Sinergi Danamon Bersama Adira Finance dan MUFG Tawarkan Solusi Finansial dari Hulu ke Hilir dalam IIMS 2024

  • Bagikan

Dengan berbagai inisiatif dan program yang dirancang untuk mendukung kebutuhan konsumen dan pengusaha otomotif, kolaborasi Danamon Bersama Adira Finance dan MUFG diharapkan dapat memperkuat pertumbuhan jangka panjang industri otomotif Indonesia.

JAKARTA, ( Waspada); 7 Februari 2024 – PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) bersama dengan PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (“Adira Finance”) dan didukung oleh MUFG Bank Ltd. (MUFG), dengan bangga kembali mendukung IIMS 2024 sebagai bagian penting dalam penguatan industri otomotif Indonesia. Dalam pameran yang akan berlangsung dari tanggal 15 hingga 25 Februari 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta ini, Danamon bersama Adira Finance dan didukung oleh MUFG hadir sebagai Official Bank Partner dan Official Multifinance Partner, serta Official Trade-in Partner (Momobil & Momotor) di IIMS 2024 yang memberikan berbagai promo dan program menarik selama pameran berlangsung. Hal ini diungkapkan grup tersebut di acara konferensi pers bersama Dyandra Promosindo di Jakarta, Selasa (6/2).

Dalam kondisi global yang penuh ketidakpastian, dari konflik geopolitik hingga fluktuasi ekonomi, Indonesia terus mencari peluang untuk menjaga momentum pertumbuhan ekonominya. Salah satu sektor yang menunjukkan ketahanan dan potensi pertumbuhan yang signifikan adalah industri otomotif. Terutama dengan semakin meningkatnya minat terhadap kendaraan listrik, sektor ini bahkan diharapkan menjadi salah satu pionir dalam membawa ekonomi Indonesia ke tingkat berikutnya. Maka dari itu, Danamon bersama Adira Finance dan didukung oleh MUFG kembali mendukung IIMS 2024 sebagai bagian penting dalam penguatan industri otomotif Indonesia. Ini merupakan tahun ketiga Grup ini perpartisipasi di IIMS, dan dukungan ini akan terus berlanjut hingga 2026.

Sebagai sebuah Grup, MUFG, Danamon dan Adira Finance yakin bahwa sinergi di antara ketiganya merupakan kunci dari kemampuan Grup ini untuk memberikan dukungan yang kuat bagi seluruh bagian dari financial supply chain industri otomotif Indonesia dari hulu hingga ke hilir. Di hulu, MUFG sebagai salah satu grup keuangan terbesar di dunia, dapat menawarkan jaringan global dan pengalaman yang mendalam kepada klien multinasional seperti produsen kendaraan maupun perusahaan manufaktur baja, plastik, dan material lainnya yang digunakan untuk memproduksi kendaraan. Di lini tengah, ada Danamon yang memberikan solusi keuangan yang komprehensif kepada distributor, pengecer, dealer, dan corporate buyer otomotif; pengusaha segmen aftermarket, suku cadang dan aksesoris; dan bersama Adira Finance menyediakan solusi pembiayaan bagi konsumen akhir. Di hilir, ada Adira Finance sebagai anak perusahaan Danamon yang menyediakan pembiayaan kendaraan roda empat dan roda dua, serta kredit multiguna bagi konsumen akhir.

“MUFG bersama Danamon dan Adira Finance sangat senang dapat berpartisipasi kembali dalam Indonesia International Motor Show 2024 – sebuah inisiatif yang dengan bangga kami dukung selama tiga tahun berturut-turut. Meskipun fokus operasional kami berada di bidang perbankan dan keuangan, kami sangat terlibat dalam setiap tahap rantai pasokan industri otomotif Indonesia mulai dari upstream hingga downstream (end-to-end).  Kami sangat percaya bahwa IIMS menjadi batu loncatan yang signifikan menuju masa depan yang lebih cerah bagi industri otomotif Indonesia,” ujar Kazushige Nakajima, Executive Officer, Country Head of Indonesia, MUFG Bank Ltd.

Sebagai salah satu bank asing terkemuka di Indonesia, MUFG telah berhasil mendapatkan reputasi sebagai mitra yang terpercaya dan andal di sektor otomotif tanah air. MUFG akan tetap teguh pada komitmen untuk memberikan dampak positif pada pertumbuhan ekonomi dan berkontribusi pada rencana pembangunan jangka panjang Indonesia.

Lebih jauh, kolaborasi antara Danamon, Adira Finance, dan MUFG di IIMS 2024 juga mencerminkan sinergi yang kuat antara lembaga keuangan terkemuka dan industri otomotif Indonesia. Hafid Hadeli, Wakil Direktur Utama PT Bank Danamon Indonesia Tbk, menambahkan, “Kami ingin menunjukkan bahwa dukungan kami di IIMS ini menyeluruh, tidak hanya dari segi pembiayaan kendaraan saja. Kami juga ingin dapat mengedukasi masyarakat agar dapat mengelola keuangannya dengan baik, dan menjadi penyedia solusi keuangan lengkap, atau one-stop financial solution provider, bagi semua nasabah dan masyarakat. Hal ini karena kami memiliki komitmen untuk hadir dalam kehidupan nasabah di setiap langkah dan setiap tahap dalam perjalanan hidup mereka. Jadi, saya harap masyarakat jangan sampai melewatkan kesempatan luar biasa ini untuk datang dan bergembira bersama keluarga, teman, dan orang-orang terkasih.”

Di tahun ini, untuk pertama kalinya momobil.id dan momotor.id yang merupakan layanan digital Adira Finance menjadi Official Trade-in Partner IIMS 2024. Momobil.id dan momotor.id menawarkan solusi tukar tambah terbaik, sehingga pelanggan #AutoMenangBanyak dengan tiga keunggulan utama yaitu inspeksi transparan, harga spesial, dan penawaran harga maksimal dalam waktu 1 jam.

“Kami siap mendukung IIMS 2024 dengan menghadirkan berbagai solusi finansial yang diperlukan pelanggan sebagai wujud kontribusi grup dalam rangka mendukung pertumbuhan ekosistem otomotif Indonesia. Kami juga optimis bahwa penyelenggaraan IIMS 2024 bisa lebih sukses dari tahun 2023. Oleh karenanya, kami menargetkan pertumbuhan transaksi pembiayaan Adira Finance di IIMS 2024 bisa tumbuh 30-40% jika dibandingkan dengan IIMS tahun sebelumnya. Kunjungi booth Adira Finance di IIMS untuk mendapatkan pilihan kendaraan berkualitas dengan keuntungan tanpa batas,” imbuh Dewa Made Susila, Direktur Utama, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk. (Adira Finance).

Didukung MUFG sebagai salah satu institusi keuangan terbesar di dunia, Danamon dan Adira Finance memiliki akses ke sumber daya global yang memungkinkan Danamon dan Adira Finance untuk memberikan dukungan yang lebih luas bagi seluruh bagian dari ekosistem industri otomotif Indonesia.

Promo dan Program Menarik Selama Pameran

Sebagai official bank partner, official multifinance partner, dan official trade-in partner, kolaborasi antara Danamon, Adira Finance, dan MUFG di IIMS 2024 merupakan bagian dari komitmen jangka panjang untuk mendukung pertumbuhan industri otomotif Indonesia. Kehadiran Danamon, Adira Finance dan MUFG di IIMS tidak hanya sebagai penyedia jasa keuangan, tetapi juga sebagai pembawa berbagai inisiatif yang mendukung kebutuhan konsumen dan pengusaha otomotif di Indonesia.

Selain itu, didasari kesadaran bahwa pengunjung IIMS memiliki berbagai latar belakang dan kebutuhan, Danamon, Adira Finance, dan MUFG juga mempersembahkan rangkaian program dan promosi yang menarik. Mulai dari penawaran pembiayaan dengan bunga spesial untuk KPM Prima bersama Adira Finance, penawaran spesial dari Danamon Optimal yang merupakan produk bundling dengan KPM Prima, dan kesempatan untuk Hemat Hingga 100% untuk tiket, belanja aksesoris kendaraan, cashback untuk transaksi menggunakan QRIS D-Bank PRO, hingga hiburan edukatif bersama KidZania untuk anak-anak pengunjung, serta talkshow yang akan mengupas tuntas tentang otomotif serta memberikan tips finansial bertajuk STUDIO FINANSIAL.

Sementara itu, Adira Finance juga telah menyiapkan berbagai penawaran bagi pengunjung yang sedang mencari kendaraan, yaitu bunga rendah mulai di bawah 2% p.a yang merupakan kerja sama dengan Danamon, bebas biaya provisi, cashback dan kesempatan mengikuti program UMRAH untuk Sahabat untuk pembiayaan kredit mobil baru; serta cashback saldo elektronik dan adirapoin untuk program tukar tambah mobil maupun motor. Selain itu, ada juga Adira Community Gathering yang melibatkan komunitas otomotif dan menghadirkan narasumber terpercaya.

Menyongsong tahun-tahun mendatang, Danamon, Adira Finance, dan MUFG terus berkomitmen untuk mendukung inovasi dan pertumbuhan berkelanjutan di industri otomotif Indonesia melalui berbagai solusi bagi segala kebutuhan finansial dari hulu ke hilir. Untuk informasi lebih lanjut tentang program dan promosi di IIMS 2024, kunjungi bdi.co.id/iimsdanamon.

###

Tentang MUFG

Mitsubishi UFJ Financial Group, Inc. (MUFG) adalah salah satu grup jasa keuangan terdepan dunia. Berpusat di Tokyo dengan sejarah lebih dari 360 tahun, MUFG memiliki jaringan global dengan sekitar 2.100 lokasi di lebih dari 50 pasar. MUFG memiliki sekitar 160.000 karyawan dan menawarkan berbagai jasa termasuk perbankan komersial, sekuritas, kartu kredit, pembiayaan konsumen, manajemen aset, dan sewa guna usaha.

MUFG memiliki tujuan untuk “menjadi grup jasa keuangan paling terpercaya di dunia” melalui kolaborasi erat di antara sejumlah perusahaan operasionalnya dan secara fleksibel menjawab seluruh kebutuhan finansial nasabahnya, melayani masyarakat, dan mendorong pertumbuhan bersama dan berkelanjutan untuk dunia yang lebih baik. Saham MUFG diperdagangkan di bursa-bursa efek Tokyo, Nagoya dan New York.

MUFG Bank, Ltd. adalah bank terkemuka di Jepang, dengan jaringan global yang menjangkau lebih dari 50 pasar. Di luar Jepang, Bank menawarkan berbagai produk dan layanan perbankan komersial dan investasi kepada bisnis, pemerintah dan perorangan di seluruh dunia.

Di Indonesia, MUFG Bank, Ltd. beroperasi melalui Kantor Cabang Jakarta (MUFG Bank), yang berdiri pada tahun 1968. MUFG Bank merupakan salah satu kantor cabang bank yang berkedudukan di luar negeri (KCBLN) terbesar di Indonesia dengan lebih dari Rp187.86 triliun total asset per Januari 2023.

MUFG juga telah membangun kemitraan strategis dengan PT Bank Danamon Indonesia Tbk, salah satu bank umum terkemuka Indonesia, yang membentuk kekuatan baru menggabungkan jaringan dan keahlian global MUFG dengan wawasan dan pengetahuan lokal Bank Danamon.

Tentang Danamon

PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Kode Saham: BDMN) berdiri sejak tahun 1956. Per 31 Maret 2023, perusahaan mengelola aset konsolidasi sebesar Rp204 triliun dengan anak usahanya, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance). Dalam hal kepemilikan saham, 92,47% saham Danamon dimiliki oleh MUFG Bank, Ltd. dan 7,53% lainnya oleh publik. 

Per Maret 2023, Danamon didukung oleh 877 jaringan kantor cabang konvensional, unit Syariah, cabang anak perusahaan dan jaringan bisnis serta jaringan ATM, ATM Bersama, PRIMA, dan ALTO dengan total lebih dari 60.000 unit yang tersebar di 34 provinsi. Selain layanan offline, produk dan layanan Danamon juga dapat diakses secara online melalui D-Bank PRO untuk Nasabah Perorangan dan Danamon Cash Connect untuk Nasabah Bisnis. Selain itu, Danamon juga menyediakan layanan 24 jam melalui layanan SMS Banking dan layanan call center Hello Danamon. 

Sebagai bagian dari MUFG, grup jasa keuangan global terkemuka sekaligus bank terbesar di Jepang, Danamon didukung oleh kekuatan, keahlian, dan jaringan MUFG dalam melayani nasabah dan memfasilitasi pertumbuhan bisnis untuk menciptakan nilai jangka panjang bagi seluruh pemangku kepentingan. 

Melalui ajakan “Grow with Us” yang dilandasi Visi Danamon yakni Peduli dan Membantu Jutaan Menjadi Sejahtera, Danamon mengukuhkan komitmennya sebagai bank yang selalu siap memberikan solusi bagi segala kebutuhan finansial untuk seluruh nasabah dari berbagai segmen termasuk Konsumer, Kecil dan Usaha Menengah (UKM), Wholesale (Enterprise dan Commercial), baik konvensional maupun syariah, serta pembiayaan Otomotif melalui Adira Finance, agar tumbuh lebih sejahtera. 

Hal ini sejalan dengan aspirasi Danamon untuk terus tumbuh sebagai organisasi yang berorientasi pada nasabah sebagai “Your Bank of Choice”. Proposisi nilai unik kami berfokus pada keunggulan penjualan dan layanan, sinergi yang kuat dengan mitra dan pemangku kepentingan, dan didukung oleh teknologi kelas dunia yang bertujuan untuk memberikan solusi keuangan terbaik untuk membantu pelanggan dalam mengendalikan kebutuhan dan tujuan keuangan mereka. 

Sinergi Danamon Bersama Adira Finance dan MUFG Tawarkan Solusi Finansial dari Hulu ke Hilir dalam IIMS 2024
(kiri ke kanan)
Rudy MF selaku Project Manager IIMS 2024,
Emmanuel Ernawan selaku Komisari PT Dyandra Promosindo,
Daniel Lestanto selaku ⁠Vice President Pengelolaan Pemasaran PT. PLN (Persero),
Ralph Scheunemann selaku Marketing Director PT Jakarta International EXPO,
Dewa Made Susila selaku Direktur Utama PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk.,
Daswar Marpaung selaku Presiden Direktur Dyandra Promosindo,
Hafid Hadeli selaku Wakil Direktur Utama PT Bank Danamon Indonesia Tbk,
dan Kazushige Nakajima selaku Executive Officer, Country Head of Indonesia, MUFG Bank Ltd.
berfoto bersama pada acara Press Conference Indonesia International Motor Show yang diadakan Dyandra Promosindo pada Selasa, 6 Februari 2024 di Jakarta.

Tentang Adira Finance

PT. Adira Dinamika Multi Finance, Tbk. (Adira Finance) didirikan pada tahun 1990, awalnya beroperasi sebagai perusahaan pembiayaan mobil, kemudian pada tahun 1997 melebarkan sayap ke pembiayaan sepeda motor. Pada tahun 2004, Adira Finance telah mencatatkan saham di Bursa Efek Jakarta (sekarang Bursa Efek Indonesia) dan kemudian diakuisisi oleh PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Bank Danamon). Saat ini, kepemilikan Bank Danamon di perusahaan adalah 92,07%. Sebagai anak perusahaan Bank Danamon, Adira Finance merupakan bagian dari MUFG Group yang merupakan salah satu bank terbesar di dunia.

Adira Finance telah menjadi Perusahaan terkemuka di bidang pembiayaan yang melayani berbagai merek dan produk. Perseroan menyediakan solusi keuangan sesuai dengan siklus hidup konsumen, mulai dari pembiayaan multi guna, perlengkapan rumah tangga dan elektronik (durables), Otomotif (mobil dan motor), alat berat, hingga pembiayaan umrah, dengan 466 jaringan usaha yang terdiri dari kantor cabang dan kantor perwakilan di seluruh Indonesia. Untuk pengalaman transaksi real-time, mudah, aman, dan nyaman, Adira Finance menyediakan aplikasi layanan konsumen digital Adiraku.

Saat ini Adira Finance memegang Peringkat idAAA dari PEFINDO, dan peringkat kredit internasional BBB dari Fitch dan Baa1 dari Moodys. Peringkat BBB dari Fitch merupakan peringkat investment grade yang setara dengan sovereign rating Indonesia sedangkan peringkat Baa1 dari Moody’s lebih tinggi dari sovereign rating Indonesia. Adira Finance melayani lebih dari 2 juta konsumen aktif di seluruh Indonesia dengan total piutang yang dikelola sebesar Rp44,6 triliun (2022). Selengkapnya kunjungi www.adira.co.id. (relis)

Sinergi Danamon Bersama Adira Finance dan MUFG Tawarkan Solusi Finansial dari Hulu ke Hilir dalam IIMS 2024
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *