Advertorial

TelkomGroup Ikut Kirimkan Relawan dan Bantuan Kemanusiaan untuk Penanganan Bencana di Aceh

TelkomGroup Ikut Kirimkan Relawan dan Bantuan Kemanusiaan untuk Penanganan Bencana di Aceh
General Manager Telkom Wilayah Sumut, Agung Tri Cahyono, bersama Relawan BUMN Peduli, saat Apel Kesiapan Relawan BUMN Peduli, Jumat (19/12). Waspada/Yuni Naibaho
Kecil Besar
14px

MEDAN (Waspada) TelkomGroup semangatnya bersinergi dengan BUMN lain di bawah orkestrasi Danantara, tanggap dan peduli terhadap penanganan bencana Sumatra. Hal ini diwujudkan dalam apel kesiapan relawan BUMN Peduli dan pelepasan truk-truk pengangkut bantuan menuju ke daerah tujuan terdampak bencana dan posko, Jumat (19/12) di Bandara Kualanamu Deli Serdang.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

IKLAN

Dalam kegiatan Apel Kesiapan Relawan BUMN Peduli tersebut, TelkomGroup menyerahkan 75.000 liter air bersih, perlengkapan bayi dan anak sebesar 1 ton, tujuan ke Aceh Timur dan Aceh Tamiang.

General Manager Telkom Wilayah Sumut, Agung Tri Cahyono, mengatakan, pihaknya juga mengirimkan sebanyak 118 orang relawan ke Aceh Timur dan Aceh Tamiang.

“Bantuan yang TelkomGroup berikan ini akan langsung ke desa-desa yakni 5 desa di Aceh Timur dan 5 desa di Aceh Tamiang. Sehingga diharapkan bantuan-bantuan tersebut dapat langsung ke tepat sasaran,” ujarnya kepada wartawan.

Menurut Agung Tri Cahyono, bantuan yang diberikan TelkomGroup saat ini bukan pertama kalinya, namun telah memberikan seluruh kemampuan membantu masyarakat di wilayah-wilayah Aceh yang berdampak bencana.

Dirincikan, Telkom bersama anak perusahaan TelkomGroup hingga Sabtu (13/12) telah berhasil mengaktifkan kantor Sentral Telepon Otomat (STO) Telkom di tiga provinsi yakni Aceh, Sumatra Utara dan Sumatra Barat pasca bencana longsor dan banjir bandang.

Saat ini, TelkomGroup akan berfokus pada langkah pemulihan selanjutnya yakni pengaktifan kembali beberapa titik base transceiver station (BTS). Di wilayah Sumatra Utara dan Sumatra Barat, sebesar 90% BTS milik TelkomGroup telah aktif, sedangkan di wilayah Aceh masih menjadi perhatian utama dengan jumlah recovery aktif sebanyak 50%.

Telkom saat ini tengah mengupayakan secara maksimal proses pemulihan BTS dengan mengerahkan seluruh resources yang ada di TelkomGroup, tidak hanya dari Telkomsel tapi juga mengerahkan sumber daya dari semua anak usaha guna mempercepat pengaktifan BTS yang masih mengalami gangguan.

“Telkom berupaya memprioritaskan perbaikan layanan kepada pelanggan. Kami coba me-recovery services kepada customer lebih dahulu, ini prioritas utama Telkom,” katanya.

TelkomGroup berkomitmen untuk dapat menambahkan posko layanan internet dan charger gratis guna memastikan kebutuhan masyarakat akan akses telekomunikasi digital tetap terpenuhi selama proses pemulihan seluruh infrastruktur berlangsung.

Selain itu, TelkomGroup juga telah menyalurkan bantuan kemanusiaan dan aktifkan 13 titik internet satelit di wilayah terdampak bencana di Aceh, Sumatra Utara, dan Sumatra Barat yang mencakup bantuan konektivitas dan kemanusiaan. Penyaluran ini akan terus dilanjutkan dengan terkoordinasi sesuai dengan kebutuhan pengungsi serta ketersedian logistik di lapangan.

Hingga Senin (15/12), bantuan yang sudah tersalurkan kepada masyarakat terdampak oleh TelkomGroup mencapai total nilai Rp2,311 miliar. Penyaluran dilakukan melalui koordinasi dengan pemerintah daerah, BPBD Provinsi, tokoh masyarakat, pengurus tempat ibadah, relawan, rumah sakit dan layanan publik, serta posko pengungsian, agar bantuan tepat sasaran dan dapat menjangkau seluruh wilayah yang masih sulit untuk diakses.

Distribusi bantuan kemanusiaan dan logistik berupa bahan makanan sembako, obat-obatan, logistik, pakaian layak pakai, hingga pembangunan dapur umum saat ini tercatat telah dimanfaatkan oleh lebih dari 25 lokasi dan titik pengungsian yang tersebar di Aceh, Sumatra Utara, dan Sumatra Barat.

Selain bantuan logistik, TelkomGroup juga menghadirkan dukungan konektivitas digital melalui penyediaan internet satelit dari PT Telkom Satelit Indonesia (Telkomsat) sejak terjadinya bencana.

Layanan internet satelit Telkomsat dipasang di 13 lokasi terdampak, yang terdiri dari 6 titik lokasi di Aceh, 5 lokasi di Sumatra Utara, dan 2 lokasi di Sumatra Barat. Penyebaran titik pusat konektivitas darurat yang didukung oleh satelit Telkomsat difokuskan dengan prioritas wilayah terdampak yang membutuhkan dukungan konektivitas lebih tinggi.

Kehadiran layanan internet satelit ini ditujukan untuk mendukung koordinasi penanganan bencana, operasional posko pengungsian, serta kelancaran komunikasi bagi seluruh masyarakat, relawan, dan pihak lainnya.

“Penanganan bencana membutuhkan dukungan lintas fungsi yang bergerak cepat dan terkoordinasi. Melalui sinergi antara perusahaan, pemerintah, dan masyarakat, TelkomGroup berkomitmen menghadirkan aksi kemanusiaan yang relevan, nyata, dan berkelanjutan bagi warga terdampak bencana. Semoga cobaan ini dapat segera teratasi dan seluruh bantuan yang diberikan TelkomGroup dapat bermanfaat bagi masyarakat di wilayah berdampak bencana,” tutur Agung Tri Cahyono.

Sebelumnya dalam arahan Apel Kesiapan Relawan BUMN Peduli, Chief Operating Officer Danantara Indonesia sekaligus Kepala Badan BP BUMN, Dony Oskaria, menyampaikan apresiasi kepada para relawan dan insan BUMN yang terlibat langsung dalam penanganan bencana, serta kepada perusahaan-perusahaan BUMN yang memastikan layanan dasar tetap berjalan di wilayah terdampak.

“Saya merasa bangga melihat lebih dari seribu karyawan BUMN yang bersedia turun langsung sebagai relawan untuk membantu masyarakat terdampak. Di saat yang sama, saya mengapresiasi kerja keras rekan-rekan BUMN yang terus memastikan layanan dasar tetap berjalan bagi masyarakat di wilayah terdampak,” ungkapnya.

Seluruh bantuan akan terus disalurkan dengan mengedepankan koordinasi bersama pemerintah daerah dan pemangku kepentingan terkait, agar penanganan darurat dan pemulihan pascabencana dapat berjalan tertib dan berkelanjutan. (m31)

Update berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran favoritmu akses berita Waspada.id WhatsApp Channel dan Google News Pastikan Kamu sudah install aplikasi WhatsApp dan Google News.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE