Tim Supervisi Desa/Kelurahan Percontohan Provsu Kunjungi Simalungun

  • Bagikan
Tim supervisi desa (nagori)/kelurahan percontohan Pemprovsu, Riza Pahlevi Lubis (Sek.TP PKK Sumut) saat memberikan pencerahan bagi TP PKK Kab. Simalungun, Selasa (20/2).(Waspada/ist).
Tim supervisi desa (nagori)/kelurahan percontohan Pemprovsu, Riza Pahlevi Lubis (Sek.TP PKK Sumut) saat memberikan pencerahan bagi TP PKK Kab. Simalungun, Selasa (20/2).(Waspada/ist).

SIMALUNGUN (Waspada): Tim supervisi Provinsi (Prov) Sumatera Utara (Sumut) desa/kelurahan percontohan pelaksanaan tertib administrasi, pola asuh anak dan remaja, UP2K PKK, hatinya PKK dan IVA test Tahun 2024 melakukan kunjungan di Kabupaten Simalungun.

Kehadiran Tim Supervisi tersebut disambut Ketua Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Simalungun Ny Radiapoh Hasiholan Sinaga bersama pengurus TP PKK lainnya di Pendopo Rumah Dinas Bupati Simalungun, Pamatang Raya,  Sumut, Selasa (20/2/2024).

Mengawali sambutannya, Ny Ratnawati Radiapoh Hasiholan Sinaga mengucapkan selama datang kepada Tim Supervisi Prov. Sumut yang melakukan kunjungan di Tanoh Habonaron Do Bona.

” Semoga pertemuan kita hari ini di ridhoi oleh Tuhan Yang Maha Esa, serta membawa kebaikan bagi perkembangan PKK secara khusus dan masyarakat secara umum ke depannya,” ucap Ratnawati.

Tim Supervisi Desa/Kelurahan Percontohan Provsu Kunjungi Simalungun

Disampaikan Ratnawati, pelaksanaan 10 program pokok PKK di Kabupaten Simalungun telah menyentuh sebagian besar masyarakat Kabupaten Simalungun, khususnya di Nagori (Desa) dan Kelurahan.

Hal ini, menurut Ratnawati,  tidak terlepas dari peran serta kelompok Dasawisma yang mulai diberdayakan dan latih menjadi unjung tombak pelaksanaan 10 program pokok PKK dan Program Pemerintan.

Salah satu bukti nyata dari peran Dasawisma ini dapat dilihat dari tingkat penurunan stunting yang cukup signifikan, sehingga Kabupaten Simalungun meraih juara II dalam penilaian kinerja Kabupaten/Kota dalam pelaksanaan delapan aksi konvergensi penurun stunting Tahun 2022 dan di Tahun 2023.

Selanjutnya, Ratnawati mengatakan, salah seorang Kader PKK, Ryanda Gusti Satrio Khoir yang juga tokoh pemuda 2023 menjadi Kader inspiratif dari Kabupaten Simalungun.

Pemuda asal Kecamatan Bandar Huluan tersebut telah menciptakan mesin pengolah limbah plastik menjadi suatu yang memiliki nilai jual. Hal ini juga merupakan ide kreatif dalam meningkatkan kesadaraan masyarakat akan pentingnya lingkungan yang bersih dan sehat.

” Dengan kreatif Ryanda ini, diharapkan ke depannya banyak lahir pemuda pelopor yang bisa mengharumkan nama Kabupaten Simalungun, tidak hanya tingkat Nasional, tapi juga di tingkat Internasional,” ujar Ratnawati.

Selain itu, Ratnawati mengatakan,  Kabupaten Simalungun juga meraih juara II dalam pengendalian inflasi daerah se-Sumut. Hal ini juga tidak terlepas dari ketahanan masyarakat yang digerakkan kader-kader PKK melalui pemanfaatan pekarangan rumah masyarakat.

” Kita juga telah memiliki bank eco enzym dari anggota Dasawisma untuk menambah penghasilan keluarga,” ucap Ratnawati.

Lebih lanjut Ratnawati menyampaikan, pada Tahun 2023, TP PKK Kabupaten Simalungun juga berhasil meraih juara I lomba PKK kategori Bangga Kencana-KES tingkat Prov. Sumut.

TP PKK Kabupaten Simalungun, di 2024 juga sudah membentuk forum komunikasi masyarakat, sebagai kegiatan inovasi yang diberi nama Umpasa, sebagai media sosialisasi IVA Test melalui aplikasi Umpasa yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat mengedukasi masyarakat dan meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang IVA Test

” Itu hanya sebagian dari keberhasilan yang di capai TP PKK Simalungun. Dan semua itu di kemas dalam laporan tertib administrasi yang baik, disosialisasikan melalui media sosial PKK, seperti website,  face book, maupun instagram untuk penyebarluasan informasi kepada masyarakat,” kata Ratnawati.

Meskipun demikian, Ratnawati mengatakan, masih banyak kekurangan PKK Simalungun yang membutuhkan dukungan semua pihak, untuk itu diharapkan kepada TP PKK dan Tim Supervisi Prov. Sumut agar tidak bosan memberikan bimbingan dan arahan kepada TP PKK Simalungun sehingga ke depannya PKK Simalungun lebih baik lagi.

Diakhir sambutannya, Ratnawati berharap kehadiran Tim Supervisi ini memberikan motivasi bagi PKK Simalungun untuk melakukan pembaharuan dalam lingkup yang lebih luas di tengah-tangah masyarakat untuk menemukan inovasi baru dalam memperbaiki dan meningkatkan ekonomi masyarakat.

” Mari bersatu mewujudkan cita-cita luhur yang diemban Bupati dan Wakil Bupati dalam visi dan misinya Rakyat Harus Sejahtera di Bumi Habonaron Do Boma,” ajak Ratnawati sembari memgucapkan terima kasih kepada perangkat daerah yang telah mendukung program kerja PKK.

Tim Supervisi Desa/Kelurahan Percontohan Prov. Sumut di pimpin oleh Riza Pahlevi Lubis (Sekretaris TP PKK Prov. Sumut. Anggota Tim antara lain Dra Bidasari Daulay, M.Pd, Dra Kaniah, MM dan Delyana, Apt.(a27).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *