Warga Marancar Dukung Syahrul, SQ Dan Andesmar Dari Partai Golkar Di Pemilu 2024

  • Bagikan
Warga Marancar Dukung Syahrul, SQ Dan Andesmar Dari Partai Golkar Di Pemilu 2024

TAPSEL (Waspada): Meski hari pemungutan suara Pemilu Legislatif tahun 2024 baru akan digelar sekitar 14 bulan lagi, namun masyarakat Kecamatan Marancar, Kabupaten Tapanuli Selatan, telah menyatakan sikap tentang siapa calon yang akan didukungannya.

Warga Marancar Dukung Syahrul, SQ Dan Andesmar Dari Partai Golkar Di Pemilu 2024
Syahrul Pasaribu bersama Syamsul Qamar disambut secara adat oleh masyarakat Kecamatan Marancar, Kabupaten Tapanuli Selatan. (Waspada/Ist)

Untuk caleg DPR RI, mereka nyatakan kebulatan tekad mendukung Syahrul M. Pasaribu. Karena secara nyata di saat Syahrul menjabat Bupati Tapsel, pembangunan di Kecamatan Marancar maju pesat. Untuk DPRD Sumatera Utara mereka dukung Syamsul Qamar (SQ) dan ke DPRD Tapsel dukung Andesmar Siregar. Ketiga tokoh ini adalah kader Partai Golkar.

Hal itu dinyatakan ratusan warga yang antara lain tokoh masyarakat dan tokoh adat, pada saat menghadiri Reses I Tahun Sidang IV 2022-2023 anggota DPRD Sumut Syamsul Qamar di Desa Aek Nabara, Rabu (30/11/2022), Desa Sugi dan Desa Marancar Julu, Jum’at (2/12/2022).

Hadir di tiga desa itu, anggota DPRD Sumut Syamsul Qamar sengaja meminta mantan Bupati Tapsel dua periode Syahrul M. Pasaribu untuk mendampinginya. Mereka disambut penuh suka cita oleh warga dan tokoh masyarakat.

Di Desa Aek Nabara, Syahrul bersama SQ didampingi anggota Fraksi Partai Golkar DPRD Tapsel Andesmar Siregar, disambut dengan acara adat. Yakni dengan penyematan kain ulos Batak (diulosi) oleh tokoh adat Sakti Hutagalung dan Rasyid Hutagalung.

Di desa itu warga minta Jalan Provinsi menghubungkan desa mereka dengan Tanjung Dolok yang sering longsor dapat ditangani,. Sejak Syahrul tidak Bupati Tapsel lagi jalan itu kurang perhatian. Mereka juga bermohon agar bantuan pembangunan masjid.

Merenspon itu, Syamsul Qamar akan membicarakannya dengan Kadis Bina Marga Provsu dan mudah-mudahan tahun 2023 sudah dapat ditangani. Sedangkan untuk masjid akan diupayakannya melaui Bansos atau Hibah, dan meminta warga segera buat proposalnya.

Di Dusun Sugi Julu Desa Sugi, kehadiran Syahrul dan SQ didampingi anggota Fraksi Partai Golkar DPRD Tapsel Muhammad Rawi Ritonga juga disambut secara adat.

Mereka diulosi oleh warga dan tokoh masyarakat yang diwakili Riza Pakpahan, Jasrin Pakpahan, Abdul Soleh Simamora dan Taufik Siagian.

Plt. Kepala Desa Sugi Nelson Siagian mengucapkan selamat datang dan sekaligus berterimakasih. Sebab, anggota DPRD Sumut Syamsul Qamar telah memilih desanya sebagai lokasi pelaksanaan reses. Apalagi datang dengan Syahrul Pasaribu tokoh pembangunan Marancar dan Tapsel.

Diharapnya, reses ini membawa banyak perubahan dan kemajuan bagi Desa Sugi sekitarnya. Kepada ratusan warga yang hadir, dimintanya untuk mengikuti kegiatan dengan seksama dan jangan sungkan mengutarakan harapan serta permintaan.

Senada dikatakan tokoh masyarakat Muhammad Irfan Pakpahan. Katanya, Syamsul Qamar sudah lama dikenal dan mengenal Marancar. Maka tidak heran jika pada pencalegan Pemilu 2019 yang lalu menjadi peraih suara terbanyak untuk tingkat provinsi di kecamatan itu.

“Pada masa reses ini beliau fokus di Tapsel. Dari 10 lokasi kegiatan, tiga di antaranya berada di Marancar. Bukti pak SQ ingat sejarah dan tidak lupa kacang pada kulitnya,” jelas Irfan.

Demikian juga dengan Syahrul M. Pasaribu. Bupati Tapsel periode 2010-2015 dan 2016-2022 yang juga Wakil Ketua Dewan Pertimbangan DPD Partai Golkar Sumut ini merupakan putra daerah Marancar.

“Kita sudah melihat dan merasakan hasil pembangunan di Tapsel, khususnya di Marancar, yang diperjuangkan beliau saat tiga periode anggota DPRD Sumut dan dua periode Bupati Tapsel. Kecamatan ini sudah relatif lebih maju dibanding kecamatan lainnya di Tapsel,” terangnya.

Bahkan, meski tidak Bupati Tapsel lagi namun tetap memperjuangkan pembangunan ke Marancar seperti program bedah rumah. Demikian juga pembangunan Jalan Provinsi,.

Pada saat menjabat Bupati Tapsel, Syahrul berhasil memperjuangkan Marancar menjadi Kecamatan Terbaik se-Sumatera Utara tahun 2017. Memperjuangkan Komunitas Hatabosi bersama stakeholders lainnya untuk mendapatkan penghargaan Kalpataru tahun 2020.

Warga Marancar Dukung Syahrul, SQ Dan Andesmar Dari Partai Golkar Di Pemilu 2024

Syamsul Qamar yang merupakan Ketua Fraksi Partai Golkar dan Ketua Komisi E DPRD Sumut mengatakan, reses bertujuan untuk bertemu langsung dan menyerap aspirasi konstituen di Daerah Pemilihan (Dapil) Sumut 7.

“Kenapa fokus di Tapsel ? Karena pada Pileg 2019 hasil perolehan suara saya lebih banyak di Tapsel. Kemudia dari 15 kecamatan se Tapsel, persentase suara saya paling tinggi di Kecamatan Marancar,” jelas SQ.

Diterangkannya, perolehan suara di Dapil 7 pada Pileg 2019 sekitar 23.500 suara dan 14.500 di antaranya berasal dari Tapsel. Kemudian dari 5.406 suara sah Pileg se Kecamatan Marancar, Golkar meraih 2.531 suara atau 46,82persen. Syamsul Qamar meraih 1.891 suara atau 74,71 persen dari suara Golkar itu.

“Saya sengaja minta Bapak Pembangunan Tapsel yaitu Bupati dua periode Syahrul Pasaribu ikut dalam reses ini. Selain mengobati rasa rindu rakyat ke pemimpinnya, juga agar reses ini lebih bermakna. Beliau kenal betul seluk beluk Tapsel apalagi Marancar ini,” ujar Syamsul

Wakil Ketua Bidang Organisasi Partai Golkar Sumut ini mengakui, banyak pembangunan yang telah diwujudkan Syahrul Pasaribu di Tapsel. Sehingga Tapsel sudah berobah dan lebih maju dibanding daerah lainnya.

Sementara Syahrul M. Pasaribu pada kesempatan itu mengatakan, sejak pertama ia terpilih menjabat Bupati Tapsel, Syamsul Qamar telah banyak membantunya. Seperti membenahi BUMD dan mereka diawal memiliki komitmen untuk bersama-sama membangun Tapsel.

Kepada Syamsul Qamar, diminta Syahrul agar maksimal memperjuangkan aspirasi yang diserap pada reses ini. Termasuk perawatan Jalan Provinsi ruas Sipenggeng – Marancar – Sipirok yang diperjuangkannya sejak tahun 2006 ketika anggota DPRD Sumut.

Tahun 2012 ketika menjabat Bupati Tapsel periode pertama, barulah status jalan kabupaten itu berhasil diperjuangkannya menjadi Jalan Provinsi. Tak lupa putra daerah Marancar itu berterimakasih ke SQ, rekannya di Golkar yang tidak lupa sejarah dan apalagi melupakan warga yang mendukungnya pada Pileg 2019.

Terkait pembangunan yang telah terwujud selama 10 tahun ia menjabat Bupati Tapsel, Syahrul yang kini Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Partai Golkar Sumut itu mengatakan, biarlan rakyat dan bumi Tapsel yang menilainya.

Mengenai pola pembangunan Tapsel dan khususnya Marancar, politisi Partai Golkar ini menerapkan pola pembangunan yang partisipatif dan kolaboratif dengan semua stakeholders termasuk dengan pemerintah atasan di provinsi dan pusat.

“Kepala daerah itu disamping harus bisa menjalin dan menjaga hubungan baik dengan Forkopimda dan DPRD, juga harus bisa menjalin hubungan dengan pemerintah atasan. Sehingga bisa saling bersinergi untuk melakukan akselerasi percepatan pembangunan daerah yang dipimpinnya,” pesan Pendiri dan Ketua Dewan Pakar BKMT Tapsel ini.

Di hari yang sama setelah sholat Jum’at, Syamsul Qamar meneruskan reses ke Marancar Julu yang dipusatkan di balairung Poken Arba dan dihadiri sekitar 300 orang. Di tempat itu mereka juga disambut dengan adat dengan penyematan ulos.

Tokoh adat diwakili Umri Siregar dan Kali Rajo Siregar, berterimakasih kepada Syamsul Qamar yang memilih reses di Marancar Julu. Apalagi datang bersama Syahrul Pasaribu Bupati Tapsel 2010 -2015 dan 2016 -2021 putra Marancar yang secara nyata berhasil membangunan Marancar pada khususnya dan Tapsel pada umumnya.

Umri dan Kali Rajo Siregar menyatakan siap mendukung Syahrul menjadi anggota DPR RI dan Syamsul Qamar anggota DPRD Sumut di Pemilu 2024. Warga mengamini itu dan sekaligus minta Jalan Provinsi menuju Sipirok, khususnya sekitar Aek Nabara, diperhatikan serta masjid Poken Arba dapat dibantu.

Atas dukungan masyarakat, SQ berterimakasih dan sekaligus menjawab harapan masyarakat tentang Jalan Provinsi itu. “Segera saya koordinasi dengan Bina Marga Sumut. Untuk masjid akan diupayakan melalui hibah di tahun mendatang,” ucapnya

Warga Marancar Dukung Syahrul, SQ Dan Andesmar Dari Partai Golkar Di Pemilu 2024

Syahrul Pasaribu haru atas sambutan masyarakat dan mengucapkan terimakasih. Apalagi yang mangulosinya sebagian besar adalah jajaran moranya yang merupakan tokoh adat di daerah itu. Dia minta suasana Dalihan Natolu ini hendaknya tetap dijaga dengan baik.

Tentang ungkapan tokoh masyarakat dan tokoh adat atas keberhasilannya membangun Tapsel khususnya Marancar, ia ucapkan terimakasih.

“Kalianlah yang menjadi saksi dan menilainya, karena kalian jugalah yang merasakannya. Siilaturrahmi yang sudah terjalin baik selama ini, tolong dipertahankan dan jangan mau dipecah belah siapapun,” pintanya.

Acara reses diakhiri pemberian bantuan rehab rumah almarhum Jansen Pasaribu (Mantari Bondar Hatabosi) sebesar Rp20 juta oleh kader Golkar, Syahrul Pasaribu, Syamsul Qamar, Andesmar Siregar dan Rawi Ritonga. Diterima putrinya Betty Pasaribu disaksikan Kepala Desa Haunatas Latulanda Hadamean Pasaribu.

Turut hadir di acara itu Plt. Kepala Desa Marancar Julu, Mantari Bondar Hatabosi Pardomuan Pasaribu, perwakilan masyarakat Hatabosi yaitu Hasidan Pasaribu dari Tanjung Rompa dan Horas Pasaribu dari Bonan Dolok/Siranap para ulama dan tokoh masyarakat. (a05)

  • Bagikan