Jelang Ramadhan, Pemkab Abdya Gelar Pasar Murah

  • Bagikan
Jelang Ramadhan, Pemkab Abdya Gelar Pasar Murah

Kegiatan pasar murah yang digelar Pemkab Abdya, melalui Distanpan, dalam rangka meringankan beban masyarakat menghadapi bulan suci Ramadhan. Selasa (5/3).Waspada/Syafrizal

BLANGPIDIE (Waspada): Menyambut bulan suci Ramadhan 1445 Hijriyah, yang tinggal menghitung hari, Pemkab Aceh Barat Daya (Abdya), menggelar pasar murah di sejumlah titik Kecamatan, yang ada dalam wilayah ‘Nanggroe Breuh Sigupai’.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (Distanpan) Abdya drh Nasruddin, selaku penanggung jawab kegiatan Selasa (5/3) mengungkapkan, pasar murah yang digelar pihaknya atas nama Pemkab Abdya tersebut, bertujuan untuk membantu masyarakat kelas menengah ke bawah, dalam meringankan beban menghadapi bulan suci Ramadhan.

Jelang Ramadhan, Pemkab Abdya Gelar Pasar Murah

Nasruddin mengatakan, ada sembilan titik pasar murah yang digelar pihaknya. Masing-masing 1 titik di tiap Kecamatan yang ada di Abdya. Dimana, pasar murah tersebut digelar selama 3 hari berturut-turut. Dimulai hari ini Selasa (5/3), Rabu (6/3) dan Kamis (7/3) mendatang.

Untuk hari pertama Selasa (5/3), pasar murah digelar di tiga titik Kecamatan. Masing-masing Kecamatan Blangpidie, Susoh dan Setia. Rabu besok (6/3), mengambil 3 titik, masing-masing di Kecamatan Jeumpa, Kuala Batee dan Babah Rot. Hari terakhir Kamis (7/3) mendatang, juga mengambil 3 titik, masing-masing Kecamatan Tangan-Tangan, Manggeng dan Lembah Sabil.

Untuk satu titik (masing-masing Kecamatan) lanjut Nasruddin, pihaknya menyediakan sebanyak 250 paket sembako, dengan total jumlah paket 2.250 paket (250×9 Kecamatan/titik). Diantaranya berisikan komoditi, beras premium seberat 10 kilogram, gula pasir 2 kilogram, minyak goreng bimoli special 2 liter dan telur ayam 2 kilogram (setara 1 papan). Perpaket dibandrol seharga Rp 200 ribu. “Harga tersebut sudah disubsidi oleh pemerintah,” ungkapnya.

Anggaran yang diplotkan dalam kegiatan pasar tersebut sebesar Rp 540 juta, sumber DOKA Kabupaten Abdya 2024. Dimana katanya, besaran anggaran itu akan digunakan dalam tiga tahap pasar murah. Tahap pertama menjelang puasa anggaran yang digunakan sebesar Rp 180 juta. Tahap kedua menjelang Hari Raya Idul Fitri sebesar Rp 180 juta. Tahap ketiga menjelang Hari Raya Idul Adha Rp 180 juta. “Jumlah subsidi kita sebesar Rp 80 ribu perpaket. Dari total harga Rp 280 ribu perpaket, masyarakat hanya membayar Rp 200 ribu perpaket,” demikian Nasruddin.(b21)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *