Dosen STIT Al Washliyah Kota Binjai Pelatihan Kompetensi Dan Profesionalisme Dosen

  • Bagikan
Dosen STIT Al Washliyah Kota Binjai Pelatihan Kompetensi Dan Profesionalisme Dosen
Peserta kegiatan pelatihan kompetensi foto bersama.Waspada/Ist

BINJAI (Waspada): Dosen STIT Al Washliyah Kota Binjai mengikuti Pelatihan membangun kompetensi dan profesionalisme dosen Perguruan Tinggi Al Washliyah.

Kegiatan yang dibuka secara resmi Ketua Umum Pengurus Besar Al Jam’yatul Washliyah Dr. KH. Masyhuril Khamis, SH, MM dilaksanakan Majelis Pendidikan Pengurus Besar Al Washliyah itu diadakan selama tiga hari mulai 11-13 Maret 2023 di Hotel Balairung Matraman, Jakarta.

Perwakilan dari STIT Al Washliyah sebanyak 3 orang, yaitu Irhamuddin, MA (Waka.I), Syamsiah Nst, S.Ag, MA (Ketua LPM) dan T. Khazinatul Asrariah ( Ka. Prodi PIAUD)

Melalui pelatihan kompetensi dan profesionalisme dosen diharapkan para dosen Al Washliyah rajin menulis dan meneliti. Hasil tulisan tersebut bisa dipublikasikan ke jurnal ilmiah nasional maupun internasional. Hal ini sesuai yang disampaikan Ketum PB Al Washliyah Kiyai Masyhuril Khamis saat membuka acara.

Menurutnya banyak karya tulis yang dihasilkan para dosen di Al Washliyah, namun belum dipublikasikan. Melalui kegiatan ini nantinya bisa diupdate dan dipublikasikan.

“Banyak tulisan dari dosen kita yang belum di update dan belum dipublikasikan,” katanya di hadapan puluhan dosen yang hadir dalam acara tersebut.

Melalui kegiatan pelatihan ini diharapkan karya tulis para dosen bisa dipublikasikan di jurnal-jurnal yang bereputasi.

“Kegiatan ini harus ada target, misalnya harus ada yang dipublikasikan karya dari masing-masing kampus,” harapnya. Bahkan beliau menjanjikan hadiah bagi kampus Al Washliyah yang paling banyak mempublikasikan karyanya.

Sementara itu Ketua Majelis Pendidikan PB Al Washliyah H. Ridwan Tanjung, M.Si mengatakan, kegiatan pelatihan dilakukan agar budaya menulis ilmiyah dosen-dosen Al Washliyah mulai membudaya. Dari data yang ada, perguruan tinggi yang dimiliki Al Washliyah masih tertinggal dari kampus lain terkait publikasi jurnal ilmiyah. Hal ini menjadi tantangan bagi para dosen Al Washliyah untuk rajin menulis ilmiah.

Sedangkan Ketua Panitia Pelaksana Pelatihan M. Razvi Lubis mengatakan bahwa kegiatan ini hanya sebagai pemicu saja. Setelah kegiatan ini diharapkan dosen-dosen Al Washliyah melanjutkan ilmu yang didapat dari kegiatan ini di kampus masing-masing.

Menurutnya acara pelatihan membangun kompetensi dan profesionalisme dosen Perguruan Tinggi Al Washliyah Angkatan Pertama ini diikuti dua puluh empat peserta dari tujuh perguruan tinggi Al Washliyah. “Ada tujuh perguruan tinggi yang mengirimkan peserta yaitu Univa Medan, Univa Labuhanbatu, UMN Al Washliyah, STIE Sibolga/Tapteng, STIT Al Washliyah Binjai, STIT Al Washliyah Aceh Tengah dan STKIP Al Washliyah Banda Aceh,” terangnya di tempat acara.

Peserta kegiatan pelatihan memberikan apresiasi yang sangat baik pada kegiatan ini. Isma Saragih (Wakil Ketua II)salah seorang peserta mewakili STIT Al Washliyah Aceh Tengah.

“Saya sangat senang mengikuti pelatihan ini karena begitu banyak ilmu pengetahuan dan wawasan yang saya dapatkan. Selain itu dapat bersilaturrahim dengan teman-teman yang dari Sumut maupun propinsi lain,” ujar Isma.

Selanjutnya peserta dari Perguruan Tinggi yang lain juga sangat menyambut baik kegiatan ini. Semua berharap Perguruan Tinggi di bawah naungan Al Washliyah dapat maju dan jaya.(m22)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *