Menteri Erick Akui BTN Sebagai Bank Pantas Diperhitungkan Berkat Transformasi

  • Bagikan
Menteri Erick Akui BTN Sebagai Bank Pantas Diperhitungkan Berkat Transformasi

JAKARTA (Waspada): Menteri Badan Usaha Milik Negara [BUMN] Erick Thohir mengakui kini PT Bank Tabungan Negara [BTN] Tbk, sebagai bank yang pantas di perhitungan berkat upayanya bertransformasi.

Erick mengapresiasi perjuangan BTN yang terus bertransformasi sebagai lembaga keuangan handal dan profesional. Perubahan logo BTN terbukti dengan tingkat kesehatan perusahaan yang kini jauh lebih baik dibandingkan sebelumnya.

“Saya ingin menitipkan pesan, jangan hanya mengubah logo, tapi nafas dari logo (baru) itu pun harus benar-benar dimaknai,” ujarnya dalam peluncuran logo baru menyambut HUT ke-74 BTN di Indonesia Arena, Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Ahad (3/3/2024).

“Kalian dulu BTN dianggap bank sebelah mata, untungnya hanya Rp200 miliar, tapi sekarang sudah Rp3,5 triliun. Ini artinya bank yang sehat, saya yakin pelayanannya dan kesejahteraannya tentu akan jauh lebih sehat,” ungkap Erick lagi.

Dia juga mendorong BTN menjadi solusi atas permasalahan backlog perumahan yang sudah mencapai 12,7 juta rumah. Dengan meminta direksi dan komisaris untuk bekerja lebih keras dan meningkatkan sinergitas dengan Perumnas dan KAI dalam meningkatkan perumahan terintegrasi terutama bagi milenial.

Erick mengingatkan tantangan hunian bagi masyarakat Indonesia akan kian besar di masa depan. Pasalnya, kini 52 persen dari total penduduk Indonesia tinggal di wilayah perkotaan, bukan lagi di perdesaan.

“Artinya, ketika BTN menjadi sebuah solusi untuk perumahan masa depan anak muda, itu harus benar-benar punya strategi besar,” ucap Erick.

Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menegaskan, perubahan logo BTN harus disertai dengan perubahan sikap. BTN harus memberikan terobosan dan perubahan dalam melayani kebutuhan masyarakat.

“Harus menunjukkan perubahan sikap, menjadi lebih sigap dan efisien. Artinya bunga KPR nonsubsidi harus bisa diturunkan. Kalau tidak bisa diturunkan, omong kosong itu perubahan BTN,” tegas Basuki.

Menurut Dirut Bank BTN Nixon LP Napitupulu, logo baru yang dirilis merupakan simbol keberhasilan dan komitmen perseroan dalam melanjutkan transformasi menjadi Bank yang lebih modern, dan adaptif dalam menghadapi digitalisasi. Langkah rebranding ini sejalan dengan transformasi perusahaan untuk menjadi The Best Mortgage Bank in South East Asia pada 2025.

Lebih lanjut dikatakan, perubahan logo ini merupakan refleksi dari transformasi yang telah dilakukan Bank BTN, di antaranya di ranah digital untuk mendukung proses bisnis dan layanannya, serta operasional kantor-kantor cabang yang lebih modern.

Dengan brand image yang lebih modern dan kekinian, BTN siap untuk bersaing di level yang lebih tinggi dan menjadi bank pilihan utama bagi nasabah dan untuk mendukung pertumbuhan core business Bank BTN sebagai bank terkemuka dalam pembiayaan perumahan secara berkelanjutan.

“Dengan logo baru di usianya yang ke-74, BTN unjuk gigi sebagai one stop financial solution bagi masyarakat untuk bertransaksi tidak hanya dalam hal pembiayaan perumahan tapi juga beyond mortgage,” kata Nixon.

Logo baru BTN memiliki font atau bentuk tulisan yang menyimbolkan optimisme, dengan rancangan konstruksi yang berani dan dinamis untuk menggambarkan Bank BTN yang modern dan relevan dengan perkembangan zaman.

Nixon menjelaskan, perseroan menggunakan huruf kecil pada logo Bank BTN melambangkan bank yang mudah didekati dan memahami kebutuhan nasabah, berpartisipasi aktif dalam perjalanan nasabah, dan membantu mencapai tujuan hidup. Perseroan berharap dapat menjadi rumah, tempat dimulainya perjalanan hidup.

Garis merah di atas tulisan “btn” menyimbolkan visi Bank yang progresif dan terus melangkah maju. Bank BTN ingin memantapkan posisinya sebagai lembaga keuangan visioner yang konsisten berkembang secara progresif.

“Dengan terus menciptakan inovasi dan solusi melalui ekosistem perumahan, BTN memposisikan dirinya sebagai bank beyond mortgage atau bank yang melayani lebih dari KPR,” terang Nixon.

Sedangkan warna logo, yaitu Dynamic Blue dan Stablitas Merah mewakili bank yang inovatif dan dinamis dalam upayanya mengembangkan dan menciptakan produk keuangan, yang bertujuan untuk membangun ekosistem keuangan yang inovatif, modern, dan andal.

Secara filosofis, warna Dynamic Blue merupakan warna yang lebih hidup dan segar dibandingkan warna biru lainnya. Warna ini menggambarkan sifat percaya diri dalam menarik masyarakat yang lebih luas di luar batas negara.

Sementara warna Stabilitas Merah melambangkan stabilitas, mencerminkan kekuatan dan ketahanan institusi yang dibangun melalui pengalam berharga selama bertahun-tahun.

Selain peluncuran logo baru, perseroan menggelar sejumlah rangkaian acara perayaan HUT ke-74 Bank BTN, termasuk BTN Run (5K, 10K, dan Aquathlon) dan Fun Run 3K, Basket 3 on 3, BTN Culinary, dan BTN Soundphoria. Berikut adalah detil dari berbagai acara tersebut: (J03)

Menteri Erick Akui BTN Sebagai Bank Pantas Diperhitungkan Berkat Transformasi
  • Bagikan