Sumut

Daftar Nama Puskesmas Di Pematangsiantar Raih Nilai Tertinggi

Daftar Nama Puskesmas Di Pematangsiantar Raih Nilai Tertinggi
Wali Kota Wesly serahkan piagam penghargaan pada salah satu perwakilan puskesmas. (Waspada.id/Diskominfosiantar)
Kecil Besar
14px

PEMATANGSIANTAR (Waspada.id): Wali Kota Pematangsiantar, Wesly Silalahi serahkan piagam penghargaan kepada lima Puskesmas dengan nilai tertinggi hasil Penilaian Mandiri Penyelenggaraan Pelayanan Publik, Selasa (16/12/2025).

Kelima Puskesmas itu yakni Puskesmas Raya (peringkat pertama), Kartini (peringkat kedua), Rami (peringkat ketiga), Gurilla (peringkat keempat) dan Bah Kapul (peringkat kelima).

Scroll Untuk Lanjut Membaca

IKLAN

Wesly menyebut puskesmas merupakan organisasi penyelenggaran pelayanan publik yang memberikan pelayanan berupa jasa pelayanan di bidang kesehatan. Dia menginstruksikan seluruh puskesmas untuk dapat memperhatikan dan menjaga kualitas pelayanan yang diberikan kepada masyarakat.

Dikatakan, puskesmas adalah salah satu ujung tombak dalam hal pelayanan publik yang mendukung terciptanya Kota Pematangsiantar yang sehat sesuai visi kedua Pemko Pematangsiantar.

Wesly juga meminta kepada Kepala Puskesmas (Kapus) untuk dapat menyosialisasikan nomor atau kontak pengaduan masyarakat dan menindaklanjuti setiap pengaduan yang masuk secara berkala serta menjadikan pengaduan tersebut sebagai bahan evaluasi atau perbaikan pelayanan.

“Kiranya kualitas pelayanan publik pada lima puskesmas tersebut dapat dipertahankan dan ditingkatkan,” kata Wesly.

Kepada Kapus lainnya, ia mengimbau agar melakukan evaluasi terhadap pemenuhan indikator pelayanan publik yang telah diberikan. Wesly mengajak seluruh Kapus untuk melayani masyarakat Kota Pematangsiantar dengan tulus, ikhlas, dan penuh empati.

“Semoga pertemuan ini memberikan kontribusi untuk mewujudkan pelayanan publik yang lebih baik,” kata dia mengakhiri.

Sementara itu, Kabag Organisasi dan Tata Laksana (Orta) Setdako Pematangsiantar Jupiter Sitepu dalam laporannya menyampaikan Pemko Pematangsiantar melalui Bagian Orta bersama Inspektorat melaksanakan kegiatan penilaian mandiri penyelenggaraan pelayanan publik terhadap puskesmas sebagai lokus tahun 2025.

Kegiatan dilakukan sebagai mekanisme internal untuk menilai tingkat pemenuhan standar pelayanan publik sesuai peraturan perundang-undangan, sekaligus sebagai dasar penyusunan rekomendasi perbaikan pelayanan.

Jupiter sebut, maksud dan tujuan kegiatan ini yakni meningkatkan kualitas pelayanan pada puskesmas di lingkungan Kota Pematangsiantar, mengidentifikasi tingkat pemenuhan standar pelayanan publik serta kelengkapan bukti dukung, mengetahui aspek pelayanan yang sudah baik dan area yang perlu ditingkatkan serta menjadi dasar penyusunan rencana perbaikan pelayanan secara berkelanjutan.

Ruang lingkup penilaian mandiri dilakukan pada puskesmas lokus tahun 2025 dengan penilaian kebijakan pelayanan, profesionalisme SDM, sarana dan prasarana, sistem informasi pelayanan publik, konsultasi dan pengaduan, metodologi pelaksanaan, pengumpulan bukti dukung dilakukan oleh masing-masing puskesmas sesuai unsur pemenuhan pada kertas kerja dan verifikasi administratif.

“Tim memeriksa kesesuaian bukti dukung terhadap indikator, verifikasi lapangan peninjauan langsung untuk mengecek kebenaran data dan implementasi, penilaian dan pembobotan nilai penilaian dilakukan sesuai instrumen resmi penilaian mandiri, rekapitulasi dan validasi nilai tim melakukan rapat validasi untuk menetapkan nilai akhir masing-masing puskesmas,” ucapnya menerangkan. (Ata)

Update berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran favoritmu akses berita Waspada.id WhatsApp Channel dan Google News Pastikan Kamu sudah install aplikasi WhatsApp dan Google News.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE