3 Desa Di Pulau Sibandang Taput Juara 3 Kategori Desa Wisata

  • Bagikan
Kepala Dinas Pariwisata Taput, Sasma Situmorang bersama bersama 3 utusan Desa Kawasan Pulau Sibandang, Kecamatan Muara yang menerima penghargaan dari Kementerian Pariwisata, dan Ekonomi Kreatif Ri, di Ciputra Artprenuer Jakarta, Minggu (26/11). Waspada/ist
Kepala Dinas Pariwisata Taput, Sasma Situmorang bersama bersama 3 utusan Desa Kawasan Pulau Sibandang, Kecamatan Muara yang menerima penghargaan dari Kementerian Pariwisata, dan Ekonomi Kreatif Ri, di Ciputra Artprenuer Jakarta, Minggu (26/11). Waspada/ist

TAPUT (Waspada) : Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), melalui 3 desa yang ada di kawasan Pulau Sibandang, Kecamatan Muara, berhasil meraih Juara 3 Kategori Kelembagaan Program Kampanye Sadar Wisata Kawasan Pedesaan Berbasis Geowisata Pulau Sibandang dari Kementerian Pariwisata, dan Ekonomi Kreatif RI.

Ketiga Desa itu adalah Desa Sibandang dengan karakteristik cagar budaya dan geosite, Desa Papande dengan karakteristik tenun ulos dan, Desa Sampuran, Kecamatan Muara dengan karakteristik atraksi budaya.

Ketua Pokdarwisma Pulo Sibandang, Switno, Sekretaris, Boby Rajagukguk dan Bendahara, Mardiana Panggabean naik panggung untuk menerima penghargaan dari Menteri Pariwisata, dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Bupati Taput, Dr Drs Nikson Nababan, MSi, didampingi Kadis Pariwisata Taput, Sasma Situmorang juga hadir dalam acara puncak penganugerahan Desa/Kampung Wisata Terbaik KSW 5.0 yang dihelat di Ciputra Artprenuer Jakarta, Minggu (26/11).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno dalam sambutannya mengapresiasi kepala daerah yang berkomitmen mendukung pengembangan desa wisata. Sandi Uno berharap para kepala daerah semakin kuat berkomitmen dalam membangun desa.

“Semoga para pemenang semakin berkualitas membangun wisata berkelanjutan. Semoga para kepala desa semakin bersemangat mendukung BUMDesa wisata,” katanya.

Lebih lanjut Sandiaga Uno menyampaikan harapannya agar semua 65 Desa Wisata terbaik untuk siap berkolaborasi untuk membawa Indonesia menjadi destinasi wisata unggulan.

Sandiaga mengatakan, penghargaan Kampanye Sadar Wisata 5.0 ini adalah kepada 65 Desa Wisata yang tersentuh program Kampanye Sadar Wisata.

“Dan upaya kami untuk membawa sebuah perubahan positif demi mewujudkan desa wisata yang berkualiatas,”ucapnya.

“Di tahun 2022 kita mulai, tidak terasa sudah 2 tahun, dimulai dengan sosialisasi sadar wisata, pelatihan dengan topik inovasi produk, kapasitas bidang parekraf dan kewirausahaan juga penyusunan proposal pengembangan desa wisata, ada yang mendapatkan pendampingan penilaian dan penghargaan malam ini serta sebagai apresiasi tahap akhir,”terangnya.

“Kami berharap bahwa Kampanye Sadar Wisata 5.0 ini akan membangun ketangguhan dan ketahanan dari unit terkecil dari wisata kita yaitu ada di desa-desa wisata” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Sandiaga Uno berterima kasih kepada seluruh penggerak Desa Wisata yang telah memberikan inspirasi dan berharap kerjasama tersebut terus dilanjutkan dan ditingkatkan lagi dengan pertumbuhan ekonomi lokal melalui kepariwisataan.

Ia juga berharap perjuangan yang sudab dilakukan seluruh desa yang berhasil meraih penghargaan itu tidak berhenti, tapi terus membangun desa wisata dan menghadirkan kontribusi sumbangsih pemikiran dan komitmen.

“Semangat “3 Si” Inovasi , Adaptasi, dan Kolaborasi dan Semangat “3 G” Gercep (Gerak Cepat), Geber (Gerak Bersama) dan Gaspol (Garap Semua Potensi) karena kita yakin semua potensi wisata kita ada di desa-desa,” tutupnya.

Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan, menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Panitia, Tim Juri terutama kepada Tim Kemenparekraf dan berterima kasih atas perolehan prestasi tersebut.

“Puji Syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, atas keberhasilan pencapaian Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara melalui BUMDesMa (Badan Usaha Milik Desa Bersama” Pulau Sibandang yang berhasil meraih predikat sebagai terbaik ketiga dari 65 desa yang mendaftar sebagai peserta pada perlombaan bergengsi tersebut, dan selama setahun ini dilakukan Kampanye Sadar Wisata 5.0,“ ucap Nikson Nababan.

Nikson Nababan menegaskan bahwa prestasi tersebut sebagai langkah awal untuk berbenah lebih optimal lagi untuk mengelola segala potensi yang ada di Tapanuli Utara, khususnya Pulau Sibandang, agar menjadi salah satu destinasi objek wisata unggulan dan favorit.(chp/ril)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *