Parlindungan Purba: Rencana PLN UP3 Medan Dan BKOW Sosialisasi Listrik Bermanfaat

  • Bagikan
Parlindungan Purba: Rencana PLN UP3 Medan Dan BKOW Sosialisasi Listrik Bermanfaat

MEDAN (Waspada): Calon Anggota DPD RI, Parlindungan Purba SH,MM, menilai rencana kerjasama yang akan dijalin antara PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) dengan Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) Sumatera Utara, terkait sosialisasi listrik yang akan digelar dalam waktu dekat, sangat bermanfaat.

Hal ini mengemuka saat berlangsungnya silaturahmi BKOW Sumut dengan Manajer PLN UP3 Medan Ricki Yakop yang dijembatani Parlindungan Purba SH, MM di Jalan Listrik, Jumat (22/12).

Perbincangan dalam pertemuan terkait perlunya sosialisasi tentang penggunaan listrik oleh masyarakat, juga berlatar belakang masih adanya pelanggaran oleh konsumen dan telah hadirnya aplikasi yang memudahkan konsumen mengecek dan membayar tagihan listrik setiap bulannya, dengan diterapkannya teknologi baru oleh PLN yang perlu disampaikan kepada masyarakat.

“Ya, bisa kita jalin kerjasama dengan BKOW Sumut untuk sosialisasi tentang penggunaan listrik di rumah tangga,” kata Rici Yakop.

Rici juga memaparkan bagaimana sistem pelayanan oleh PLN dan pihak yang aktif dalam memberi pelayanan. Termasuk adanya teknologi yang semakin memudahkan pelanggan mengecek dan membayar tagihan listrik.

Dia juga menyebutkan teknologi baru yang disebut fitur aplikasi “Swadaya Catat Angka Meter” (SwaCAM) guna memudahkan pelanggan menghitung tagihan listrik, akan memberi kemudahan dalam mengecek penggunaan listrik.

“Desain fitur SwaCAM menjadi solusi pelanggan PLN mengontrol pemakaian listrik bulanan secara mandiri. Fitur SwaCAM disediakan untuk transparansi pemakaian listrik bagi pelanggan secara presisi melalui pencatatan meter mandiri yang bisa dilakukan pelanggan,” sebutnya.

Lanjut dia, pencatatan meter mandiri bisa dilakukan pelanggan setiap tanggal 23-27 per bulan, setelah itu akan muncul estimasi biaya tagihan listrik bulan selanjutnya.

“Aplikasi PLN Mobile dapat mengunduh melalui “AppStore” maupun “PlayStore”, karena segala informasi dan kebutuhan terkait kelistrikan bisa diakses setiap saat,” ujarnya.

Intinya, pembayaran listrik bisa dilakukan melalui aplikasi PLN Mobile. Selain itu, banyak layanan yang diperoleh pelanggan di antaranya pasang baru, perubahan daya, pengaduan gangguan dan keluhan, hingga pembelian token,” pungkasnya.

Terkait penjelasan disampaikan Manajer PLN UP3 Medan Ricki Yakop Parlindungan Purba SH, MM berharap memberi manfaat luar biasa bagi para ibu rumah tangga, sebagai pengatur keuangan sekaligus menjadi juru bayar tagihan listrik setiap bulannya.

Parlindungan Purba berharap, dengan rencana akan dilaksanakan sosialisasi bersama BKOW Sumut yang menaungi 70 Organisasi Perempuan di Sumut, bisa memberi pencerahan dan menyebarkan pada warga di sekitar, sehingga wawasan masyarakat terkait sistem atau penggunaan listrik bisa tersebar dan direalisasikan.

“Ini sangat bermanfaat. Selain menambah wawasan, semakin diketahui cara yang tepat menggunakan ataupun menghemat energi listrik,” kata Parlindungan.

Sebelumnya Ketua Umum BKOW Sumut Hj Fahrizar Iskandar Hasibuan menyampaikan rencana kegiatan sosialisasi bersama PLN akan dilaksanakan pada Januari 2024 mendatang bersama Organisasi Perempuan yang bergabung di BKOW Sumut.

“Alhamdulillah, pertemuan dengan Manajer PLN UP3 Medan Ricki Yakop yang dijembatani Parlindungan Purba SH, MM menambah wawasan terkait penggunaan listrik. Semoga dengan rencana kita bersama PLN mengadakan sosialisasi nantinya terwujud dan lebih memberi pencerahan,” ungkapnya.(m22)

Waspada/ist
Manajer PLN UP3 Medan Ricki Yakop bersama Pengurus BKOW Sumut dan Parlindungan Purba SH, MM foto bersama.

  • Bagikan