Wakil Bupati Simalungun Hadiri Rapat HLM TPID

  • Bagikan
Wabup Simalungun H.Zonny Waldi saat menghadiri Rakor HLM - TPID Kabupaten Simalungun, berlangsung di ruang rapat Bank Indonesia cabang Pematangsiantar, Sumut, Selasa.(19/03).(Waspada/ist).
Wabup Simalungun H.Zonny Waldi saat menghadiri Rakor HLM - TPID Kabupaten Simalungun, berlangsung di ruang rapat Bank Indonesia cabang Pematangsiantar, Sumut, Selasa.(19/03).(Waspada/ist).

SIMALUNGUN (Waspada): Bupati Simalungun diwakili Wakil Bupati H Zonny Waldi bersama tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) menghadiri rapat koordinasi (Rakor) High Level Meeting (HLM) TPID Kabupaten Simalungun, berlangsung di ruang rapat Bank Indonesia cabang Pematangsiantar, Sumut, Selasa.(19/03/2024).

Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati membacakan arahan tertulis Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga. Wakil Bupati menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) menyampaikan rasa syukur atas terselenggara Pemilu yang aman dan damai di Kabupaten Simalungun.

Hal ini terwujud berkat Koordinasi dan sinergitas yang baik Pemkab Simalungun dengan Forkopimda, instansi vertikal, stakeholder serta Masyarakat.

Wakil Bupati Simalungun Hadiri Rapat HLM TPID

” Setiap bulannya kita melaksanakan rapat pengendalian inflasi. Inflasi ini ibaratnya tensi, jika tensinya tinggi akan colabs, begitu juga dengan inflasinya tinggi itu akan sangat berdampak kepada pembangunan ekonomi,” kata Bupati

Disampaikan, fenomena menjelang bulan Ramadan dan Idul Fitri, permintaan masyarakat akan meningkat dan mengakibatkan kenaikan harga. Untuk itu, Wakil Bupati mengatakan, Rakor ini untuk membahas pengendalian inflasi pada hari besar keagamaan nasional yaitu bulan Ramadan dan Idul Fitri 1445H, dengan merancang dan menyepakati pola dan aksi dalam menjaga ketersedian, stabilitasi harga dan Kelancaran Distribusi.

Kepada seluruh tim dan instansi vertikal serta perangkat daerah, Wakil Bupati juga berharap agar melakukan langkah-langkah strategis responsif dan tepat sasaran dalam menyikapi potensi inflasi serta permasalahan yang muncul dalam bulan Ramadan dan Idul Fitri 1445H.

” Langkah-langkah antisipasi yang perlu kita lakukan adalah akan melakukan sidak pasar dan operasi pasar murah, menyusun prognosa neraca pangan daerah dan pemantauan bahan pokok,” kata Zonny Wwldi.

Selanjutnya, Wakil Bupati mengatakan, akan memetakan pola tanam, memastikan kelancaran distribusi dan arus transportasi, mengoptimalkan Pengelolaan keuangan dengan merealisasikan tunjangan hari raya atau gaji 13.

” Hal itu kita lakukan bersama instansi terkait. Dan kepada Dinas Kominfo agar lebih inovatif mengkomunikasikan kepada masyarakat agar bijak berbelanja,” pinta Wakil Bupati.

Sementara itu, kepala Perwakilan BI Cabang Pematangsiantar, Muqorobin menyampaikan, bahwa pihaknya mendukung pengendalian inflasi ini dan bergabung dengan tim pengendalian Inflasi Daerah.

” Data dari survei panel, harga dari badan Nasional hingga hari ini beberapa komoditas di Simalungun mengalami kenaikan, kondisi ini perlu di perhatikan ketersedian komoditas tersebut,” ujar Muqorobin.

Dalam rangka pengendalian Inflasi, Muqorobin mengatakan, diperlukan untuk melakukan operasi pasar murah, karena memiliki dampak penekanan harga.

Dalam Rakor tersebut, Wakapolres Simalungun Kompol Hendrik Situmorang menjelaskan tentang peran Polres Simalungun dalam pengendalian inflasi di Simalungun untuk pengamanan dan juga situasi Kamtibmas memegang peranan penting. Untuk itu akan dilakukan penindakan terhadap yang mengganggu ketertiban Kamtibmas.

Tampak hadir dalam rakor tersebut antara lain, Kajari diwakili Kasih Datun Yosep Antonius Manis, Dandim 0207/Sml diwakili Kapten Inf Muslimin Saragih, Staf Ahli Bupati Bidang Perekonomian dan Pembangunan Debora DPI Hutasoit, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ramadhani Purba, sejumlah Pejabat Tinggi Pratama dilingkungan Pemkab Simalungun, Kepala BPS Sawaluddin Naibaho, Kepala BULOG Sub Divre – II Pematangsiantar diwakili Asisten Manager Supplai Chain dan Pelayanan Publik, Pencius Siburian, dan undangan lainnya.(a27).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *