Tim Itwasum Mabes Polri Kunker Pengawasan Operasi Lilin Toba

  • Bagikan
Tim Itwasum Mabes Polri Kunker Pengawasan Operasi Lilin Toba

Tim Itwasum Mabes Polri Kunker dalam rangka pengawasan Operasi Lilin Toba 2023 dan Wakapolres Kompol Pardamean Hutahaean mewakili Kapolres AKBP Yogen Heroes Baruno dan lainnya menerima di aula Widya Satya Brata Mapolres Pematangsiantar, Jl. Jend. Sudirman, Jumat (29/12).(Waspada-Ist).

          PEMATANGSIANTAR (Waspada): Tim Itwasum Mabes Polri kunjungan kerja (Kunker) ke Polres Pematangsiantar dalam rangka pengawasan Operasi Lilin Toba 2023.

Wakapolres Kompol Pardamean Hutahaean mewakili Kapolres AKBP Yogen Heroes Baruno menyambut kedatangan Tim Itwasum di aula Widya Satya Brata Mapolres, Jl. Jend. Sudirman, Jumat (29/12).

Menurut Wakapolres, mengingat dalam pelaksanaan Operasi Lilin Toba masih berjalan, pihaknya mengharapkan kehadiran Ketua Tim dan anggota dalam pelaksanaan pendalaman nantinya dapat memberikan asistensi dan masukan dalam pelaksanaan tugas ke depannya.

“Hingga apa yang menjadi kekurangan maupun temuan-temuan nanti bisa kita jadikan pedoman atau dasar dalam pelaksanaan tugas selanjutnya sampai nanti pelaksanaan Operasi Lilin Toba ini selesai dengan baik,” harap Wakapolres.

Kepada semua objek yang menjadi pendalaman nanti, Wakapolres juga mengharapkan dapat bekerjasama, memberi atau menggali apa-apa yang bisa menjadi dasar atau pedoman dalam pelaksanaan tugas, hingga pada hari itu semua mendapatkan manfaat dari apa yang sudah mereka laksanakan atau apa yang akan mereka kerjakan ke depannya.

Sementara, Ketua Tim Brigjen Pol Edi Sukaryo menyebutkan terkait dengan pelaksanaan pengawasan operasi, dari tim akan memberikan masukan kepada personel yang terlibat sebagai pejabat operasi kepolisian. “Tentu ada acuan yang harus jadi pedoman yakni Perkap No. 8 tahun 2021 tentang sistim manajemen dan standar keberhasilan operasional kepolisian negara RI. Harus betul-betul peraturan itu pelaksanaannya, hingga tidak terjadi tumpang tindih.”

Kemudian, lanjut Ketua Tim, antara penanggungjawab tingkat Mabes dengan penanggungjawab tingkat Polda maupun tingkat Polres, ada yang harus memahaminya yakni antara harapan dan kenyataan. 

“Untuk itu, kehadiran kami di sini berharap pelaksanaan operasi kepolisian, bahkan ada dua yakni Operasi Mantap Brata dan Operasi Lilin Toba, kegiatan atau mekanismenyan harus berjalan dengan benar, pengelolaan anggaran berjalan dengan baik, personelnya dapat melaksanakan tugasnya sesuai dengan pertelaan tugas yang ada serta logistik dapat memaksimalkannya, hingga dinamikanya berjalan dengan lancar,” harap Ketua Tim.

Mengenai penyampaian harapan, Ketua Tim menegaskan pasti ada kenyataannya di lapangan. “Karena itu, kita mau melihat kenyataannya seperti apa, dimana ada dua hal yang mau kita lihat kenyataannya di lapangan yakni pertanggungjawaban administrasi dan operasional, termasuk keuangan serta logistik termasuk dengan pertanggungjawaban yang lain seperti Posko di kantor dan adanya pos pelayanan yang menggelarnya di jalan-jalan atau di titik tertentu, hingga nantinya semua dapat mempertanggungjawabkan.”

Kegiatan selanjutnya berupa pendalaman dari Tim Itwasum.

Tampak hadir Sekretaris Tim Itwasum Kombes Pol Herry Nixon, anggota Kombes Pol Andi Syariful Taufik, Kordinator Paping Poldasu AKBP Budi P Saragih, Wakapolres Labusel, Labuhanbatu, Tanjung Balai, Asahan, Batubara, Tebing Tinggi dan Sergai, para Kasatgas, Karendal Operasi serta Operator Operasi Lilin Toba.(a28).

  • Bagikan