Intel Meluncurkan Prosesor Desktop Intel Core 14th Gen untuk Para Enthusiast

  • Bagikan

JAKARTA, ( Waspada); Hari ini, Intel meluncurkan keluarga prosesor desktop Intel® Core™ 14th Gen baru, yang dipuncaki oleh Intel® Core™ i9-14900K. Rangkaian prosesor desktop generasi teranyar ini mencakup enam prosesor desktop baru yang sudah unlocked pada saat peluncuran, dengan menghadirkan hingga 24 core dan 32 thread dan frekuensi hingga 6 GHz langsung dari kemasannya. Selain itu, Intel® Core™ i7-14700K hadir dengan 20 core dan 28 thread berkat empat Efficient-core (E-core) yang lebih banyak dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Dan Extreme Tuning Utility (XTU) Intel kini memiliki fitur AI Assist baru, menghadirkan overclocking dengan panduan AI sekali klik pada prosesor desktop Intel Core 14th Gen tertentu yang sudah unlocked.1

“Sejak diperkenalkannya performance hybrid architecture, Intel secara konsisten meningkatkan standar performa desktop. Dengan prosesor Intel Core 14th Gen, kami menunjukkan sekali lagi mengapa para enthusiast beralih ke Intel untuk mendapatkan pengalaman desktop terbaik yang tersedia di pasaran saat ini.”

  • Roger Chandler, Intel vice president and general manager, Enthusiast PC and Workstation​, Client Computing Group

Mengapa Ini Penting: Peran CPU dalam bermain game dan berkreasi tidak pernah sepenting ini. Prosesor desktop Intel Core 14th Gen – yang didukung oleh performance hybrid architecture berkinerja tinggi dari Intel – memberikan performa komputasi yang dibutuhkan para PC enthusiast tanpa mengorbankan alur kerja pengguna.2

Yang menduduki puncak jajaran prosesor desktop Intel Core 14th Gen adalah i9-14900K – prosesor desktop tercepat di dunia dengan kecepatan 6 GHz langsung dari kemasannya – sehingga memberikan keunggulan yang dibutuhkan para gamer untuk tetap menjadi yang teratas.3 Dan dengan core yang 25% lebih banyak pada i7-14700K, para kreator akan menikmati peningkatan kinerja yang signifikan dalam beban kerja multi-threaded mereka. Dikombinasikan dengan pengalaman overclocking terbaik di dunia dan kompatibilitas dengan motherboard seri 600/700 yang ada, prosesor desktop Intel Core 14th Gen memberikan daya komputasi dan kinerja yang dibutuhkan oleh para enthusiast.4

Tentang Pengalaman Desktop Terbaik di Dunia: Dengan clock speed yang lebih cepat up maupun down pada processor stack – dipimpin oleh frekuensi turbo 6 GHz dari flagship i9-14900K – keluarga prosesor desktop Intel Core 14th Gen menghadirkan pengalaman desktop terbaik di dunia bagi para enthusiast.5
  
Performance hybrid architecture dengan kinerja canggih dari Intel terus menghadirkan performa komputasi yang dibutuhkan oleh para enthusiast dalam alur kerja mereka sehari-hari:
Platform Gaming Terbaik: Prosesor Intel Core 14th Gen menghadirkan pengalaman bermain game yang imersif dengan peningkatan kinerja game hingga 23% dibandingkan dengan prosesor pesaing terkemuka, sementara fitur-fitur baru yang berfokus pada game seperti Intel® Application Optimization (APO) memastikan threading aplikasi yang lebih baik dari sebelumnya bersama dengan application thread scheduling Intel® Thread Director yang sudah ada.6,7
Kepemimpinan Overclocking yang Berkelanjutan: Prosesor Intel Core 14th Gen yang unlocked terus menawarkan pengalaman overclocking yang tak tertandingi untuk semua orang – dari expert hingga pemula.2 Prosesor desktop unlocked generasi terbaru sekarang menyertakan fitur Intel® XTU AI Assist baru untuk overclocking yang dipandu oleh AI, serta dukungan untuk kecepatan DDR5 XMP yang melampaui 8.000 megatransfer/detik (MT/S).
Konektivitas Terbaik di Kelasnya: Rangkaian prosesor desktop terbaru Intel dilengkapi dengan dukungan terintegrasi untuk Wi-Fi 6/6E dan Bluetooth® 5.3, serta dukungan terpisah untuk teknologi nirkabel Wi-Fi 7 dan Bluetooth 5.4 yang baru. Selain itu, prosesor desktop Intel Core 14th Gen menyertakan dukungan untuk Thunderbolt™ 4 serta konektivitas kabel Thunderbolt 5 yang akan datang – yang mendukung bandwidth dua arah hingga 80 Gbps.8
Kompatibilitas dengan Chipset seri 600/700: Prosesor desktop Intel Core 14th Gen tetap kompatibel dengan chipset Intel seri 600 dan 700, sehingga para PC enthusiast dapat dengan mudah melakukaan upgrade pada sistem yang dimiliki dan menikmati performa gaming dan kreator generasi terbaru.

Kapan Tersedia: Prosesor desktop Intel Core 14th Gen akan tersedia di gerai-gerai ritel dan melalui sistem mitra OEM mulai 17 Oktober 2023.

Lebih Banyak Konteks: Intel Core 14th Gen Desktop (Product Brief)| Intel Core 14th Gen S-Series Processors (Media Presentation) | How AI Assist Uses Machine Learning to Make Overclocking Easy (Talking Tech Video) | How Wi-Fi 7 Is Faster, More Reliable and Secure (Talking Tech Video)

The Small Print:
1 Mulai Oktober 2023, AI Assist didukung pada SKU Intel Core 14th Gen tertentu yang unlocked. Untuk detail lebih lanjut tentang dukungan SKU, lihat halaman unduhan Intel® XTU.
2 Performance hybrid architecture menggabungkan dua core mikroarsitektur, Performance-core (P-core) dan Efficient-core (E-core), pada satu die prosesor yang pertama kali diperkenalkan pada prosesor Intel® Core™ 12th Gen. Prosesor Intel Core 12th Gen tertentu dan yang lebih baru tidak memiliki performance hybrid architecture, hanya P-core atau E-core, dan mungkin memiliki ukuran cache yang sama. Lihat ark.intel.com untuk detail SKU, termasuk ukuran cache dan frekuensi inti.
3 Pada Max Turbo Frequency 6.0 GHz, Intel Core 14th Gen i9-14900K adalah prosesor desktop tercepat dalam hal volume.
Pengujian per Oktober 2023.
4 Berdasarkan kemampuan overclocking yang ditingkatkan yang dimungkinkan oleh tool komprehensif Intel dan kemampuan penyetelan arsitektur yang unik dari prosesor Intel Core 14th Gen yang unlocked. Overclocking dapat membatalkan garansi atau mempengaruhi kesehatan sistem. Pelajari lebih lanjut di www.intel.com/overclocking. Hasil dapat bervariasi. Untuk detailnya, lihat intel.com/overclocking.
5 Berdasarkan kinerja (per Oktober 2023) dan atribut lain dari prosesor Intel Core 14th Gen yang digabungkan untuk membentuk pengalaman desktop terbaik secara keseluruhan. Ini termasuk: Kecepatan tinggi: hingga Max Turbo Frequency 6.0 GHz – tertinggi untuk prosesor desktop apa pun pada volume; lihat ark.intel.com untuk detailnya. Performa prosesor yang kuat di seluruh koleksi benchmark dan beban kerja gaming, produktivitas, dan pembuatan konten di dunia nyata, termasuk dalam kaitannya dengan generasi sebelumnya (Intel® Core™ 13th Gen) dan prosesor AMD Ryzen 9 7950X dan AMD Ryzen 9 7950X3D. Fitur tuning dan optimisasi yang baru dan lebih baik. Dukungan memori yang luas untuk modul memori DDR4 dan DDR5. Dukungan untuk konektivitas kabel dan nirkabel terbaik di kelasnya, termasuk dukungan Intel® Wi-Fi 7 (5 Gig) diskrit. Pendekatan Intel yang tak tertandingi untuk keamanan seperti program jaminan keamanan yang didasarkan pada prinsip-prinsip keamanan berdasarkan desain, transparansi dan pengungkapan kerentanan dan proses Intel Platform Update yang kuat, program bug bounty serta penelitian internal melalui red team dan banyak lagi. Banyaknya pilihan harga dan performa yang tersedia di keluarga Intel Core 14th Gen. Pemberdayaan ekosistem terbuka yang luas (mis., OEM, ODM, OS, ISV, dll.) Pengujian per 1 Oktober 2023.
6 Peningkatan FPS hingga 23% lebih tinggi dibandingkan kompetitor yang diukur oleh Starfield pada Intel Core 14th Gen i9-14900K vs AMD Ryzen 9 7950X3D. Untuk semua beban kerja dan konfigurasi, lihat www.intel.com/PerformanceIndex. Hasil dapat bervariasi.
7 Intel® Application Optimization adalah kebijakan dalam Intel® Dynamic Tuning Technology yang mengoptimalkan kinerja pada game tertentu, dengan konfigurasi yang diperlukan pada prosesor Intel Core 14th Gen tertentu.
8 Dukungan untuk konektivitas berkabel dan nirkabel terbaik di kelasnya, termasuk dukungan Intel Wi-Fi 7 (5 Gig) yang terpisah. Pengoperasian Wi-Fi 6E 6GHz memerlukan penggunaan produk Intel® Wi-Fi 6E (Gig+) bersama dengan sistem operasi dan router/AP/gateway yang mendukung Wi-Fi 6E, serta alokasi spektrum regional dan sertifikasi peraturan yang diperlukan. Kunjungi www.intel.com/PerformanceIndex (konektivitas) untuk informasi selengkapnya. Pengoperasian Wi-Fi 7 memerlukan penggunaan produk Intel Wi-Fi 7 (5 Gig) bersama dengan sistem operasi dan router/AP/gateway yang mendukung Wi-Fi 7. Discrete Intel® Thunderbolt™ 4 (Maple Ridge) hanya divalidasi dan didukung dari jalur PCIe Chipset Intel® 600 dan 700 Series.(m28)

Intel Meluncurkan Prosesor Desktop Intel Core 14th Gen untuk Para Enthusiast
Intel Core 14th Gen Desktop Processors launching Oct. 16, 2023, feature six new unlocked desktop CPUs for enthusiasts: i9-14900K/KF, i7-14700K/KF and i5-14600K/KF. These new processors are available at retailers and OEM partner systems starting Oct. 17, 2023. (Credit: Intel Corporation)
  • Bagikan