Yahfin Yakin Bobby Sosok Tepat Pimpin PASI Sumut

  • Bagikan

MEDAN (Waspada): Kabar bersedianya Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution menjadi Ketua Pengprov PASI (Persatuan Atletik Seluruh Indonesia) Sumatera Utara, disambut gembira oleh sesepuh atletik Haji Yahfin Siregar.

Mantan Ketua Umum PASI Sumut era 1980-an hingga awal 1990-an melalui anak didiknya H Irwan Pulungan SSos itu, Minggu (9/1) bahkan menyebutkan, yakin Bobby Nasution sosok tepat memimpin PASI Sumut.

“Saya optimis, sentuhan-sentuhan Bobby nantinya akan membuat atletik Sumut lebih bergairah,” ucap mantan Dirut BPDSU (Bank Sumut-red) tersebut.

“Karenanya para insan atletik Sumut juga diharapkan tetap kompak. Beri masukan-masukan yang nantinya menjadi program andalan untuk peningkatan prestasi Sumut,” pinta Yahfin.

Dia optimis sosok muda, energik dan milenial yang melekat pada diri Bobby, dapat membuat PASI Sumut akan semakin bersinar dan berkibar. Perolehan medali atletik Sumut di PON XXI Aceh-Sumut 2024 nantinya pun bakal meningkat dibanding PON XX Papua 2021.

“Inshaa Allah, Bobby memang calon yang tepat untuk memimpin PASI Sumut. Saya mendukung,” klaim Yahfin.

Menurutnya, mengurus atletik memang tidak gampang. Tapi bukan berarti tidak bisa, bahkan ada kenikmatan yang terkadang tidak bisa dilukiskan dengan kata-kata.

Dia pun bersyukur, karena pernah membina atletik bersama Almarhum Parabian Nainggolan, Alm Petak Sitepu, Alm Buchari Karim, Alm Awang Papilaya, Alm Amarjit Singh, serta Chairul Azmi Hutasuhut.

“Saat itu banyak lahir atlet potensial, bahkan ada yang menjadi tulang punggung Timnas Atletik Indonesia,” kenang Yahfin.

Di antara atlet berprestasi binaan mereka adalah Mardi Lestari, Hj Suryati, Parluatan Siregar, dr Teren MKes,  Hj Jamilah, H Irwan Pulungan SSos, Tji Pik,  Datuk Bendaharo, Agustiningsih,  Septiana Sialoho, Nova Siregar dan lainnya.

Salah satu upaya yang dilakukannya untuk lebih memotivasi anak didiknya antara lain sering mendatangi tempat latihan. Bahkan turun bersama atlet di lintasan, seakan-akan ingin ikut berlari (berlatih).

“Jika melakukan rangkaian tugas perbankan di kabupaten/kota di Sumut, saya kerap membawa dan memperkenalkan atlet-atlet berprestasi. Ini merupakan strategi memancing dan menjaring potensi-potensi atlet dari daerah,” jelas Yahfin.

Dia percaya, jika amanah menjadi orang nomor satu PASI Sumut diberikan kepada Bobby Nasution, berbagai langkah terbaik untuk atletik pasti akan dilakukan menantu Presiden Jokowi itu.

“Hal penting untuk diperhatikan adalah memberi pekerjaan dan penghargaan  kepada atlet-atlet berprestasi agar mereka lebih termotivasi dan fokus berlatih,” tegasnya.

Yahfin menaruh harapan besar, PASI Sumut diketuai Bobby Nasution bakal memiliki sarana prasarana lebih banyak dan lebih baik. Termasuk lintasan tartan yang menjadi keunggulan atletik di Pulau Jawa, karena menyebar di berbagai kota/kabupaten.

“Saya rasa wajar jugalah Medan sebagai ibukota Sumut, memiliki Stadion Atletik. Hal ini sudah pasti akan sangat mendukung upaya percepatan peningkatana prestasi,” pungkasnya. (m18)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *