Bright Gas Cooking Competition 2023 Jaring Potensi ‘Chef Rumahan’

  • Bagikan

MEDAN (Waspada): Bright Gas Cooking Competition (BGCC) 2023 yang digelar Pertamina Patra Niaga menjaring potensi “Chef Rumahan” dengan hidangan rumahan yang menjadi andalan melalui kompetisi memasak bersama Bright Gas yang digelar di 4 kota besar di Indonesia yakni Surabaya, Makassar, Medan dan Jakarta selama periode 10 Juli – 09 September 2023.

Berbeda dari tahun sebelumnya, BGCC di tahun 2023 ini hadir lebih spesial karena perdana diselenggarakan di 4 (empat) kota. Penyisihan awal diselenggarakan di 3 (tiga) kota yaitu Surabaya (29 Juli), Makassar (12 Agustus), Medan (26 Agustus), dan Jakarta (2 September) mendatang.

Sebagai wujud keseriusan BGCC dalam mencari “Chef Rumahan”, BGCC menghadirkan Chef profesional, diantaranya Marisca Tracy, chef, food flogger, finalis MasterChef Indonesia Season7, sekaligus content creator yang akan menjadi salah satu juri BGCC 2023. Pada Grand Final nanti akan ada Chef Special dari kalangan Selebriti yang akan menjadi salah satu Juri. Selebriti ini memiliki passion memasak dan sering mengadakan festival makanan.

Pada BGCC 2023 yang berlangsung di pelataran parkir Plaza Medan Fair, Jl. Gatot Subroto Medan, Minggu (26/8), sebanyak 29 peserta dengan semangat menyajikan masakan rumahan andalan masing-masing dengan bahan utama daging sapi.

Sales Branch Manager Rayon I Medan PT Pertamina Patra Niaga Sumbagut, Sigit Wicaksono HP yang juga menjadi salah satu juri dalam kompetisi tersebut menyebutkan, Bright Gas Cooking Competition 2023, Kota Medan diikuti 29 peserta.

Sigit menjelaskan, BGCC 2023 tahun ini merupakan program apresiasi bagi talenta juru masak dari seluruh Indonesia sekaligus memperkenalkan Bright Gas kepada masyarakat sebagai produk LPG unggulan Pertamina yang dapat diandalkan di dapur rumah ataupun tempat usaha.

“Untuk babak penyisihan di Medan diikuti 29 peserta dan mendapatkan 5 pemenang dan tiga peserta final. Yang juara ini, mendapatkan kelas master cooking di luar negeri mendapatkan hadiah, alat masak premium dan masuk grand final di Jakarta,” kata Sigit kepada wartawan.

Sementara itu, Marisca Tracy, chef, food flogger, finalis MasterChef Indonesia Season7 menyebutkan, banyak sekali hidangan khas yang disajikan dengan cara yang unik, tentunya enak-enak semua. “Ini menunjukkan masakan rumahan keluarga Indonesia dari para peserta memiliki banyak cerita, kaya rasa, tergantung pada kreativitas si juru masak,” kata Marisca.

Dalam Bright Gas Cooking Competition 2023 di Medan ini menghasilkan, Juara 1 diraih Omay Komariah, dengan masakan rumahan ‘Semur Daging Sapi’, kemudian Juara 2 diraih Puguh Kristanto, ‘Gulai Sapi ala Gultik Blok M’, Juara 3 diraih Julaeha dengan masakan ‘Bola-bola Daging Asam Padeh’ dan Juara Harapan I diraih Qodri dengan ‘Asem-Asem Daging’, dan Juara Harapan II diraih Lulu Ramadani, dengan masakan ‘Sambalado Jawa’.

Pada tahap penyisihan awal ini, tiga finalis yang lolos di Tahap Penyisihan akan diundang ke Tahap Grand Final yang akan dilaksanakan di Jakarta (9 September) untuk memperebutkan hadiah total senilai ratusan juta rupiah dan kursus memasak eksklusif berstandar internasional di Singapura.

Omay Komariah yang menjadi juara pertama dalam ajang ini mengaku tidak menyangka akan dapat memenangkan kompetisi memasak ini. Omay juga mengaku tidak percaya diri dengan masakan yang diolahnya berupa semur daging. Karena seorang dewan juri juga mendemokan masak dengan jenis yang sama.

“Tadi saya tidak menyangka menang dan juara ini,” kata Omay kepada wartawan di lokasi acara Bright Gas Cooking Competition 2023 dan dia membawa pulang uang tunai Rp15 Juta dan satu set alat masak premium yang diberikan Pertamina Patra Niaga Sumbagut. (m31)

  • Bagikan