Mobil Mewah Jadi Hadiah Impian Mayoritas Responden

Penelitian Danamon

  • Bagikan
Mobil Mewah Jadi Hadiah Impian Mayoritas Responden

JAKARTA (Waspada): Sebuah penelitian yang dilakukan PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) bekerja sama dengan Jakpat, belum lama ini, menyebutkan adanya ketertarikan masyarakat Indonesia pada pilihan program undian berhadiah yang diadakan oleh perbankan di Indonesi

Penelitian ini dilakukan khusus untuk mengetahui lebih dalam pada minat dan pilihan masyarakat terhadap program undian berhadiah yang diadakan oleh perbankan di Indonesia.

Penelitian yang bertemakan “Program Undian Berhadiah Perbankan” ini dilaksanakan kepada lebih dari seribu responden di hampir seluruh daerah di Indonesia diantaranya
Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, DI Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan, Sulawesi dan Maluku.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, Danamon dan Jakpat mendapatkan beberapa temuan menarik.

“Secara keseluruhan, para responden memberikan nilai ketertarikan terhadap program undian berhadiah dengan rata-rata nilai sebesar 3,83 dari 5,”ujar Consumer Funding Business Head, PT Bank Danamon Indonesia, Ivan Jaya dalam keterangannya di Jakarta, Senin (10/7/2023).

Sebanyak 30 persen responden atay mayoritas menyatakan hadiah impian adalah mobil mewah. Kemudian 7 persen responden mengharapkan point reward dan cashback. Sementara sisanya, yakni 6 persen mengharapkan uang tunai atau voucher belanja.

Penyebabnya ada beberapa. Diantaranya adalah wilayah tempat tinggal. Responden di wilayah Sumatera, DI Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku lebih menyukai bentuk hadiah bernilai besar seperti mobil, emas, ataupun voucher belanja. Responden juga cenderung memilih program undian berhadiah yang dilakukan setiap tiga bulan sekali sehingga peluang menang mereka lebih besar.

Selain itu, 82 persen responden penelitian menyatakan telah mengetahui dan terbiasa dengan program undian berhadiah dari perbankan. Sementara, 18 persen dari responden yang telah mengetahui dan terbiasa dengan program undian berhadiah dari perbankan, menyatakan sudah familiar dengan program undian berhadiah bank ketika mereka membuka rekening tabungan.

Berdasarkan domisili, masyarakat yang memiliki tingkat familiar tinggi terhadap program undian berhadiah perbankan ialah Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku, mencapai 93% responden. Selanjutnya diikuti Banten dan Jawa Barat, yakni 78% responden, serta DKI Jakarta dan sekitarnya yakni 73% responden.

Tak kurang dari 64 persen responden mengaku alasan utama menyukai program undian berhadiah adalah untuk mencoba keberuntungan mendapatkan hadiah yang ditawarkan. Sedangkan 38% responden menyatakan menyukai program undian karena rasa penasaran dan keseruan yang ditawarkan dari program.

Kendati demikian, 57 persen responden menyatakan bahwa menang atau kalah, tidak menjadi masalah (nothing too loose), setidaknya mereka masih bisa melakukan kegiatan menabung.

Sebanyak 54 persen responden menyatakan menyukai program undian dengan periode waktu pengundian yang lebih banyak atau yang diadakan setiap per tiga bulan dengan tawaran hadiah yang lebih besar.

“Hasil penelitian Danamon dan Jakpat inilah yang menjadi gagasan dasar inisiatif program terbaru “Danamon Hadiah Beruntun” yang bertujuan untuk menjawab kebutuhan nasabah. Program ini juga ditujukan untuk memberikan kepuasan dan kesempatan menang lebih besar bagi para nasabah Danamon,” pungkas Ivan. (J02)

  • Bagikan