuan Oloan Nasution diwakili Kasi SMA/PK Muhammad Akhyar Nasution, S.Pd, M.Pd.

SMA Swasta Nurul 'Ilmi P.Sidimpuan Dorong Siswa Lahirkan Karya Tulis
Dosen Unimed Dr.Iis Siti Jahro, M.Si menjelaskan tentang teknik dan tips menulis artikel kepada siswa SMA Swasta Nurul ‘Ilmi Padangsidimpuan dalam seminar karya ilmiah dan jurnalistik. Waspada/Ist

Dr. Rabiyatul Adawiyah menegaskan bahwa siswa SMA Swasta Nurul ‘Ilmi Padangsidimpuan memiliki semangat yang tinggi untuk dapat meraih prestasi, termasuk dalam bidang karya tulis.”Itulah salah satu yang menjadi dasar bagi kita untuk menggelar seminar karya tulis ilmiah terebut,” tuturnya.

Kemampuan sebagian siswa dalam melahirkan karya tulis, ungkapnya sudah cukup baik dibuktikan dengan siswa SMA Swasta Nurul ‘Ilmi yang lolos ke tingkat nasional KIHAJAR STEM Provinsi Sumatera Utara dan juara 2 LKTI HMPS Tadris Kimia yang di UINSYAHADA Padangsidimpuan.

Keberhasilan siswa tersebut dalam meraih prestasi dibidang karya tulis, tentu tidak terlepas dari pembinaan yang diberikan Wulandari, S.Si sebagai pembina karya tulis siswa SMA Swasta Nurul ‘Ilmi Padangsidimpuan dan Ria Rumondang, S.Pd sebagai pembina jurnalistik”Kita berharap kedepan semakin banyak yang berprestasi,” harapnya.

Dr. Iis Siti Jahro, MSi sebagai pemateri dalam seminar karya tulis ilmiah dan jurnalistik tersebut menjelaskan tentang teknik menulis yang baik dan tips menulis artikel ilmiah agar dapat menjadi juara dalam setiap lomba.

“Selama seminar berlangsung, peserta sangat bersemangat karena mendapatkan ilmu baru langsung dari ahlinya, kegiatan ice breaking meningkatkan konsentrasi peserta serta penugasan untuk menuangkan gagasan tentang tema yang akan diteliti dalam tulisan” katanya.

Kepala SMA Nurul ‘Ilmi Padangsidimpuan menegaskan bahwa seminar itu menjadi wadah bagi siswa untuk mengembangkan kemampuannya agar lebih terarah dan memudahkan mereka dalam berliterasi, karena kegiatan menulis bergandengan dengan literasi.

Salah seorang siswa SMA Nurul ‘Ilmi berharap kegiatan tersebut bukan hanya sekali setahun, namun banyak kesempatan untuk menambah wawasan siswa yang bukan hanya pada ekskul KIR dan jurnalistik, namun ekskul lainnya.(a39)

  • Bagikan