Event Ujung Barat Festival, Perhelatan Akbar Di Akhir Tahun 2023

  • Bagikan
Event Ujung Barat Festival, Perhelatan Akbar Di Akhir Tahun 2023

SABANG (Waspada): Event Ujung Barat Festival 2023 menjadi perhelatan akbar terbaik di penghujung tahun 2023. Kegiatan yang berlangsung sejak 19-21 Desember 2023 di kawasan wisata Sabang Fair tersebut juga berdampak positif bagi peningkatan ekonomi para pelaku UMKM.

Acara yang diinisiasi Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata tersebut, ditutup oleh Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi, Kamis (21/12).

Pj Wali Kota Sabang mengatakan, event atau festival seperti ini, sangat berdampak positif bagi masyarakat. Manfaat yang dirasakan masyarakat, seperti dampak positif dari sektor ekonomi, pelestarian seni dan nilai budaya, serta menjadi ajang edukasi bagi masyarakat untuk saling belajar dan bersilaturahmi.

Event Ujung Barat Festival, Perhelatan Akbar Di Akhir Tahun 2023

“Alhamdulillah, cuaca hari ini sangat mendukung, masyarakat juga senang dan sangat antusias. Sabang sangat butuh sekali event, dengan adanya festival atau event seperti ini. Sekalinya ada festival, rental mobil kita laku, akomodasi-akomodasi terisi penuh, UMKM dan para pedagang jajanan ringan jualannya laris, para pelaku seni juga dapat panggung untuk tampil. Semuanya Insya Allah mendapatkan manfaat yang positif,” ujarnya.

Pj Wali Kota Sabang mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, karena berkat kolaborasi antara Pemprov, Pemkot dan Forkopimda Sabang, BPKS, serta komunitas dan masyarakat setempat, Ujung Barat Festival sukses dilaksanakan.

“Saya atas nama pribadi, pemerintah dan seluruh masyarakat Kota Sabang juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setulus-tulusnya kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh dan seluruh panitia atas inisiasinya dalam pelaksanaan Ujung Barat Festival yang ke-2 tahun 2023. Semoga tahun depan Ujung Barat Festival ini kembali di laksanakan di Sabang,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh melalui Kabid Pemasaran, T. Hendra Faisal mengungkapkan berdasarkan laporan yang diterimanya dalam beberapa hari perputaran uang di Kota Sabang mencapai Rp 1 miliar.

Menurutnya, setiap hari pengunjung antusias memadati kawasan Sabang Fair yang menjadi pusat kegiatan event Ujung Barat Festival, hingga malam hari. Hal tersebut sangat berdampak positif pada sektor usaha akomodasi, transportasi serta makanan dan minuman yang ada di Kota Sabang.

Event Ujung Barat Festival, Perhelatan Akbar Di Akhir Tahun 2023
Tampak dalam gambar suasana acara dari berbagai anjungan UMKM peserta Festival sangat banyak dikunjungi masyarakat setempat. (Waspada/TZ)

“Sejak Selasa pagi, kegiatan sudah kita mulai dengan menyambut Kapal Pesiar, itu saja sudah menjadi income bagi para pelaku wisata terutama segi transportasi. Belum lagi ketika para turis dibawa ke pusat festival, ditambah lagi wisatawan lain yang datang ke Sabang juga singgah disini, jajanannya pun di sini enak-enak,” pungkasnya.

T. Hendra Faisal berharap, ke depan kerjasama ini harus tetap dilaksanakan, dimana BPKS akan mendatangkan kapal Cruise yang akan diselaraskan dengan event-event yang akan diselenggarakan di Sabang.

“Kita akan menjadwalkan antara kedatangan Cruise dengan event yang akan dibuat, tentunya ini harus dengan kerjasama antara Pemerintah Aceh melalui Disbudpar, Pemko Sabang, BPKS dan stakeholder lainnya,” tambahnya lagi. (b18)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *