KPU Se-Sumut Gelar Simulasi Putungsura Di TPS

  • Bagikan
KPU Se-Sumut Gelar Simulasi Putungsura Di TPS

MEDAN (Waspada): Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Utara telah melakukan Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada seluruh jajaran Badan Adhoc di tingkat Kecamatan Se-Sumut. Dalam bimtek itu, diberikan materi terkait tugas dan fungsi badan adhoc, aplikasi sirekap dan materi pemungutan penghitungan surat suara (putungsura).

Ketua Divisi SDM dan Litbang KPU Sumut, Robby Effendi, menjelaskan, Bimtek telah diberikan kepada 2275 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Dibagi ke dalam lima gelombang dan dilakukan di Kabupaten Karo, Batubara, Toba, Nias Selatan/Gunung Sitoli dan Samosir.

“Seluruh komisioner KPU Sumut bersama para Kabag dan kasubag kita libatkan, bahkan anggota KPU kabupaten/kota beserta kasubag juga kita ikutkan,” sebut Robby, Rabu (27/12).

Dijelaskannya, kegiatan Bimtek ini merupakan arahan dari KPU RI, sebagai bentuk komitmen KPU menyiapkan perangkat penyelenggara pemilu yang andal serta mengetahui regulasi serta paham tugas dan fungsinya.

“Dari mitigasi awal kita temukan, kendala akan muncul jika kesiapan aparat kita di TPS lemah, oleh karena itu kita fokus ke kesiapan SDM di tingkat sana,” ucap Robby.

Selain itu, lanjutnya seluruh KPU kabupaten/kota juga telah melakukan kegiatan serupa, yakni Bimtek kepada badan adhoc di tingkat kelurahan.

“Bahkan sebagian besar juga sudah menggelar simulasi riil pemungutan penghitungan surat suara (putungsura) di TPS di seluruh KPU se- Sumut,” sebutnya.

Sejauh ini Robby yakin pelaksanan pemilu 2024 akan berlangsung aman dan lancar. “Melihat kesungguhan dan keseriusan semua teman-teman penyelenggara, termasuk pihak kesekretariatan, saya yakin pemilu 2024 di Sumut akan berjalan baik dan lancar,” katanya.

Pergerakan Logstik

Terkait situasi pergerakan logistik dapat dipantau di Silog.KPU.go.id, yakni surat suara Presiden dan Wakil Presiden (PPWP), Kebutuhan 11.123.623 dan yang sudah tiba 1.582.022 atau sekitar 14 persen.

Surat Suara Dewan Perwakilan Daerah (DPD), kebutuhan 11.123.623 dan yang sudah tiba 1.582.022, surat suara DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/kota masing-masing kebutuhan 11.123.623, sudah tiba 9.670.912 surat suara.

Robby juga menginformasikan bahwa untuk Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) untuk penyelenggaraan Pilkada di Sumut juga hampir kelar. “Tinggal menyisakan 3 kabupaten yang belum melaksanakan penandatanganan, yakni Nias, Nias Selatan dan Padang Lawas,” imbuhnya. (h01)

Teks
Ketua Divisi SDM dan Litbang KPU Sumut, Robby Effendi saat diacara Bimtek kepada seluruh jajaran Badan Adhoc di tingkat Kecamatan Se-Sumut. Waspada/ist

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *