Wabup Simalungun Rakor Peran TPPS Dalam Percepatan Penurunan Stunting

  • Bagikan
Wabup Simalungun Rakor Peran TPPS Dalam Percepatan Penurunan Stunting
Wabup Simalungun, H.Zonny Waldi didampingi Plt Kadis PPKB, Gimrod Sinaga, saat memimpin rapat koordinasi percepatan penurunan stunting.(Waspada/Ist)

SIMALUNGUN (Waspada): Bupati Simalungun diwakili Wakil Bupati H Zonny Waldi yang juga sebagai Ketua TPPS (Tim Percepatan Penurunan Stunting) membuka rapat koordinasi (Rakor) penguatan dan peran TPPS dalam Percepatan Stunting tingkat Kabupaten, berlangsung di ruang rapat Kantor Bupati Simalungun, Pematangraya, Kabupaten Simalungun, Senin (29/01/2024).

Rapat ini bertujuan untuk memetakan rencana tindak lanjut serta hal lain terkait percepatan penurunan stunting di wilayah Kabupaten Simalungun.

Dalam kesempatan itu, wakil bupati (Wabup) menyampaikan apresiasi kepada seluruh tim yang sangat kompak, solid dan juga atas capaian yang sudah didapat.

“Ada beberapa kekurangan yang perlu kita perbaiki, seperti penyempurnaan aspek kelembagaan yang belum sepenuhnya mendukung penurunan stunting terutama SOP seluruh dinas yang terlibat,” kata Zonny.

Wabup meminta agar diadakan rapat rutin terkait penurunan stunting dan juga evaluasi kinerja di tahun 2023 terkait penurunan stunting di Kabupaten Simalungun.

Sebelumnya Plt Kadis PPKB (Pendataan Penduduk dan Keluarga Berencana) Gimrod Sinaga menyampaikan, tim sudah terstruktur dan beberapa bidang perlu melakukan pendekatan terkait penurunan stunting.

“Kami laporkan bahwa, sudah dilaksanakan rembuk stunting desa dan akan dilaksanakan rembuk stunting kecamatan dan rembuk stunting kabupaten,” kata Gimrod.

Menurut Gimrod, Dinas PPKB adalah Sekretariat percepatan penurunan stunting, yang harus menerima laporan kegiatan percepatan penurunan stunting setiap OPD.

“Ini sangat diperlukan agar data by name by addres terutama data Balita Stunting dan Data Keluarga Beresiko Stunting diverifikasi kebenarannya atau diupdate,” ujar Gimrod.

Dalam rapat tersebut juga dipaparkan terkait upaya-upaya yang akan dilaksanakan dalam rangka percepatan penurunan stunting di wilayah Kabupaten Simalungun.(a27)

  • Bagikan