Antisipasi Dampak Banjir Di Palas, 8.380 Meter Sungai Dinormalisasi

  • Bagikan
Dinas PU Palas Bidang Pengairan saat melakukan normalisasi di sungai Siabu, tepatnya di Desa Gunung Barani Kecamatan Barumun Selatan. (Waspada/Ist)
Dinas PU Palas Bidang Pengairan saat melakukan normalisasi di sungai Siabu, tepatnya di Desa Gunung Barani Kecamatan Barumun Selatan. (Waspada/Ist)

PADANG LAWAS (Waspada): Dalam rangka mengantisipasi dampak banjir, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padanglawas (Palas) melalui Dinas PU telah melakukan normalisasi 8.380 meter sungai di wilayah Kabupaten Padanglawas.

Demikian Plt. Kepala Dinas PU Palas, Ir. Amirhan Hasibuan, ST, MT bersama Kabid Pengairan, Ir. Ade Martua, ST, MM kepada Waspada, Senin (5/2).

Menyusul banyaknya yang terdampak akibat banjir dan meluapnya sejumlah sungai di beberapa wilayah di Kabupaten Padanglawas belakangan ini. Bahkan ratusan hektar sawah rusak dan ratusan KK mengalami kerugian akibat terdampak banjir.

Untuk mengantisipasi hal serupa terulang, Pemkab Palas melalui Dinas PU Bidang Pengairan melakukan normalisasi sungai di 15 titik lokasi dengan panjang lebih kurang 8.380 meter, termasuk di sungai Barumun, Batang Taris, Sosa, Siabu, sungai Sutam dan sungai/Aekjorbing di Kecamatan Ulu Barumun.

Normalisasi sungai itu dilakukan di titik-titik yang rawan terdampak, terutama aliran sungai yang berdekatan dengan daerah pemukiman masyarakat. Sehingga jika memasuki musim hujan berikutnya, dampaknya tidak begitu luas dan tidak separah yang terjadi belakangan, karena sudah dilakukan normalisasi.

Namun begitu, Dinas PU Palas telah mengusulkan bantuan penanggulangan banjir ke pemerintah pusat melalui Balai Wilayah Sungai (BWS) II Medan, katanya.(a30/B)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *