Puluhan Warga Rantau Selatan Keracunan Makanan

  • Bagikan
Sekdakab L.Batu Ir. Hasan Heri Rambe jenguk korban keracunan massal di RSUD Rantauprapat. Waspada/ist
Sekdakab L.Batu Ir. Hasan Heri Rambe jenguk korban keracunan massal di RSUD Rantauprapat. Waspada/ist

RANTAUPRAPAT (Waspada): Diperkirakan puluhan orang keracunan makanan usai acara perwiritan di Lingkungan Sibuaya Kelurahan Sioldengan, Kecamatan Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu.

Peristiwa yang menghebohkan warga Rantauprapat itu berawal masuknya warga Sioldengan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Rantauprapat sejak Senin sore (19/2) hingga membludak memadati ruangan rumah sakit, Selasa (20/2).

Diduga penyebab dari peristiwa tersebut setelah puluhan masyarakat mengkonsumsi makanan yang didapatkan usai melakukan acara rutin perwiritan, Senin (19/2) kemarin.

Puluhan Warga Rantau Selatan Keracunan Makanan
Kapolres Labuhanbatu AKBP Bernhard L. Malau menjenguk para korban di RSUD Rantauprapat. Waspada/ist

Usai mengkonsumsi makanan tersebut korban yang terdiri dari anak-anak dan orang dewasa tersebut merasa pusing, mual dan muntah – muntah.

Sementara, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu Friska E. Simanjuntak, SKM, MKM, ditemui membenarkan hal tersebut. “Sekitar 50 orang mengalami keracunan,’” paparnya.

Keracunan itu diduga berasal dari makanan yang diperoleh ibu-ibu perwiritan, ungkapnya lagi.

Korban, ungkap Friska, mulai merasakan mual dan muntah-muntah pada hari Senin, dan kini seluruh korban di rawat di RSUD Rantauprapat yang sebelumnya mendapatkan pertolongan pertama dari Puskesmas, ujarnya.

Puluhan Warga Rantau Selatan Keracunan Makanan

Terkait jenis makanan, di jelaskan Friska para korban mendapatkan bungkusan nasi dan lauk berupa nasi putih, telur rendang dan sayur tumis, “sudah kita ambil Sempel dari makanan tersebut untuk dilakukan uji laboratorium,” sebut Friska.

Dari pantauan di lapangan, para korban keracunan mendapatkan perhatian cukup dari pemerintah daerah setempat, terlihat Kapolres Labuhanbatu AKBP Dr. Bernhard L.Malau menjenguk para korban di RSUD Rantauprapat tempat pasien dirawat.

Sementara beberapa korban yang ditemui berinisial IE, AS dan RS, belum bisa memberikan keterangan karena dalam masa perawatan dokter.(a07).


  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *