Tahun Politik, Bupati DS Sebut Peran PWI Bantu Sebarkan Sinyal Positif

  • Bagikan
Tahun Politik, Bupati DS Sebut Peran PWI Bantu Sebarkan Sinyal Positif
Bupati DS HM Ali Yusuf Siregar, Ketua PWI Sumut, H Farianda Putra Sinik, Ketua DKP PWI Sumut Muhammad Syahrir, Ketua PWI DS Lisbon Situmorang dan lainnya saat berfoto bersama. (Waspada/Ist)

DELISERDANG (Waspada): Bupati Deliserdang HM Ali Yusuf Siregar membuka secara langsung Forum Tatap Muka Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Deliserdang, Senin (18/12) di Hotel Grand Central, Medan.

Kegiatan yang bertemakan “Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Keutuhan Bangsa serta Mengusung Kepemimpinan Bermartabat Untuk Deliserdang yang Maju dan Sejahtera”, Bupati Deliserdang menyebut peran wartawan khususnya yang tergabung di PWI Deliserdang membantu menyebarkan sinyal positif kepada masyarakat sangat dibutuhkan.

“Oleh karenanya mari kita “Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Keutuhan Bangsa” dengan tetap damai dan menjaga integritas dalam pemberitaan,” sebut Yusuf.

Selain itu, Bupati Deliserdang mengakui PWI juga memiliki peranan yang sangat strategis melalui tulisan dalam pemberitaan yang disajikan dalam bentuk informasi, kritik dan saran.

Karenanya, Bupati Deliserdang mengajak di tahun politik ini, PWI Deliserdang lebih profesional, berwawasan, berkualitas, faktual dan bertanggungjawab, sehingga informasi yang didapatkan akan lebih akurat.

“Untuk itu agar bisa menjalankan secara profesional perlu didukung pengedukasian serta peningkatan SDM (Sumber Daya Manusia) wartawan, maka dilaksanakan Forum Tatap Muka PWI Deliserdang bertujuan meningkatkan pengetahuan dan pemahaman dalam mengimplementasikan ilmu jurnalistik,” kata Yusuf.

Tahun Politik, Bupati DS Sebut Peran PWI Bantu Sebarkan Sinyal Positif
Bupati DS HM Ali Yusuf Siregar saat memberikan sambutan pada Forum Tatap Muka PWI Kabupaten Deliserdang. (Waspada/Ist)

Dengan terselenggaranya kegiatan ini Bupati Deliserdang menyampaikan terima kasihnya atas kemitraan yang telah terbangun antara Pemkab Deliserdang dengan PWI Deliserdang.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Deliserdang mengucapkan terima kasih kepada PWI Kabupaten Deliserdang atas sinergitas dan kerja sama yang terjalin selama ini. Saya juga mengucapkan kepada seluruh panitia dan stakeholder lainnya yang sudah membersamai menyelenggarakan kegiatan ini. Kiranya apa yang kita lakukan pada hari ini, akan semakin meningkatkan edukasi dan mempererat rasa kebersamaan di antara kita semua,” harap Yusuf.

Sementara itu sebelumnya Ketua PWI Sumut, H Farianda Putra Sinik SE sangat mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan PWI Kabupaten Deliserdang.

“Kalian sudah maju satu langkah dari daerah lainnya karena sudah mengangkat tema HPN 2024 untuk pertemuan hari ini,” kata Farianda.

Farianda berharap seluruh pengurus dan anggota PWI Deliserdang dalam melaksanakan tugas jurnalistiknya agar lebih profesional serta paling utama menjaga etika wartawan.

“Terpenting jaga etika saat melaksanakan tugas kewartawanan, dan berharap agar Pemkab Deliserdang turut membantu program kerja PWI, karena mengurus wartawan tidak cukup hanya lewat lembaga saja, namun harus ikut terlibat pemerintah,” ungkapnya.

Sedangkan Ketua PWI Deliserdang Lisbon Situmorang SE menyebut Forum Tatap Muka dilaksanakan selama 3 hari, sejak Minggu (17/12) malam yaitu rapat kerja PWI Deliserdang. Lalu Senin pagi (18/12) setelah pembukaan oleh Bupati Deliserdang dilaksanakan beberapa pelatihan mendatangkan beberapa narasumber.

Salah satunya yaitu Ketua DKP PWI Sumut Drs. Muhammad Syahrir, M.I.Kom menyampaikan materi tentang PD-PRT, kode etik jurnalistik dan kode perilaku wartawan hasil Kongres XXV PWI di Bandung. Selanjutnya materi liputan pemberitaan pemilihan legislatif (Pileg) dan pemilihan presiden (Pilpres) beretika disampaikan Anggota DKP PWI Sumut dan juga Wapenjab Harian Waspada H. Sofyan Harahap.

Selanjutnya peran pers dalam pengawasan Pemilu disampaikan narasumber Timo Dahlia dari anggota KPU Deliserdang dan juga dari Dinas Kominfo Stan Deliserdang membawakan materi peran Wartawan dan Pemberitaan di Deliserdang.

Saat pembukaan Forum Tatap Muka PWI Deliserdang turut dihadiri Kadis Kominfo Stan Deliserdang Cristin H Siagian, Kadis BKPSDM M Abduh Rijali, Kaban Kesbangpol Zainal A Hutagalung, Penasihat PWI Deliserdang masing-masing, HM Husni Siregar, Semangat Sembiring, Rinto Sustono, Seketaris PWI Deliserdang Edward Limbong S.Sos.I, Bendahara PWI Deliserdang Rinaldi Samosir, Wakil Ketua PWI Deliserdang Jekson Turnip ST dan pengurus serta anggota PWI Deliserdang lainnya. (a16/a01)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *