MUI Medan Gelar Seminar Pendidikan Politik Bagi Umat Islam

  • Bagikan

MEDAN (Waspada): Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Medan menggelar seminar pendidikan politik bagi umat Islam dengan tema mencari politikus yang peduli umat Islam, Rabu (29/6). Hadir sebagai narasumber Ketua Umum MUI Kota Medan, Sekretaris Komisi Siyasah Syar’iyyah dan Kerjasama Antar Lembaga MUI Medan, Dr Hasan Matsum, M.Ag dan Dekan FIS UIN Sumut, Dr. Maraimbang Daulay.

Dalam materinya Peran MUI dalam Meningkatkan Partisipasi Politik Umat Islam Kota Medan, Dr Hasan Matsum mengatakan, MUI memiliki peran strategis membangun politik keumatan yakni menjadi wadah musyawarah para ulama, zu’ama dan cendikiawan muslim, himayatul ummah dan shodiqul Hukumah

Dimana peran MUI dalam meningkatkan partisipasi politik umat Islam Kota Medan melalui safari ramadhan, siaran TV MUI Kota Medan, suara para khatib dan muzakarah/seminar seperti membahas peran perempuan dalam memilih pemimpin, kriteria pemimpin Islam, peran ulama dalam upaya meningkatkan partisipasi masyarakat pada pilpres dan pencerahan politik umat bersama aktor politik.

Kemudian Dr. Muhammad Basri, M.A, menyatakan, pendidikan politik adalah berupa bimbingan atau pembinaan secara disengaja dan sistematis dalam meningkatkan pengetahuan politik. Sehingga mencintai dan memiliki keterikatan yang tinggi terhadap bangsa dan negara serta menghayati nilai-nilai yang terkandung dalam sistem politik.

“Hal ini agar mampu berpartisipasi dan bertanggung jawab dalam mencapai tujuan politik,” katanya.

Dalam Islam, keberadaan Masjid sebagai wadah forum- forum pendidikan, pengelolaan dana umat, tempat singgah, hingga penyusunan strategi perang dan pelayanan publik, selain untuk tempat ibadah mahdah.

“Politik dalam Islam itu suatu keharusan karena politik senantiasa diperlukan oleh masyarakat manapun serta politik adalah bentuk pelayanan kepada umat manusia,” ucapnya.

Dr Maraimbang Daulay, dengan judul materiz Otokritik terhadap Politik Islam Dewasa Ini, membahas persoalan ukhuwah karena banyak tokoh-tokoh muslim berjalan sendiri-sendiri.
“MUI mesti mewadahi silaturahim seluruh umat Islam atau ormas Islam. Kemudian juga melaksanakan konsensus umat Islam, ormas Islam dalam menentukan politik Islam ke depan,” imbuhnya. (h01)
Teks
MUI Kota Medan menggelar seminar pendidikan politik bagi umat Islam, Rabu (29/6). Waspada/ist

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *