STKIP Padanglawas Gelar Wisuda Perdana

Ketua STKIP: Harus Berani Hadapi Tantangan

  • Bagikan
Ketua STKIP Padanglawas, H.Tolentino, MM foto bersama dengan senat dan mahasiswa STKIP yang diwisuda di Aula Hotel Marwah, Sibuhuan, Padang Lawas, Rabu (28/2).Waspada/ist.
Ketua STKIP Padanglawas, H.Tolentino, MM foto bersama dengan senat dan mahasiswa STKIP yang diwisuda di Aula Hotel Marwah, Sibuhuan, Padang Lawas, Rabu (28/2).Waspada/ist.

P.SIDIMPUAN (Waspada) : Melalui Sidang Senat Terbuka, Ketua Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Padanglawas H. Tolentino, MM melakukan wisuda perdana terhadap 25 mahasiswa di Aula Hotel Marwah, Jl. Kihajar Dewantara, Sibuhuan, Kabupaten Padanglawas, Rabu (28/2).

Wisuda perdana terhadap 25 mahasiswa STKIP Palas tersebut dihadiri Pj Bupati Palas Dr. Edy Junaidi, S.STP, M.Si, Ketua LLDikti Wilayah 1 Sumut diwakili Abdul Aziz Tambunan, SH, M.Kn, MH, Ketua Yayasan Syafaham Padanglawas Drs. H. Syafaruddin, MA bersama istri Hj Emma Raidana Hasibuan, S.Ag serta dosen dan orang tua mahasiswa.

Ketua STKIP Padanglawas, H. Tolentino, MM dalam sambutannya saat akan mewisuda 25 orang mahasiswa yang terdiri dari Prodi Pendidikan Matematika 16 orang dan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris 9 orang mengatakan bahwa wisuda merupakan kegiatan akademik untuk meresmikan kelulusan mahasiswa setelah menyelesaikan studi.

“Wisuda merupakan puncak prestasi setelah berjuang dan kerja keras dalam belajar. Karena itu sangat wajar kegiatan wisuda menjadi ajang kebahagian dan kegembiraan bagi wisudawan dan keluarga. Untuk itu sebagai Ketua STKIP Padanglawas dan atas nama Yayasan Syafaham kami menyampaikan ucapan selamat kepada wisudawan dan keluarganya,” ucapnya.

STKIP Padanglawas Gelar Wisuda Perdana
Ketua STKIP Padanglawas, H. Tolentino, MM, Ketua Yayasan Syafaham Padanglawas Drs. H. Syafaruddin, MA dan Senat STKIP Padanglawas foto bersama usai wisuda sarjana perdana STKIP Padanglawas, Rabu (28/2).Waspada/ist.

H. Tolentino menjelaskan bahwa STKIP Padanglawas yang didirikan tahun 2018 terdiri dari Program Studi Pendidikan Matematika dan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. “Seiring dengan waktu STKIP Padanglawas diberikan kepercayaan oleh Kemenristek Dikti menambah satu program studi yakni Pendidikan Teknik informasi,” jelas Ketua STKIP Palas.

STKIP Padanglawas yang berada di bawah badan hukum pembina Yayasan Syafaham dan di bawah naungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah 1 Sumut, lanjut Tolentino, telah terakreditasi oleh BAN-PT tahun 2022. Begitu juga dengan prodinya telah mengantongi akreditasi dengan predikat baik.

Ketua STKIP Padanglawas mengungkapkan, sarana dan prasaran yang dimiliki STKIP Padanglawas saat ini berupa gedung kampus milik sendiri terdiri dari 18 ruang perkuliahan dengan saya tampung 700 mahasiswa. Kemudian dilengkapi dengan ruang struktural, ruangan dosen, ruang pelayanan administrasi, laboratorium komputer dan bahasa, perpustakaan, ruang rapat, masjid, kantin dan lapangan olahraga.

“Insya Allah dalam waktu dekat gedung serba guna kita akan siap dengan ukuran 20 m x 40 m. Selain itu, infrastruktur jaringan internet dan IT STKIP Padanglawas sudah sangat siap dalam menghadapi kemajuan di era digital sekarang ini,” ungkapnya.

Pengembangan STKIP Padanglawas ke depan, ujar Tolentino difokuskan pada program pengembangan dan implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka, penerbitan bahan ajar, peningkatan kualitas SDM, peningkatan jenjang pendidikan, peningkatan kualitas kelembagaan; penerapan SPMI, peningkatan kualitas PKM serta peningkatan kualitas penelitian, pengabdian masyarakat dan publikasi ilmiah.

Kepada mahasiswa terutama yang diwisuda, Ketua STKIP Padanglawas memberikan motivasi bahwa generasi muda harus berani menghadapi tantangan dalam menggali ada dan cita, jika ingin sukses sebab setiap perjuangan membutuhkan pengorbanan.

“Seorang sarjana harus berani hidup berdampingan dengan susah, bekerja keras, berdampingan dengan risiko, berani untuk menghadapi berbagai tantangan bahkan risiko kematian sehingga selalu ingat mati,” tegas Ketua STKIP Padanglawas.

Menurutnya, sebagai calon pendidik dapat berhasil apabila memiliki kepribadian (personality) yang berkualitas tinggi, mempunyai kepedulian tinggi terhadap masalah-masalah di dunia pendidikan, sosial-religius dan mampu mempertahankan dan mengembangkan kualitas iman, amal saleh, dan memperjuangkan kebenaran atas prinsip ta`awun (kerja sama) dan sabar.

Kepada orang tua wisudawan, Ketua STKIP Padanglawas, mengucapkan terima kasih karena telah memberikan kepercayaan kepada STKIP Padanglawas untuk mendidik putra-putrinya. “Ucapan terima kasih dan penghargaan kami sampaikan juga kepada Yayasan Syafaham, Bupati Padanglawas, LLDIKTI Wilayah I, Dinas Pendidikan Kabupaten Padanglawas, DPRD Padanglawas dan mitra kerja,” tuturnya.

Ketua LLDikti Wilayah 1 Sumut diwakili Abdul Aziz Tambunan, SH, M.Kn, MH mengapresiasi STKIP Padanglawas yang telah melakukan wisuda perdana terhadap 25 mahasiswa melalui Sidang Senat Terbuka I STKIP Padanglawas. (a39).

  • Bagikan