Perkuat Digitalisasi Kampus, PBNU Gelar Simposium Nasional Digitalisasi Perguruan Tinggi NU

  • Bagikan

JAKARTA (Waspada): Digitalisasi kampus adalah salah satu bagian dari revolusi sains dan digital. Pasalnya, perguruan tinggi harus melakukan hal-hal yang berkaitan dengan ilmu dan teknologi seiring perkembangan zaman.

“Digitalisasi akan semakin memudahkan proses pengelolaan kampus yang terintegrasi dengan baik. Data-data bisa diakses dengan mudah oleh pihak manajemen, sehingga aspek supervisi bisa dilakukan dengan baik,” kata Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Bidang Pendidikan dan Hukum, Profesor Muhammad Mukri dalam keterangannya, Jumat (24/11/2023).

Untuk perguruan tinggi di lingkungan NU, digitalisasi kampus ini dikatakan Mukri sangat penting. Terlebih saat ini perguruan tinggi NU sedang berkembang pesat.

Berangkat dari pemikiran-pemikiran inilah, NU akan melaksanakan Simposium Nasional Digitalisasi Perguruan Tinggi Nahdatul Ulama tanggal 27-28 November 2023 di Hotel Mercure Ancol Jakarta.

Simposium Nasional ini menghadirkan sejumlah pembicara yang berkualitas, diantaranya Prof Dr Nizam MSc DIC Phd, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi, Prof Ainun Na’im Ph.D, Ketua LPTNU, Prof Dr Ali Ramdhani, Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, Bantuan Aan, CEO PT Garuda Cyber Indonesia, Dr Abdul Kahar MPd, Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan Kemendikbud Ristek RI, Dr Muhammad Hasan Chabiebie ST MSi, Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi Kemendikbud, Sugiyanto Yoananntan W, Education Lead. Google Cloud Indonesia dan DR Lukman ST M.Hum, Direktur Kelembagaan Kemendikbud Ristek RI.

Simposium Nasional Digitalisasi Perguruan Tinggi NU mengusung tema Transformasi Peningkatan Mutu Perguruan Tinggi.

Rencananya akan dibuka Menteri Pendidikan Nadiem Makarim dan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH. Yahya Cholil Staquf.

“Presiden Joko Widodo juga akan hadir dalam Simposium Nasional Digitalisasi Perguruan Tinggi Nahdatul Ulama ini,” kata Mukri yang juga Rektor Universitas NU (UNU) Blitar, Jawa Timur.

Sekretaris panitia Simposium Nasional, Bantuan Aan mengatakan kegiatan ini akan diikuti ratusan kampus yang berada dibawah PBNU se-Indonesia dengan ribuan peserta.

“Mudah-mudahan dari acara ini akan menghasilkan sebuah resume yang baik tentang digitalisasi pendidikan di kampus-kampus yang ada di PBNU,” ujar Bantuan Aan, Jumat (24/11/2023).

Pada Simposium Nasional Digitalisasi Perguruan Tinggi Nahdatul Ulama ini juga akan dilaksanakan Deklarasi Bersama Perguruan Tinggi Nahdatul Ulama Siap Bertransformasi Go Digital.(J02)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *