Wacana Naiknya BBM Dan Tarif Listrik, Puluhan Mahasiswa Unjukrasa Di Binjai

  • Bagikan

BINJAI (Waspada): Puluhan mahasiswa yang mengatasnamakan Pengurus Besar Himpunan Pelajar Mahasiswa Kota Rambutan (HIPAMAHKOTA) menggelar aksi unjukrasa damai di kantor Pemko Binjai dan Kantor DPRD Kota Binjai, Jumat (2/9).

Dalam aksi unjukrasa, tampak puluhan petugas dari Satpol PP, Dishub Binjai, Kodim 0203/Lkt, dan Polres Binjai, mengamankan aksi tersebut.

Pantauan waspada di lapangan dengan menggunakan alat pengeras suara (Toa) dan spanduk berukuran besar yang bertuliskan tuntutan mereka, para pengunjukrasa terus menyuarakan aksinya.

Puluhan pengunjuk rasa menolak kenaikan harga BBM. Kami diam selama ini bukan bodoh, kami bergerak hari ini karena jeritan rakyat, ucap mereka.

Ketua HIPAMAHKOTA Dodi Setiawan, dalam orasinya mengatakan, sehubungan dengan isu yang berkembang tentang kenaikan BBM dan perihal UU RKUHP yang tidak memihak kepada rakyat sehingga mengakibatkan kesenjangan terhadap masyarakat, maka kami menolak kenaikan harga BBM. Sebab menurutnya, berdasarkan wacana Pemerintah, BBM bersubsidi akan dinaikkan mencapai 30 persen.

“Oleh sebab itu, PB HIPAMAHKOTA menolak adanya kenaikan BBM bersubsidi karena kami menilai tidak tepat sasaran dan membuat kalangan kelas menengah dan kelas bawah, terdampak dengan kenaikan tersebut, mengingat rakyat Indonesia baru pulih dari Pandemi Covid,” ungkapnya.

Sedangkan terkait UU RKUHP yang kontroversi salah satunya adalah membahas pasal perpasal yang tidak memihak kepada masyarakat, lanjut Dodi, maka kami menilai perlu adanya pengkajian.

“Sedangkan terkait UU RKUHP, kami dengan tegas menolaknya,” ujarnya.

Tidak hanya itu, dengan membawa duplikat keranda, para pengunjukrasa juga menolak tarif listrik yang mahal yang diberlakukan Pemerintah, sehingga beban itu memberatkan masyarakat. “Pemerintah agar segera mencabut kebijakan tersebut,” demikian ungkap para pengunjukrasa.

Dalam unjukrasa tersebut, para mahasiswa juga menyerahkan pernyataan aksi kepada Pemko Binjai yang diterima oleh Sekdako, H Irwansyah Nasution. Setelah melakukan unjuk rasa damai dikantor Pemko Binjai puluhan mahasiswa tersebut melanjutka unjuk rasa di Kantor DPRD.(a03).

.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *