Tim Supervisi TP PKK Provsu Nilai Lomba Di P. Siantar

  • Bagikan
Tim Supervisi TP PKK Provsu Nilai Lomba Di P. Siantar
Wali Kota Susanti Dewayani (tujuh kiri depan) pose bersama dengan Tim Supervisi TP PKK Provsu dan lainnya saat menyambut Tim Supervisi TP PKK Provsu itu yang melakukan penilaian lomba TP PKK di Pematangsiantar, di ruang serbaguna Pemko, Jl. Merdeka, Rabu (21/2).(Waspada/Ist)

PEMATANGSIANTAR (Waspada): Tim Supervisi Tim Penggerak (TP) Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Sumatera Utara (Provsu) melakukan penilaian pelaksanaan lomba di Kota Pematangsiantar.

TP PKK Pematangsiantar mengikuti lomba terdiri tertib administrasi, pola asuh anak dan remaja (PAAR), usaha peningkatan pendapatan keluarga, hatinya PKK serta inveksi visual asam asetat (IVA) tes.

Wali Kota Susanti Dewayani menyambut kedatangan Tim Supervisi TP PKK Provsu di gedung serbaguna Pemko, Jl. Merdeka, Rabu (21/2).

Menurut Wali Kota, TP PKK sejak puluhan tahun telah berkontribusi kepada pembangunan daerah mulai kelurahan hingga kota serta masyarakat telah merasakan manfaatnya, termasuk di Pematangsiantar.

TP PKK, lanjut Wali Kota, hadir memberikan sumbangsih di lingkup sosial budaya, pendidikan, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan lainnya, hingga bukan sekedar organisasi pemberdayaan, namun merupakan gerakan membangun sumber daya manusia (SDM) dengan konsep dasar 10 program pokok PKK.

Melalui lomba, Wali Kota mengharapkan ada output yang jelas dan terukur, perlombaan menjadi wadah pembelajaran untuk optimalisasi TP PKK dan mengajak kader TP PKK saling kerjasama serta berkordinasi agar terus berkolaborasi untuk mencapai tujuan.

“Saya mengajak TP PKK Pematangsiantar untuk memanfaatkan kehadiran TP PKK Sumut dalam belajar dan memahami serta mendapat ilmu yang berguna,” ajak Wali Kota.

Kepada Tim Supervisi TP PKK Provsu, Wali Kota berharap berkenan memberikan arahan dan bimbingan agar TP PKK Pematangsiantar lebih baik dan bisa meraih yang terbaik.

Ketua TP PKK Pematangsiantar Kusma Erizal Ginting dalam ekspos singkatnya menjelaskan TP PKK pimpinannya telah menggelar lomba tingkat kota 2023 lalu dan para pemenangnya ikut serta dalam lomba tingkat Provsu.

Pemenang lomba terdiri tertib administrasi, pemenangnya Kel. Bukit Sofa, Kec. Sianțar Sitalasari, PAAR pemenangnya Kel. Timbang Galung, Kec. Siantar Barat, UP2K pemenangnya Kel. Bah Kapul, Kec. Siantar Sitalasari; hatinya PKK pemenangnya Kel. Aek Nauli, Kec. Sianțar Selatan dan IVA tes pemenangnya Kec. Sianțar Martoba.

Kegiatan selanjutnya berupa penyerahan buku ekspos dari masing-masing Ketua TP PKK kelurahan dan kecamatan kepada Ketua TP PKK Pematangsiantar, kemudian penyerahan cendera mata dari Wali Kota kepada Tim Supervisi TP PKK Provsu.

Pj Ketua TP PKK Provsu Ny Dessy Hassanudin dalam sambutannya melalui Ketua Bidang II Ainun Mardiyah Nasution menjelaskan kegiatan supervisi itu merupakan program kerja TP PKK Provsu 2024.

Ny. Dessy memberikan apresiasi kepada Pematangsiantar yang ikut serta mensukseskan kegiatan itu.

“Ini metode rentang kendali PKK demi menghadirkan gerakan PKK di tengah keluarga dan masyarakat. PKK mendukung program pemerintah dalam bidang pemberdayaan dan ini tanggung jawab PKK melalui 10 program pokok PKK dan berbagai perubahan program kerja dalam kesatuan gerak PKK dengan lima kategori lomba,” jelas Ny. Dessy.

Ny. Dessy juga mengajak untuk menjadi kader TP PKK yang ceria, cerdik dan cekatan demi TP PKK gemilang.

“Tahapan selanjutnya merupakan pembinaan lanjutan secara daring. Selamat mengikuti supervisi. Sampai bertemu di tahap monitoring,” akhir Ny. Dessy.

Sedang Ketua Tim Supervisi yang juga Sekretaris TP PKK Provsu Riza Pahlevi Lubis dalam bimbingan dan arahannya menyebutkan TP PKK merupakan mitra kerja pemerintah, hingga Ketua TP PKK merupakan pasangan pemimpin daerah.

Sebagai mitra pemerintah, lanjut Riza, pihaknya ingin berbuat maksimal, karena sasaran TP PKK yakni keluarga melalui Dasa Wisma yang terdiri atas 10-20 rumah yang berdekatan.

“PKK itu mendata, mencatat, pelaporan dan pengarsipan. Dengan Dasa Wisma, data pasti akurat. Kita galakkan Dasa Wisma dengan data akurat dan update,” imbuh Riza.

Menurut Riza, TP PKK Provsu telah memiliki sistim informasi manajemen PKK yang sebutannya SumutSatuData.

“Kami himpun data dari 33 kabupaten/kota di Provsu agar tidak tumpang tindih, hingga jika ada bantuan yang pemberiannya bisa tepat sasaran,” imbuh Riza.

Pada kesempatan itu, Riza mengingatkan untuk mengikuti dan memenangkan lomba tidaklah mudah. “Ada beberapa hal yang menjadi prioritas yakni sistim pelaporan harus jelas, mengikuti  indikator lomba, memiliki kader, ekspos, video dan inovasi.” 

“Pematangsianțar sejak Pak Erizal menjadi Ketua TP PKK,  jauh lebih hebat, selalu jadi pemenang tingkat Sumut. Semoga tahun ini menjadi juara umum,” akhir Riza.

Anggota Tim Supervisi yang turut hadir antara lain Yulia Marpaung, Bidasari Daulay,  Kaniah, Delyana Siregar dari Dinas Kesehatan dan lainnya. 

Tampak hadir Plh Sekda Junaedi Antonius Sitanggang, Kepala BNNK Tuangkus Harianja, perwakilan KPw BI Santy Hutajulu, mewakili Bank Sumut Patricia, kepala OPD Pemko, camat, lurah serta para pengurus TP PKK.(a28)

  • Bagikan