Pastikan Ekosistem Kendaraan Listrik Di Sumut, Direktur Niaga PLN Kunjungi PT Grab Indonesia

  • Bagikan
Direktur Niaga PT PLN (Persero), Edi Srimulyanti (tengah) bersama General Manager PLN UID Sumatera Utara, Awaluddin Hafid (kiri) saat memberikan sambutan di kantor Grab Rental Medan yang beralamat di Jalan Gatot Subroto Nomor 22 Medan Sumatera Utara (9/11).
Direktur Niaga PT PLN (Persero), Edi Srimulyanti (tengah) bersama General Manager PLN UID Sumatera Utara, Awaluddin Hafid (kiri) saat memberikan sambutan di kantor Grab Rental Medan yang beralamat di Jalan Gatot Subroto Nomor 22 Medan Sumatera Utara (9/11).

MEDAN (Waspada): Direktur Niaga PT PLN (Persero) melakukan kunjungan kerja ke Sumatera Utara untuk memastikan ekosistem kendaraan listrik melalui pengembangan fasilitas Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) dengan melakukan kunjungan ke PT Grab Indonesia, Kamis (9/11).

Kunjungan Direktur Niaga PT PLN (Persero) disambut hangat oleh Assistant Head Of Grab Electric Indonesia PT Grab Indonesia bersama jajarannya di kantor Grab Rental Medan beralamat di Jalan Gatot Subroto Nomor 22 Medan Sumatera Utara.

Dalam sambutan Direktur Niaga PT PLN (Persero), Edi Srimulyanti menyampaikan, kunjungan ini merupakan upaya PLN dalam mendukung program pemerintah dalam pengembangan ekosistem kendaraan bermotor berbasis baterai sesuai Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang percepatan program kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB).

“Untuk mendukung program pemerintah, PLN terus mempersiapkan fasilitas Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SKPLU) bagi pengguna kendaraan roda empat dan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) di Sumatera Utara,” ungkap Edi.

Assistant Head Of Grab Electric Indonesia, Mohd Aziruddin Abdullah mengucapkan terima kasih dan merasa senang telah dikunjungi oleh Direktur Niaga PT PLN (Persero). PT Grab Indonesia juga siap mendukung program pemerintah untuk menuju Net Zero Emission (NZE) tahun 2060.

“Terima kasih kepada PLN telah berkunjung ke kantor kami. Saat ini jumlah pengemudi grab motor listrik aktif sebanyak 780 orang dan total SPBKLU kami sebanyak 50 unit tersebar di 16 lokasi strategis. Semoga kedepan PT Grab Indonesia dan PLN dapat berkolaborasi dalam mendukung program pemerintah menuju Net Zero Emission (NZE) tahun 2060,” ujar Aziruddin.

Pada kesempatan yang sama, General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Utara, Awaluddin Hafid menyampaikan, kunjungan ini sebagai langkah strategis PLN dalam mendorong ekosistem kendaraan listrik di Sumatera Utara.

“Kota Medan merupakan kota metropolitan terbesar ketiga di Indonesia. Tingginya antusiasme masyarakat untuk beralih menggunakan kendaraan listrik menjadi semangat PLN untuk terus menyediakan fasilitas pendukung untuk memudahkan pemilik kendaraan listrik untuk melakukan pengisian daya kendaraan listriknya,” kata Awaluddin.

Menggunakan kendaraan listrik menjadi pilihan strategis. 1 liter bahan bakar minyak (BBM) setara dengan 1,5 kilowatt hour (kWh) listrik. Emisi karbon 1 liter BBM setara dengan 2,4 kilogram (kg) CO2e, sedangkan 1,5 kWh listrik emisinya setara 1,5 kg CO2e. Artinya, dengan menggunakan kendaraan listrik mampu mengurangi emisi lebih dari 35 persen. (m31)

  • Bagikan