Kolaborasi Sinergi Sukses Kunci Atasi Inflasi Dan Pertumbuhan 

  • Bagikan
Kolaborasi Sinergi Sukses Kunci Atasi Inflasi Dan Pertumbuhan 
Presiden RI Joko Widodo/ ist

JAKARTA (Waspada): Presiden Joko Widodo (Jokowi) nenilai, kolaborasi sinergi yang sukses antara Bank Indonesia (BI) dan Kementerian Keuangan (Kemenjeu) menjadi kunci mengatasi inflasi dan pertumbuhan Indonesia, ditengah ketidakpastian ekonomi global. 

“Saya lihat dalam keseharian antara bank sentral kita BI dan Kemenkeu berjalan beriringan, rukun, tidak saling tumpang tindih. Ini yang saya lihat komunikasi baik sehingga fiskal dan moneter bisa berjalan bersama-sama,” kata Jokowi dalam Investor Daily Summit 2022, di Jakarta, Selasa, (11/10). 

Selain itu, sambungnya,, pemerintah memberikan subsidi dan mengeluarkan bantuan bosial bagi masyarakat yang jumlahnya mencapai Rp 502,6 triliun untuk menjaga daya beli masyarakat.

Menurut Presiden, keberhasilan dalam mengendalikan perekonomian salah satunya laju inflasi karena pemerintah tidak hanya bekerja dalam tataran makro saja. 

Presiden mencontohkan dalam pengendalian inflasi yang tidak cukup dengan menaikkan suku bunga oleh Bank Indonesia saja, tetapi juga dengan mengintervensi kenaikan barang dan jasa.

Presiden memberikan kewenangan bagi daerah untuk menggunakan dana transfer umum sebesar 2 persen dan dana belanja tidak terduga untuk digunakan mengatasi inflasi.

Apalagi, lanjut Jokowi), bahwa dunia sekarang ini penuh dengan ketidakpastian. Pertumbuhan ekonomi yang dulunya mudah diprediksi, kini yang terjadi justru sebaliknya.

“Dari yang dulunya mudah diprediksi, mudah dihitung, mudah dikalkulasi menjadi dunia yang sulit dihitung, sulit diprediksi, sulit dikalkulasi, penuh dengan ketidakpastian yang tinggi dan penuh dengan volatilitas yang sangat tinggi,” imbuhnya. (J03) 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *