Scroll Untuk Membaca

Sumut

Wabup Deliserdang Minta Pelayanan Publik Harus Dibenahi

Wabup Deliserdang Minta Pelayanan Publik Harus Dibenahi
Wabup Deliserdang Lom Lom Suwondo membuka sosialisasi penilaian penyelenggaraan Pelayanan Publik Kecamatan di Aula Cendana, Lantai II, Kantor Bupati Deliserdang, Selasa (7/10/25). Waspada.id/Ist
Kecil Besar
14px

LUBUKPAKAM (Waspada.id): Wakil Bupati (Wabup) Deliserdang, Lom Lom Suwondo menilai, penyelenggaraan pelayanan publik adalah hal serius. Kareananya, upaya-upaya perbaikan harus terus dibenahi dan ditingkatkan.

Apalagi, saat ini pemerintah pusat melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) dan Ombusdman Republik Indonesia setiap tahun melakukan evaluasi dan penilaian terhadap kualitas penyelenggaraan pelayanan publik.

“Sejalan dengan itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deliserdang juga terus dituntut untuk melakukan perbaikan agar penyelenggaraan pelayanan publik bisa semakin baik, hingga menyentuh lapisan terendah, yaitu di tingkat kecamatan, desa dan kelurahan,” kata Wabup Deliserdang Lom Lom Suwondo saat membuka sosialisasi penilaian penyelenggaraan Pelayanan Publik Kecamatan di lingkungan Pemkab Deliserdang di Aula Cendana, Lantai II, Kantor Bupati Deliserdang, Selasa (7/10/25).

Menurut Lom Lom, Dalam upaya perbaikan dan pembenahan, ada beberapa komponen standar pelayanan yang perlu terus dievaluasi. Antara lain kebijakan, kompentensi dan profesionalisme sumber daya manusia (SDM), serta komponen komponen lain.

“Saya berharap, melalui sosialisasi ini semua aspek tersebut dapat kita benahi dan tingkatkan secara bersama-sama,” harap Wabup Lom Lom Suwondo.

Ia kembali menekankan tentang pentingnya peningkatan kualitas pelayanan publik sebagai bagian dari reformasi birokrasi yang berorientasi pada pelayanan prima kepada masyarakat.

Penilaian penyelenggaraan pelayanan publik di tingkat kecamatan, menurutnya, merupakan instrumen penting untuk mengukur kinerja, sekaligus mendorong peningkatan mutu layanan yang diberikan kepada masyarakat.

“Pemerintah harus hadir dengan memberikan pelayanan yang cepat, tepat, transparan, dan mudah,” paparnya.

Lom Lom berkeinginan, Deliserdang bisa semakin maju dan penyelenggaraan pelayanan publiknya semakin baik. Hal itu sejalan dengan misi pertama pembangunan Kabupaten Deliserdang, yaitu Sehat Pelayanan Publiknya.

Perwujudan misi tersebut melalui program Cepat, Transparan, dan Mudah (CTM) serta Pelayanan Adminstrasi Terpadu Kecamatan Lengkap dan Elektronik (Paten Kali).

“Program CTM yang sudah kita canangkan tidak boleh hanya berhenti sebagai slogan, melainkan harus benar-benar dilaksanakan dalam segala aspek penyelenggaraan pelayanan publik,” tegas Wabup.

Sebelumnya, ketua panitia, Kepala Bagian (Kabag) Organisasi Setdakab Deliserdang, Gento Herlambang melaporkan, sosialisasi tersebut bertujuan untuk mendorong percepatan peningkatan kualitas pelayanan publik kecamatan di lingkungan Pemkab Deliserdang, sehingga bisa menyelaraskan kemampuan penyelenggara layanan dengan harapan publik, atau meminimalisir dampak kebijakan yang merugikan publik.

Hadir pula dalam sosialisasi tersebut, perwakilan Ombudsman Sumatera Utara, Mory Yana Gultom, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Hendra Wijaya, Asisten Administrasi Umum, Rudi Akmal Tambunan, para perwakilan organisasi perangkat daerah (OPD) dan camat. (id28)

Update berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran favoritmu akses berita Waspada.id WhatsApp Channel dan Google News Pastikan Kamu sudah install aplikasi WhatsApp dan Google News.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE