TNI Dan LSM Base Camp Solidaritas, Bersihkan DAS Kreung Langsa

- Aceh
  • Bagikan

LANGSA (Waspada): Anggota TNI dari Koramil 02/Langsa Kota bersama LSM Base Camp Solidaritas Kota Langsa, dan masyarakat Desa Gampong Baroh, Kecamatan Langsa Lama melaksanakan pembersihan daerah aliran sungai/krueng (DAS) Langsa, Senin (14/2).

Babinsa Koramil 02/Langsa Kota, Serka Hendra Kurniawan mengatakan, kegiatan yang kita lakukan ini selain untuk memperlancar aliran arus sungai. Kegiatan ini juga sebagai upaya memupuk kekompakan di tengah masyarakat yang patut ditiru.

TNI Dan LSM Base Camp Solidaritas, Bersihkan DAS Kreung Langsa

“Tujuan dari gotong-royong pembersihan ini agar sampah-sampah dan kayu – kayu yang menghalangi jalanya aliran sungai tersebut agar menjadi lancar, sehingga tidak terjadi penumpukan sampah yang menyangkut pada dahan dahan tersebut, sehingga dapat menyebabkan banjir. Mengingat jika intensitas curah tinggi air bisa meluap ke jalan serta pemukiman warga sekitar,” katanya.

Hal ini juga guna meningkatkan sikap gotong-royong di masyarakat sehingga masyarakat semakin kompak untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih.

“Kami bersama masyarakat dengan menggunakan peralatan chinshaw dan peralatan lainnya membersihkan sampah agar arus air sungai kembali normal,” ucapnya.

TNI Dan LSM Base Camp Solidaritas, Bersihkan DAS Kreung Langsa

Lebih lanjut, meskipun dengan alat seadanya atau manual dan kurang maksimal hasilnya, yang terpenting arus sungai sudah bisa mengalir dan sebagian sampah sudah dibersihkan.

“Saya juga mengajak masyarakat setempat untuk bersama-sama membersihkan aliran sungai. Tak lupa Babinsa juga menghimbau kepada masyarakat agar selalu menjaga kebersihan lingkungan terutama jangan buang sampah sembarangan, terlebih membuangnya di aliran sungai, mari kita sama-sama menjaga aliran sungai kita ini agar terjaga keasriannya,” tutup Hendra Kurniawan.(b13)


  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *