Ketua LKPC Sumut: Prof Syawal Layak Jadi Menteri Pendidikan

  • Bagikan
Ketua LKPC Sumut: Prof Syawal Layak Jadi Menteri Pendidikan

MEDAN (Waspada): Akademisi dan Guru Besar Universitas Negeri Medan (Unimed), Prof. Dr. Syawal Gultom, MPd menerima penghargaan dari Lembaga Konsultasi Pendidikan Citra (LKPC) Sumatera Utara.

Prof Syawal menerima penghargaan karena berperan aktif melahirkan ide dan gagasan solutif yang terus digaungkan berbagai pertemuan ilmiah secara regional, nasional dan internasional dalam memajukan mutu dan kualitas pendidikan di Indonesia. Prof. Syawal merupakan satu dari tokoh pendidikan Indonesia yang sangat paham tentang keadaan pendidikan di Indonesia dan berdasarkan analisis berbagai tokoh layak didaulat menjadi menteri pendidikan.

Pemberian penghargaan berupa poster gambar berisi dalil pembangunan bangsa “Membangun Negeri Dari Sekolah” tersebut langsung diserahkan Ketua LKPC Sumut Dr. Dionisius Sihombing, SPd, MSi, di ruang kerjanya di Gedung Biro Rektor Unimed (25/3).

Adapun alasan pemberian tanda apresiasi itu karena, Dion sangat setuju dan mengamini dalil pembangunan negeri dicetuskan Prof Syawal. Dion merasa optimis bahwa bangun tidaknya suatu bangsa atau negeri harus berawal dari lembaga pendidikan atau sekolah dan itu bisa terjadi apabila pendidikan diselenggarakan secara berkualitas dan bermutu.

Lanjut Dion, kenapa kualitas pendidikan nasional belum baik dan belum menggembirakan saat ini karena penyelenggaraan dan pelaksanaan pendidikan belum terjadi secara berkualitas atau bermutu, bahkan karena pengelolaan dan kepemimpinan pendidikan belum dimandatkan kepada tokoh- tokoh pendidikan yang mengerti dan memahami situasi pendidikan nasional.

Hal ini tentunya menghadirkan pemimpin bidang pendidikan yang tidak mumpuni dalam meracik obat penyembuh atas persoalan pendidikan yang terjadi. Dion yang juga akademisi penemu Manajemen Sekolah Berbasis Budaya Batak (MSB3) ini sangat meyakini bahwa kemajuan bangsa atau negeri hanya akan terjadi apabila terwujud kemajuan bidang pendidikan.

Menurut Dion, Prof Syawal Gultom, akademisi dari Unimed yang telah menjadi kebanggaan dari Unimed dan masyarakat Sumatera Utara bisa meraih gelar tokoh pendidikan nasional karena dinilai telah berkontribusi besar dalam pembangunan bidang pendidikan nasional.

Capaian besar itu menurut Dion, tidak lepas dari pengalaman kepemimpinan Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd., sebagai rektor Unimed selama dua periode, beliau tokoh sentral yang turut merancang dan mengembangkan kurikulum pendidikan 2013 saat beliau sebagai kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMP-PMP) di Kemendikbud. Serta sebagai Ketua Pelaksana Pendidikan dan Pelatihan Guru (PPG) Nasional.

Pengalaman kepemimpinan itu juga yang mendorong, Dion dengan rasa tulus ikhlas dan bangga memberikan apresiasi atas ketokohan Prof. Dr. Syawal dan atas dalil jitu membangun bangsa tersebut, Dion menyerukan kepada publik dan berharap Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka bahwa Prof. Dr. Syawal Gultom tokoh pendidikan nasional sebagai putra bangsa yang amat sangat patut dipercaya menjadi Menteri Pendidikan Nasional. Sebagai landasan kepatutannya adalah bahwa Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd., telah mengerti dan bahkan sangat memahami permasalahan pendidikan secara nasional, beliau memiliki sangat banyak data yang lengkap terkait masalah pendidikan nasional, serta berkecakapan, cermat dan cerdas dalam mengurai solusi menyikapi persoalan pendidikan nasional.

Lanjut Dion apabila Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd., diberikan kepercayaan menjadi menteri Pendidikan Nasional, sangat besar potensinya kemajuan pendidikan nasional bisa terwujud, sehingga berdampak langsung bagi pembangunan Bangsa. Karenanya harap Dion, presiden terpilih pasti memiliki komitmen dan keseriusan yang tinggi untuk memajukan bidang pendidikan dan dipercaya akan memberikan kepemimpinan pendidikan nasional kepada orang yang tepat, cerdas, profesional dan berpengalaman di bidang pendidikan nasional seperti Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. Lanjut Dion berharap agar rekrutmen pemimpin bidang pendidikan nasional tidak diisi berdasarkan pertimbangan politik praktis semata, melainkan karena profesionalisme dan pengalaman seseorang di bidang pendidikan serta kecintaannya untuk memajukan kepentingan bangsa sejalan dengan amanat Pancasila dan UUD 1945.Prof Syawal memenuhi kreteria itu. (m19)

Waspada/Ist

Prof. Dr. Syawal Gultom menerima penghargaan dari Ketua LKPC Sumut, Dr. Dionisius Sihombing, SPd, MSi.

  • Bagikan