Produk UMKM Ramaikan F1 Poweboat Danau Toba 2024

  • Bagikan
Produk UMKM Ramaikan F1 Poweboat Danau Toba 2024
GALERI UMKM yang turut meramaikan event F1 Powerboat Danau Toba di Balige. Waspada/Ist

BALIGE (Waspada): Ratusan jenis produk hasil Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dari sejumlah daerah Provinsi Sumatera Utara meramaikan gelaran Pertamina F1 Powerboat Danau Toba 2024 di Balige, Kab. Toba yang akan digelar pada 2-3 Maret 2024.

“Kami membawa produk-produk UMKM mitra kami dari Kota Medan, Sibolga dan Dairi. Untuk kota Medan sendiri ada sekitar 40 produk yang dititipkan di booth Bank Indonesia. Belum termasuk dari daerah lainnya,” ujar Staff Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumatera Utara Jose Saragih di Balige, Jumat (1/3).

Pada gelaran balap Formula 1 2024, BI dikatakannya tidak menghadirkan langsung pelaku UMKM di lokasi acara. Namun memfasilitasi berbagai produk yang dihasilkan untuk bisa dipamerkan dan di pasarkan pada para pengunjung F1 Powerboat Danau Toba 2024.

Jose mengungkapkan, berdasarkan pengalaman penyelenggaraan tahun sebelumnya, produk-produk UMKM yang laris adalah dari jenis makanan siap saji dan handycraft mungil. “Kabarnya pembatasan hanya sampai jam satu siang. Jadi akan banyak pengunjung yang bisa masuk ke area ini,” tuturnya.

Sementara itu, pelaku UMKM Ulos, Embun boru Hutagaol mengatakan, event F1 Powerboat Danau Toba 2024 membawa banyak peluang baru bagi warga setempat. “Tahun lalu saya hanya menjual kopi di pinggir jalan ini. Tapi sekarang mulai menjual kain Ulos. Barusan ada yang membeli kain warna putih, katanya dia dari Bali,” kata Embun.

Untuk harga Ulos, lanjut dia, buatan mesin harganya hanya Rp150 ribu. Sedangkan untuk yang hasil tenun tangan harganya sedikit lebih mahal yakni Rp180 ribu. “Ini bisa dipakai laki-laki dan perempuan juga,” pungkasnya.

Sebelumnya, stakeholder Manajemen Panitia Nasional F1H2O Danau Toba, Gresita Siahaan, 
mengatakan pihaknya telah meminta pemerintah daerah setempat untuk mengkurasi jumlah UMKM yang berada di sisi luar venue utama, agar penataannya bisa rapi dan menarik.

Pebalap F1 Powerboat Danau Toba 2024

Di tempat terpisah, pebalap dari Victory Team Erik Stark tampak di antara pebalap yang bersiap sejak pukul 07.00 WIB. Para kru tim pun tampak silih berganti membantu para pebalap untuk memasuki powerboat masing-masing dan menyiapkan kebutuhan pebalap.

Dua unit crane juga disiapkan untuk mengangkat jet air itu dari darat ke perairan Danau Toba. Dimana juara F1 powerboat seri Danau Toba Tahun 2023, Bartek Marszalek juga terlihat di antara pembalap. Untuk free practice, akan dijadwalkan, Sabtu (2/3) pukul 07.00-08.30 WIB. Sedangkan race balapan akan dilaksanakan pada, Minggu (3/3) pukul 11.15-12.00 WIB.

Tim yang terkonfirmasi mengikuti balapan di seri kedua Danau Toba ini diantaranya, Team Binh Dinh-Vietnam (Swedia), Victory Team (Uni Emirat Arab), Team Abu Dhabi (Uni Emirat Arab). Kemudian, China CTIC Team (Prancis), F1 Atlantic Team (Portugal), Red Devil-SMC F1 Team (Finlandia), Sharjah (Uni Emirat Arab), Stromoy Racing (Norwegia), dan Maverick Racing (Prancis).(a08)

  • Bagikan